Tak Terhentikan, Deretan Prestasi City dan Para Pemainnya di Liga Champions Musim Ini

Bak rezeki nomplok, beberapa pemain City juga berhasil meraih prestasi individu pada Liga Champions musim ini

Tak Terhentikan, Deretan Prestasi City dan Para Pemainnya di Liga Champions Musim Ini Selebrasi pemain Manchester City setelah menjuarai Liga Champions 2023 | Getty Images

Manchester City baru saja meraih gelar perdananya di Liga Champions UEFA pada Minggu (11/6) dini hari waktu Indonesia. Tak hanya raih gelar perdananya di kompetisi terbesar sebenua Eropa tersebut, City juga berhasil menjadi tim Eropa kedelapan yang berhasil meraih Treble Winner karena sebelumnya dapat meraih trofi liga dan Piala FA.

Manchester Biru berhasil unggul tipis 1-0 atas Inter Milan lewat gol tunggal Rodri di menit ke-68. Laga ini berlangsung di Stadion Olimpiade Ataturk, Istanbul dan dihadiri oleh sekitar 71.412 penonton.

Sebelum City, hanya ada satu klub asal Inggris yang berhasil meraih Treble Winner, yaitu Manchester United pada tahun 1999. Selain itu, hanya ada Celtic (1967), Ajax (1972), PSV Eindhoven (1988), Barcelona (2009 & 2015), Inter Milan (2010), serta Bayern Munich (2013 & 2020) yang pernah mencicipi Treble Winner.

Bak rezeki nomplok, beberapa pemain City juga berhasil meraih prestasi individu pada Liga Champions musim ini. Misalnya Erling Haaland dan Kevin de Bruyne yang masing-masing berhasil jadi pemain dengan gol dan asis terbanyak sepanjang turnamen berlangsung.

Tak hanya itu, gol cantik Haaland kala City menang 2-1 atas Borussia Dortmund pada laga kedua Liga Champions UEFA (14/9/22) juga berhasil raih penghargaan sebagai gol terbaik. Gelandang andalan City, Rodrigo juga berhasil dinobatkan sebagai pemain terbaik pada Liga Champions musim ini.

Belum selesai, Kevin De Bruyne, Ruben Dias, Haaland, Rodrigo, Bernardo Silva, John Stones, dan Kyle Walker juga berhasil terpilih masuk ke dalam tim terbaik di Liga Champions musim ini. City memang tak terhentikan pada ajang kompetisi Eropa kali ini, sebab City berhasil jadi tim terproduktif yang berhasil cetak 32 gol sepanjang turnamen berlangsung.

Klub dengan gol terbanyak di Liga Champions UEFA 2023 | GoodStats

Di bawah City, ada Real Madrid, Benfica, dan Napoli yang sama-sama berhasil cetak total 26 gol dan menjadi tim terproduktif kedua sepanjang turnamen berlangsung. Bayern Munich menjadi tim terproduktif kelima dengan 22 gol.

Sementara itu, finalis Inter Milan hanya mampu cetak 19 gol sepanjang turnamen berlangsung, serupa dengan Liverpool. Di peringkat delapan, ada PSG yang berhasil cetak 16 gol, disusul AC Milan dengan 15 gol, dan RB Leipzig dengan 14 gol.

Tak berhenti di sana, City juga menjadi satu-satunya tim yang tak terkalahkan pada turnamen kali ini. City berhasil raih empat kemenangan dan dua imbang (dengan Copenhagen dan Borussia Dortmund).

Di babak gugur, City juga hanya pernah imbang 1-1 saat melawan RB Leipzig di leg pertama 16 besar, 1-1 saat melawan Bayern Munich di leg kedua babak perempat final, dan 1-1 juga saat melawan Real Madrid pada leg pertama semifinal.

Dilansir situs resmi Manchester City, kapten Ilkay Gundogan menyampaikan rasa bahagianya dapat menyelesaikan turnamen ini dengan positif. Bahkan, City juga berhasil raih tiga piala pada musim ini.

"Liga Champions adalah kompetisi yang indah, dan kami semua sangat senang telah menang. Tim ini pantas mendapat pengakuan tertinggi dan memenangkan Liga Champions mengangkat kami ke puncak permainan," kata Gundogan.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Berapa Gaji Wasit di 5 Liga Top Eropa?

Mengutip The Athletic, gaji wasit di 5 liga top Eropa berada di kisaran US$65.780 hingga US$186.087 atau sekitar Rp1,07 miliar hingga Rp3 miliar per musimnya.

Indonesia Jadi Tim dengan Skuad Termuda di Piala Asia U-23 2024

Berdasarkan update daftar pemain Piala Asia U-23 2024 yang dirilis AFC pada Senin (15/4), skuad Indonesia U-23 punya rata-rata usia termuda yakni 21,21 tahun.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X