GoodStats
Pencarian
Masuk

Taklukkan Filipina, Bagaimana Statistik Basket Indonesia di SEA Games?

Timnas basket putra Indonesia berhasil mencetak sejarah baru dengan meraih medali emas pertama dalam gelaran SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam.

Taklukkan Filipina, Bagaimana Statistik Basket Indonesia di SEA Games? Timnas basket Indonesia dalam SEA Games 2021 | PERBASI

Timnas basket putra Indonesia berhasil cetak sejarah baru pada ajang pertandingan olahraga akbar Southeast Asia (SEA) Games 2021 di Hanoi, Vietnam dengan meraih medali emas untuk pertama kalinya tidak hanya di cabang basket putra melainkan juga yang pertama kalinya sepanjang sejarah gelaran SEA Games.

Indonesia berhasil menaklukkan sang juara bertahan Filipina dalam pertandingan di Thanh Tri Gymnasium pada Minggu, 22 Mei 2022 lalu. Indonesia berhasil memenangkan pertandingan final dengan selisih skor ketat 85-81.

Statistik timnas basket Indonesia dan Filipina dalam SEA Games | Angelia/GoodStats

Filipina dikenal dengan dominasinya dalam cabang olahraga basket. Mengirimkan atlet kelas kakap secara konsisten selama bertahun-tahun, Filipina berhasil memenangkan juara SEA Games cabang olahraga basket dalam 13 edisi berturut-turut sejak tahun 1991.

Bila membandingkan peringkat Federasi Basket Internasional (FIBA), Filipina jauh unggul di atas Indonesia yakni berada di posisi ke-34. Sementara itu, Indonesia menempati posisi ke-95 peringkat FIBA.

Di sisi lain, bila melihat rekam jejak prestasi kedua negara dalam cabang olahraga basket SEA Games sejak pertama kali berpartisipasi hingga gelaran tahun 2019, Indonesia baru mencicipi 4 medali perak dan 3 medali perunggu dalam cabang olahraga basket.

Sementara itu, Filipina sudah mengoleksi 18 medali emas SEA Games pada cabang olahraga basket, 2 medali perak, dan justru belum mengoleksi medali perunggu.

Timnas basket putra Indonesia tampil gagah tak terkalahkan dalam SEA Games 2021. Cabang olahraga basket tahun ini diikuti oleh 7 negara di antaranya Indonesia, Filipina, Thailand, Kamboja, Malaysia, Singapura, dan Vietnam.

Adapun pertandingan awal di SEA Games 2021, Indonesia berhasil meraih kemenangan atas Malaysia dengan skor 95-92. Kemudian pertandingan berikutnya, Indonesia menaklukkan Thailand dengan skor 78-75.

Timnas Indonesia secara konsisten menunjukkan permainan apik dengan meraih kemenangan 94-44 atas Kamboja, kemudian melawan Singapura menang dengan skor 91-61, serta menundukkan Vietnam dengan skor 94-67 sebelum melawan Filipina di laga final.

Raihan medali emas timnas basket Indonesia dalam SEA Games tahun ini diharapkan dapat meningkatkan optimisme menyambut FIBA Asia Cup 2022 yang rencananya akan diselenggarakan pada 12 hingga 24 Juli 2022 di Jakarta.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya 10 Provinsi dengan Jumlah Desa dan Kelurahan Terbanyak 2021
Artikel Selanjutnya Avanza Comeback! Sihir Para Konsumen Mobil Tanah Air
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook