GoodStats
Pencarian
Masuk

Sebaran Bidang Studi Berdasarkan Jumlah Mahasiswa di Indonesia, Bidang Pendidikan Terbanyak!

Mahasiswa dari bidang pendidikan adalah yang paling banyak di Indonesia. Sebanyak 21,5 persen dari seluruh mahasiswa di Indonesia adalah mahasiswa pendidikan.

Sebaran Bidang Studi Berdasarkan Jumlah Mahasiswa di Indonesia, Bidang Pendidikan Terbanyak! Universitas Indonesia│Ammar Andiko/Unsplash

Menurut data dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti), pada bulan Oktober tahun 2022 ini terdapat 6.349.941 mahasiswa di Indonesia. Jumlah tersebut termasuk mahasiswa dari perguruan tinggi negeri dan juga swasta.

Jumlah mahasiswa perempuan di Indonesia saat ini lebih banyak dari mahasiswa laki-laki. Terdapat 3.250.158 mahasiswa perempuan, sedangkan jumlah mahasiswa laki-laki berjumlah 3.099.783 mahasiswa.

Setidaknya ada 10 bidang studi yang ada di seluruh perguruan di Indonesia. Dari seluruh bidang studi tersebut, bidang studi pendidikan menjadi bidang studi dengan jumlah mahasiswa yang paling banyak. Jumlah mahasiswa bidang studi pendidikan adalah 1.371.105, yang berarti 21,5 persen mahasiswa di Indonesia adalah mahasiswa yang berkuliah di bidang studi pendidikan.

Setidaknya ada 3 bidang studi selain pendidikan yang jumlah mahasiswanya lebih dari 1 juta orang. Yaitu mahasiswa bidang ekonomi yang berjumlah 1.146.430 orang, bidang sosial dengan 1.058.304 mahasiswa, dan teknik dengan 1.024.231 mahasiswa.

Bidang Studi dengan Mahasiswa Terbanyak di Indonesia│GoodStats

 

Bidang seni menjadi bidang studi dengan jumlah mahasiswa paling sedikit di Indonesia. Berdasarkan data PDDikti, jumlah mahasiswa seni adalah 50.563 mahasiswa. Kemudian diikuti oleh bidang humaniora yang hanya memiliki 128.944 mahasiswa, dan MIPA dengan 196.743 mahasiswa.

Bidang pendidikan menjadi bidang studi dengan jumlah mahasiswa terbanyak, sekaligus bidang studi yang paling diminati. Bidang studi pendidikan ini meliputi jurusan pendidikan mata pelajaran atau pendidikan suatu jenjang, seperti Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Agama, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Dihimpun dari berbagai sumber, alasan mengapa pendidikan menjadi bidang studi dengan jumlah mahasiswa terbanyak dikarenakan prospek kerjanya yang besar. Lulusan bidang studi pendidikan memiliki kompetensi untuk menjadi seorang guru, sehingga kesempatannya untuk bekerja sebagai seorang pengajar setelah lulus kuliah terbuka lebar. Selain itu, jumlah tenaga pendidik masih sedikit, dan tenaga pendidik akan selalu dibutuhkan di Indonesia, sehingga kesempatan lulusan-lulusan bidang studi pendidikan untuk bekerja juga lebih besar.

Ditambah lagi, perguruan tinggi yang memiliki program studi bidang pendidikan sudah tersebar luas di seluruh Indonesia. Berbeda halnya dengan bidang studi seni yang memiliki jumlah mahasiswa paling sedikit, tidak banyak perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki program studi di bidang seni, sehingga jumlah mahasiswanya pun juga tidak banyak. 

Penulis: Rangga Hadi Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya 10 Suku dengan Populasi Terbanyak di Indonesia, Jawa dan Sunda Mendominasi
Artikel Selanjutnya Sampah Makanan Indonesia: Nomor 1 di Asia Tenggara, 4 di Dunia.
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook