GoodStats
Pencarian
Masuk

Singapura Jadi Negara Paling Taat Hukum dan Aman Untuk Jalan Kaki

Menurut data Gallup, Singapura menjadi negara paling taat hukum dan aman untuk berjalan kaki sendirian.

Singapura Jadi Negara Paling Taat Hukum dan Aman Untuk Jalan Kaki Ilustrasi Jalan Kaki | Unsplash/Javier García

Keamanan masyarakat adalah salah satu aspek penting dalam konsep bernegara. Salah satu hal yang menunjang keselamatan dan keamanan masyarakat adalah ketaatan hukum. Karena semakin taat masyarakat dengan hukum, maka seharusnya angka kriminalitas bisa semakin menurun. 

Gallup, Inc. merilis data dengan judul “ Global Law and Order Report” dan Singapura menjadi negara dengan ketaatan hukum paling baik di dunia. Berdasarkan data Gallup, Singapura mendapatkan indeks ketaatan hukum di angka 96. Disusul Tajikistan dengan indeks ketaatan hukum di angka 95. Sementara itu, Indonesia menduduki peringkat lima dengan indeks ketaatan hukum di angka 92. 

Selain daftar 10 negara dengan ketaatan hukum paling baik, pastinya ada 10 daftar negara dengan indeks ketaatan hukum paling rendah di dunia. Afghanistan menjadi negara dengan ketaatan hukum paling rendah di tahun 2021 dengan total indeks ketaatan hukum di angka 51. Di atas Afghanistan, Gabon dan Venezuela menjadi negara dengan ketaatan hukum paling rendah di dunia dengan masing-masing skor di angka 54 dan 55.

Negara dengan rasa aman ketika berjalan sendirian

Tak hanya perihal ketaatan hukum, rupanya berjalan kaki sendirian di Singapura juga dinilai aman. Menurut data Gallup, Singapura memiliki persentase rasa aman di angka 98 persen ketika berjalan kaki sendirian.

Selanjutnya, negara-negara yang memiliki keamanan yang baik untuk berjalan kaki sendirian adalah Tajikistan, Norwegia dan Uni Emirat arab. Ketiga negara tersebut memiliki persentase keamanan ketika berjalan kaki sendirian masing - masing jika dipersentasekan adalah 93 persen untuk Tajikistan dan Norwegia, kemudian 92 persen untuk Uni Emirat Arab.

Selanjutnya, Afghanistan juga menjadi negara dengan persentase keamanan yang rendah untuk berjalan kaki sendirian. Persentase keamanan jalan kaki di Afghanistan berada di angka 22 persen. Disusul oleh Afrika Selatan dan Gabon masing-masing di angka 32 dan 33 persen.

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya 10 Negara Paling Sepi di Dunia, di Mana Saja?
Artikel Selanjutnya Menghitung Jumlah Rumah Sakit Umum di Indonesia: Terbanyak Ada di Jawa Barat
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook