Street Food dan Kedai Kaki Lima Jadi Pilihan Favorit Masyarakat Saat Makan di Luar

Rakuten Insight Center merilis data hasil survei pola masyarakat Indonesia untuk aktivitas makan di luar rumah. Kedai kaki lima lebih digemari masyarakat.

Street Food dan Kedai Kaki Lima Jadi Pilihan Favorit Masyarakat Saat Makan di Luar Ilustrasi Kuliner | Unsplash/nitanggraeni

Makan merupakan suatu aktivitas wajib manusia untuk bertahan hidup. Tak jarang banyak orang yang merasa makan di rumah terasa membosankan. Karena alasan tersebut, umumnya masyarakat memutuskan makan di luar rumah dalam waktu tertentu.

Persentase Frekuensi Masyarakat Indonesia untuk Makan Di Luar Rumah | Goodstats
Persentase Frekuensi Masyarakat Indonesia untuk Makan Di Luar Rumah | Goodstats

Menurut data hasil survei Rakuten Insight Center, sebanyak 43 persen responden survei di Indonesia memutuskan makan di luar rumah dalam kurun waktu beberapa kali dalam seminggu. Survei dengan 13.670 responden tersebut juga mencatat bahwa 17 persen responden mengaku makan di luar dalam kurun waktu beberapa kali dalam sebulan. Menariknya, 2 persen dari responden mengaku tak pernah makan di luar rumah.

Persentase Lokasi Masyarakat Indonesia untuk Makan Di Luar Rumah | Goodstats
Persentase Lokasi Masyarakat Indonesia untuk Makan Di Luar Rumah | Goodstats

Dalam survei dengan jumlah responden yang berbeda, Rakuten juga mencatatkan bahwa 79 persen dari 13.350 responden lebih suka melakukan aktivitas makan di luar rumah pada keda pedagang kaki lima bahkan street food. Sementara itu, 46 dan 45 persen responden tercatat mengaku seringkali melakukan aktivitas makan di luar rumah pada restoran cepat saji dan restoran biasa. Sementara itu, 7 persen dari responden mengaku suka melakukan aktivitas makan di luar rumah pada restoran mewah.

Persentase Waktu Favorit Masyarakat Indonesia untuk Makan Di Luar Rumah | Goodstats
Persentase Waktu Favorit Masyarakat Indonesia untuk Makan Di Luar Rumah | Goodstats

Dengan jumlah responden yang sama yakni 13.350, Rakuten juga mencatat bahwa waktu favorit masyarakat Indonesia untuk melakukan aktivitas makan di luar adalah saat makan malam. Sebanyak 70 persen responden mengaku lebih sering makan di luar rumah saat waktu makan malam, sementara sebanyak 57 persen responden lebih sering makan di luar rumah saat waktu makan siang. 

Selain itu, sebanyak 19 persen responden mengaku sering makan di luar pada saat sarapan. Bahkan 5 persen responden mengaku sering makan di luar rumah pada waktu brunch, atau makan di pertengahan waktu sarapan dan makan siang.

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Indonesia Dominasi Daftar Hidangan dengan Rating Terbaik Se-Asia Tenggara, Nasi Padang Teratas

Berdasarkan daftar hidangan dengan rating terbaik versi Taste Atlas, nasi padang menempati peringkat pertama dan berhasil mengalahkan sembilan hidangan lainnya.

6 Restoran Cepat Saji Pilihan Saat Berbuka Puasa Menurut Survei GoodStats, McD di Puncak

McDonald’s dan KFC jadi restoran cepat saji paling banyak dipilih untuk berbuka puasa

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook