Sebelum Crash di Mandalika, Marquez Memang Pembalap yang Dikategorikan Sering Jatuh

Data yang dirilis MotoGP pekan lalu mencatat bahwa Marquez telah jatuh sebanyak 22 kali sepanjang musim 2021.

Sebelum Crash di Mandalika, Marquez Memang Pembalap yang Dikategorikan Sering Jatuh Marc Marquez tergelincir pada sesi kualifikasi Grand Prix Thailand 2019 lalu | mooinblack/Shutterstock

Sirkuit Mandalika mungkin menjadi mimpi buruk bagi pembalap asal Spanyol, Marc Marquez untuk saat ini. Bagaimana tidak, debutnya di GP Indonesia harus diwarnai dengan empat kali tragedi jatuh pada sesi latihan bebas, kualifikasi, dan pemanasan, sehingga dirinya harus absen pada sesi balapan (20/2) sore waktu Lombok.

Kecelakaan pertamanya dialami saat menjalani latihan bebas kedua di tikungan 11 Sirkuit Mandalika (18/3). Kemudian, pada sesi kualifikasi pertama (19/3) dirinya mengalami dua kali terjatuh dan yang paling fatal, dirinya harus dibawa ke Rumah Sakit Mataram pada kecelakannya yang keempat di sesi pemanasan.

Marc Marquez menjadi pembalap kedua yang memiliki jumlah jatuh terbanyak sepanjang musim 2021 | GoodStats

The Baby Alien memang dikategorikan sebagai salah satu pembalap yang paling sering mengalami kecelakaan sepanjang 2021. Data yang dirilis MotoGP pekan lalu mencatat bahwa Marquez telah jatuh sebanyak 22 kali dan jumlah tersebut membawanya sebagai pembalap MotoGP kedua dengan jumlah kecelakaan terbanyak sepanjang 2021.

Posisi pertama diduduki oleh rekan senegara Marquez, Iker Lecuona. Pembalap yang musim ini melanjutkan karier di ajang WorldSBK tersebut mengalami 26 kali kecelakaan sepanjang musim 2021. Posisi ketiga diisi oleh pembalap Moto2 asal Spanyol, Aron Canet dengan total 21 jatuh sepanjang 2021.

Posisi keempat dihuni oleh rekan setim Marquez, Pol Espargaro dengan catatan 20 kali jatuh sepanjang 2021. Sementara itu, ada tiga pembalap yang sama-sama mencatatkan 19 kali jatuh selama 2021, antara lain adik Marquez, Alex Marquez dari MotoGP, Albert Arenas dari Moto2, dan Kaito Toba dari Moto3.

Begitupun dengan jumlah pembalap yang mencatatkan 18 kali jatuh, yakni ada Aleix Espargaro dari MotoGP, Hector Garzo dari Moto2, dan Tatsuki Suzuki dari Moto3.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Max Verstappen Raih Gelar Juara Dunia yang Ketiga di 2023, Siapa 5 Pembalap Peraih Juara Dunia Terbanyak di F1?

Max Verstappen berhasil meraih gelar juara dunia yang ketiga di 2023. Namun, siapa saja peraih gelar juara dunia terbanyak di Formula 1?

Daftar Klasemen Sementara Pembalap & Tim Formula E 2023 Setelah 2 Seri Jakarta E-Prix

Jakarta E-Prix yang berlangsung selama dua ronde cukup mengubah drastis tangga klasemen sementara

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook