Musim Ini Milik Manchester City 'Lagi'

Pertahankan gelar juara beruntun, Man City bawa pulang piala EPL musim ini

Musim Ini Milik Manchester City 'Lagi' Parade Man City saat kemenangan pada EPL 2021-2022 | John B Hewitt/Shutterstock

Sukses pertahankan kemenangan berturut-turut pada 12 pertandingan terakhir, membuat Manchester City (Man City) keluar sebagai pemenang English Premier League (EPL) 2022-2023.

Kemenangan Man City ini secara jelas dikantongi berkat kekalahan dari rival terdekatnya yakni Arsenal dari pertandingan melawan Nottingham Forest pada hari Sabtu (20/5).

Klasemen liga Inggris | Goodstats

Berdasarkan klasemen akhir Liga Inggris musim ini,urutan kelima ditempati oleh Liverpool yang mampu kumpulkan sebanyak 66 poin sepanjang EPL musim ini berlangsung. Selama lima laga terakhir, Liverpool telah meraih 4 kemenangan dan 1 kedudukan seri.

Menyusul di atasnya, Manchester United (Man Utd) sabet peringkat keempat dengan perolehan skor yang sama seperti Newcastle, sebanyak 69 poin. Di laga terakhir pada EPL ini, ManUtd berhasil kalahkan Wolves 2-0 berkat gol dari Martial dan Garnacho pada Sabtu (13/5) lalu.

Di posisi ketiga, ada Newcastle United Football Club dengan perolehan nilai sebanyak 69 poin. Klub yang berdiri pada tahun 1892 ini dalam 2 laga terakhirnya berhasil memenangkan pertandingan di EPL.

Beralih pada Arsenal, yang duduki posisi kedua pada klasemen EPL dengan 81 poin dari 37 pertandingan yang ada. Melansir Opta, Arsenal sebelumnya memimpin klasemen EPL 2022-2023 sepanjang 248 hari. 

Namun, menuju akhir-akhir laga EPL rupanya Man City mampu menyamai hingga salip kedudukan Arsenal di peringkat teratas. Hingga akhir kejuaraan EPL ini, Arsenal harus menelan pil pahit kekalahan akibat terpaut 7 poin di bawah ManCity.

Sementara Itu, Manchester City pimpin klasemen dengan 88 point dari 36 pertandingan yang ditutup dengan kemenangan usai bekuk Chelsea dengan skor 1-0 di Etihad Stadium pada 21 Mei 2023 sebagai laga terakhir sebelum angkat piala.

“Saya tidak berpikir kami tidak mampu melakukannya, tapi sulit. Namun kami memiliki begitu banyak pemain bagus dalam skuat ini dan saat ini kami merasa tidak terbendung,” ucap Jack Grealish, pemain Man City dikutip dari Sky Sports pada Senin (22/5).

Setelah menjadi kampiun di musim 2020/2021 dan 2021-2022, musim ini ternyata milik Manchester City 'lagi' sekalgus menggenapkan hattrick juara 3 tahun berturut-turut. Selama EPL berlangsung sejak 1992 silam, Manchester City telah berhasil membawa piala kemenangan sebanyak 7 kali.

“Rasanya tidak nyata sekarang, saya sangat senang. Kenangan yang akan saya miliki selama sisa hidup saya, kami telah berjuang sangat keras,” ujar pemain Man City, Erling Haaland dilansir dari Viva.co.id pada Senin (22/5).

Penulis: Mela Syaharani
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Daftar Harga Pemain Timnas Indonesia Versi Transfermarkt, Thom Haye Termahal

Menurut perhitungan laman Transfermarkt, nilai pasar terbaru Thom Haye mencapai Rp52,14 miliar, tertinggi di skuad Timnas Indonesia saat ini.

Jelang Indonesia vs Vietnam, Cek Poin FIFA Terkini Indonesia

Jika menang kandang dan tandang, Indonesia dapat bertengger di peringkat empat Asia Tenggara. 26 pemain diturunkan, dua sedang proses naturalisasi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X