Seberapa Tepat Waktu Maskapai Penerbangan di Indonesia?

Di balik padatnya jalur penerbangan pasca pemulihan dari pandemi Covid-19, bagaimana rapor ketepatan waktu maskapai penerbangan di Indonesia pada tahun 2022?.

Seberapa Tepat Waktu Maskapai Penerbangan di Indonesia? Potret pesawat Garuda Indonesia sedang lepas landas | eka.viation/Shutterstock

Penerbangan internasional kembali dibuka seiring dengan memulihkan kondisi dunia pasca masa pelik pandemi Covid-19 yang berlangsung kurang lebih 2 tahun sejak 2020. Lalu lintas penerbangan baik dalam negeri maupun luar negeri kembali memadat.

Official Airline Guide (OAG) yang merupakan perusahaan pemantau penerbangan asal Inggris setiap bulan merilis laporan maskapai paling tepat waktu di dunia. Perusahaan ini telah berdiri sejak 1929 dan beroperasi di beberapa negara yakni Amerika Serikat, Singapura, Jepang, Lithuania, dan China.

Laporan on-time percentage (OTP) mengklasifikasikan peringkat ketepatan waktu berdasarkan waktu kedatangan. Persentase ketepatan waktu diukur berdasarkan seberapa banyak penerbangan yang tiba atau berangkat dalam kurun waktu 15 menit dari jadwal.

Ketepatan waktu menjadi salah satu indikator penting yang menggambarkan baik buruknya kinerja dari maskapai penerbangan. Ketepatan waktu penerbangan mampu meningkatkan efektivitas pelayanan serta mendukung kenyamanan para penumpang.

Mengutip laporan OTP teranyar dari OAG, berikut peringkat ketepatan waktu maskapai penerbangan di Indonesia per Mei 2022.

Tingkat ketepatan waktu maskapai penerbangan di Indonesia per Mei 2022 | GoodStats

1. Garuda Indonesia

Garuda Indonesia berhasil menempati peringkat pertama maskapai paling tepat waktu di Indonesia dengan raihan OTP sebesar 96,10 persen. Maskapai penerbangan ini memiliki persentase pembatalan penerbangan sebesar 0,30 persen per Mei 2022.

Garuda Indonesia merupakan salah satu perusahaan milik negara (BUMN) dalam sektor industri transportasi udara. Garuda Indonesia menjadi maskapai penerbangan komersial pertama di Indonesia yang telah beroperasi sejak 1949.

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk baru-baru ini memenangkan pemungutan suara proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) yang dilangsungkan pada Jumat, 17 Juni 2022 lalu. Sebesar 95,07 persen atau 347 kreditur menyetujui proposal perdamaian dengan total suara sebanyak 12.162.455.

Terlepas dari problematika yang dialami, dalam hal performa ketepatan waktu maskapai ini masih mencatatkan rekor yang baik dan bahkan termasuk salah satu yang terbaik dalam skala global.

Meskipun OAG tidak memberikan peringkat ketepatan waktu pada maskapai Garuda Indonesia, namun OTP Garuda Indonesia mampu bersaing dengan maskapai penerbangan papan atas klasemen yang memiliki persentase ketepatan waktu di atas 90 persen.

2. Sriwijaya Air

Sementara itu, posisi ke-2 diraih oleh Sriwijaya Air dengan persentase ketepatan waktu sebesar 62,60 persen. Adapun pada Mei 2022 Sriwijaya Air tercatat tidak memiliki pembatalan penerbangan alias 0 persen.

Sriwijaya Air sudah berdiri sejak 10 November 2003. Perusahaan ini merintis perjalanan dengan bermodalkan 1 armada pesawat tipe Boeing 737-200 yang melayani rute penerbangan domestik di Indonesia.

3. Indonesia AirAsia

Indonesia AirAsia mencatatkan persentase ketepatan waktu sebesar 56,20 persen serta juga tidak memiliki pembatalan penerbangan (0 persen) per Mei 2022. Maskapai ini menempati posisi ke-3 di Indonesia serta posisi ke-117 global dalam daftar maskapai paling tepat waktu.

AirAsia sendiri merupakan perusahaan multinasional asal Malaysia yang berdiri sejak tahun 1993. Indonesia AirAsia merupakan salah satu lisensi dari maskapai AirAsia International.

Indonesia AirAsia dulunya bernama Air Wagon International (AWAIR) merupakan salah satu maskapai yang juga berfokus pada layanan penerbangan dengan biaya rendah atau low cost carrier (LCC).

4. Citilink

Citilink menduduki posisi ke-4 maskapai penerbangan paling tepat waktu di Indonesia serta posisi ke-121 di dunia dengan raihan persentase sebesar 51,60 persen dan tingkat pembatalan penerbangan sebesar 0 persen. Citilink merupakan anak perusahaan dari Garuda Indonesia group.

Maskapai ini berfokus pada layanan penerbangan LCC. Berdiri sejak tahun 2009, Citilink berkembang dengan pesat di Indonesia dan melakukan ekspansi untuk mampu bersaing di segmen budget traveler.

5. Batik Air

Batik Air mencatatkan persentase ketepatan waktu sebesar 51 persen menjadikannya berada di posisi ke-5 maskapai paling tepat waktu di Indonesia dan posisi ke-123 secara global. Sementara itu, tingkat pembatalan penerbangan maskapai Batik Air ialah sebeasr 3,70 persen per Mei 2022.

Batik Air berdiri sejak tahun 2012 dan merupakan anak perusahaan dari Lion Air. Penerbangan perdana maskapai ini berlangsung pada 3 Mei 2013 silam dari Jakarta ke Manado dan Balikpapan.

6. Wings Air

Berada di posisi ke-6, Wings Air mencatatkan persentase ketepatan waktu sebesar 49,40 persen serta tingkat pembatalan penerbangan sebesar 11,40 persen per Mei 2022. Wings Air merupakan salah satu maskapai penerbangan low-cost airline di bawah naungan Lion Air group.

Wings Air beroperasi sejak 13 Juni 2003 dan 100 persen saham maskapai ini dimiliki oleh Lion Air. Rute penerbangan maskapai ini menjangkau seluruh wilayah Indonesia serta 2 penerbangan internasional ke Malaysia.

7. Lion Air

Posisi terakhir yakni posisi ke-7 diraih oleh Lion Air yang tercatat memiliki persentase ketepatan waktu sebesar 47,30 persen serta tingkat pembatalan penerbangan sebesar 7,30 persen. Lion Air saat ini merupakan maskapai dengan jumlah penerbangan terbanyak di Indonesia. Adapun jumlah armadanya mencapai 310 unit pesawat.

Selain memiliki jumlah armada terbanyak, Lion Air juga merupakan maskapai penerbangan dengan jumlah penerbangan terbanyak. Menurut data OAG pada Mei 2022, Lion Air sudah melakukan penerbangan sebanyak 18.133 kali. Jumlah tersebut menjadikan Lion Air menempati posisi ke-27 maskapai dengan jumlah penerbangan terbanyak di dunia.

Lion Air didirikan sejak tahun 1999 dan mulai beroperasi sejak 30 Juni 2000. Rute penerbangan perdana maskapai ini ialah Jakarta-Pontianak dengan menggunakan pesawat tipe Boeing 737-200. 

Terlepas dari faktor internal maupun eksternal yang menjadi kendala ketepatan waktu penerbangan, upaya meningkatkan kualitas pelayanan maskapai melalui implementasi jadwal penerbangan yang tepat waktu senantiasa penting untuk dilakukan oleh seluruh maskapai penerbangan tanpa terkecuali.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Karyawan di Indonesia Dinilai Lebih Sejahtera Saat Bekerja Hybrid
Artikel Selanjutnya Usaha Kuliner di Indonesia dalam Bingkai Statistik
Konten Terkait