Bakal Capres 2024 Terpopuler di Media Sosial

Pilpres 2024 semakin dekat, sejumlah kandidat potensial capres mulai melakukan pendekatan kepada masyarakat, salah satunya lewat interaksi di media sosial.

Bakal Capres 2024 Terpopuler di Media Sosial Potret pelaksanaan pemilu | E. Utama/Shutterstock

Meskipun calon presiden (capres) periode 2024 belum resmi ditetapkan, namun sejumlah nama kandidat potensial terus mencuat ke publik dan semakin ramai dibicarakan mengingat perhelatan pesta demokrasi pemilihan presiden (Pilpres) akan berlangsung kurang lebih 2 tahun lagi.

Untuk itu, para kandidat potensial mulai melakukan pendekatan kepada masyarakat salah satunya lewat media sosial. Media sosial telah menjadi hal yang lumrah bagi masyarakat Indonesia. Mengutip dari Journo.id, pengguna media sosial di Indonesia telah mencapai 191,4 juta orang. Jumlah ini setara dengan 68,9 persen total penduduk di tanah air.

Terlebih saat ini mayoritas penduduk Indonesia berasal dari kalangan generasi Milenial dan generasi Z, generasi melek internet. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020, persentase generasi Milenial Indonesia mencapai 25,8 persen. Sementara itu, persentase generasi Z di Indonesia mencapai 27,9 persen dari total populasi.

Oleh karena itu, bentuk kampanye maupun pendekatan lainnya di media sosial dapat dikatakan akan memberikan dampak yang signifikan terhadap elektabilitas serta popularitas kandidat capres periode 2024 mendatang. Salah satu indikator keberhasilan komunikasi kandidat capres di media sosial dapat dilihat dari jumlah pengikut atau followers yang dimiliki.

Bakal capres 2024 terpopuler di media sosial per 27 Juni 2022 | Siti Hannah/GoodStats

Berdasarkan hasil riset Journo.id per tanggal 27 Juni 2022, Ridwan Kamil menduduki peringkat pertama bakal capres dengan pengikut terbanyak di media sosial.

Bila ditotal dari jumlah pengikut di 3 platform media sosial paling banyak digunakan yakni Instagram, Facebook, dan Twitter, Gubernur Jawa Barat ini telah mengumpulkan sekitar 26,8 juta pengikut. Adapun mayoritas pengikut Ridwan Kamil berasal dari platform Instagram dengan raihan 18,2 juta pengikut.

Prabowo Subianto menempati posisi ke-2 bakal capres terpopuler di media sosial dengan raihan jumlah pengikut sebanyak 19 juta orang di 3 platform. Sandiaga Uno menyusul di posisi ke-3 dengan torehan 14,5 juta pengikut per Juni 2022.

Posisi ke-4 dan ke-5 masing-masing diraih oleh Anies Baswedan dengan 12 juta pengikut dan Ganjar Pranowo dengan 9,2 juta pengikut. Adapun bakal capres lainnya yang masuk dalam daftar ini di antaranya Erick Thohir dan Puan Maharani.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Tingkat Kepemilikan Mobil Negara ASEAN

Mobil masih menjadi kendaraan paling diminati di Indonesia, lantas bagaimana kedudukan Indonesia di mata Asia Tenggara dalam kepemilikan mobil?

Nilai Konservasi Laut Indonesia, Siapa yang Paling Unggul?

Kelestarian dan pesona pariwisata alam Indonesia perlu berjalan beriringan untuk keberlanjutan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X