Tak Hanya Pemain Terbaik, Adilson Maringa Juga Jadi Kiper dengan Saves Terbanyak di Piala Presiden 2022

Bermain di tujuh laga bersama Singo Edan, Maringa berhasil lakukan nirbobol sebanyak lima pertandingan.

Tak Hanya Pemain Terbaik, Adilson Maringa Juga Jadi Kiper dengan Saves Terbanyak di Piala Presiden 2022 Adilson Maringa ketika menerima penghargaan pemain terbaik di Piala Presiden 2022 | Dok. Piala Presiden

Keberhasilan Arema FC dalam menjuarai turnamen pramusim Piala Presiden 2022 tidak lepas dari kerja keras ciamik para pemain-pemainnya. Tak hanya berkat peran Abel Camara, Evan Dimas, hingga Gian Zola, torehan baik ini juga dapat tercapai berkat pemain-pemain yang menjadi benteng terakhir pertahanan Singo Edan.

Adilson Maringa adalah salah satu contoh pemain yang turut berperan di balik pulangnya trofi Piala Presiden ke Malang untuk ketiga kalinya. Bermain di tujuh laga bersama Singo Edan, Maringa berhasil lakukan nirbobol sebanyak lima pertandingan.

Bahkan, Maringa hanya pernah satu kali kebobolan di waktu normal karena pada laga melawan Barito Putra, Maringa kebobolan pada babak adu penalti. Satu-satunya gol yang bersarang ke gawang Maringa di waktu normal terjadi kala Arema FC berjumpa dengan PSIS Semarang dalam laga leg kedua semifinal Piala Presiden 2022 di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Berkat penampilan gemilangnya tersebut, Maringa berhasil membawa pulang titel pemain terbaik di Piala Presiden 2022. Maringa bahagia karena selain bisa membawa Arema juara, juga menjadikannya sebagai pemain yang tampil paling impresif di Piala Presiden.

"Saya bahagia karena bisa memenangkan Piala Presiden sekaligus memenangkan gelar pemain terbaik. Ini mungkin pertama kalinya penjaga gawang menjadi pemain terbaik di Piala Presiden," kata Maringa dilansir IDN Times (18/7).

Selain itu, Maringa juga menjadi kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak di Piala Presiden 2022 dengan total 25 penyelamatan (3,57 penyelamatan per laga). Selain Maringa, ada beberapa kiper yang turut menarik perhatian para pencinta sepak bola Indonesia.

Deretan kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak di Piala Presiden 2022 | GoodStats

Penggawa PSM Makassar, Reza Arya menjadi kiper dengan penyelamatan terbanyak kedua setelah Maringa dengan total 17 penyelamatan dari empat penampilannya (4,25 penyelamatan per laga). Kiper Barito Putra, Joko Ribowo menyusul di posisi tiga dengan total 16 penyelamatan dari empat penampilannya (4 penyelamatan per laga).

Muhammad Ridwan (PS Sleman), Angga Saputro (Borneo FC) dan Aldhila Ray (PSIS Semarang) berada di urutan selanjutnya sebagai kiper dengan penyelamatan terbanyak. Masing-masing pemain ini mengoleksi 13 penyelamatan selama Piala Presiden 2022.

Kiper Bali United, Muhammad Ridho berada di posisi ketujuh dengan total 11 penyelamatan dari dua penampilannya di Piala Presiden. Fitrul Dwi (Persib Bandung) dan Awan Setho (Bhayangkara FC) menyusul di posisi delapan dengan 10 penyelamatan.

Sementara itu, terdapat tiga kiper yang mengoleksi 9 penyelamatan sepanjang Piala Presiden 2022, antara lain Wawan Hendrawan (RANS Nusantara FC), Hilman Syah (RANS Nusantara FC), dan Rizky Darmawan (Persita Tangerang). Berkat titel pemain terbaiknya, Maringa berhak mendapatkan trofi bola emas dan hadiah uang senilai 100 juta rupiah.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Didominasi Pemain Asing, Ini 5 Pencetak Gol Terbanyak di Piala Presiden 2022
Artikel Selanjutnya Meski Tak Lolos ke Final, PSIS Jadi Tim Paling Produktif di Piala Presiden 2022
Konten Terkait