Ramai Jadi Bahan Perbincangan, Rating Piala Oscar Naik Tajam

Pasca insiden Will Smith-Chris Rock, rating siaran Academy Awards atau Piala Oscar 2022 meroket hingga 58 persen dari tahun sebelumnya.

Ramai Jadi Bahan Perbincangan, Rating Piala Oscar Naik Tajam Ilustrasi Pemenang Piala Oscar | Jaguar PS/Shutterstock

Pasca insiden Will Smith menampar Chris Rock di atas panggung penghargaan, rating siaran Academy Awards atau Piala Oscar 2022 meroket hingga 58 persen dari tahun sebelumnya.

Merilis laporan dari Nielsen TV Ratings 2022, rating acara Oscar 2022 menarik 16,6 juta pemirsa di Amerika Serikat pada hari Minggu, 27 Maret 2022 waktu setempat. Jumlah ini naik 58 persen dari rekor penonton pada tahun lalu sebesar 10,5 juta penonton.

Penonton Piala Oscar 2022 yang didominasi penonton orang dewasa berusia 18-49 tahun, naik 73 persen dari siaran pada tahun 2021.

Meski mengalami pertumbuhan yang mengesankan di tiap tahunnya, rating ini merupakan kinerja penayangan terburuk. ABC selaku penyiar acara menyebut Piala Oscar tahun sebelumnya merupakan peringkat kedua terburuk dalam sejarah Piala Oscar.

Jumlah penonton Piala Oscar di Amerika Serikat 2022 | GoodStats

Mengutip variety.com penonton Piala Oscar melonjak pada tiga poin penting selama 15 menit pertunjukkan. Momen pertama yakni pada saat penyerahan kemenangan aktor Troy Kotsur dalam filmnya yang berjudul "CODA" sebagai aktor pendukung terbaik sekaligus menjadi pria tuli pertama yang berhasil memenangkan Academy Awards di bidang akting.

Momen kedua yaitu insiden Will Smith menampar Chirs Rock usai menyindir kondisi rambut sang istri Pinkett Smith yang diketahui menderita alopecia suatu penyakit auto imun yang menyebabkan kerontokan rambut.

Kemudian yang terakhir yakni pada saat pidato penerimaan piala Will Smith sebagai aktor terbaik dalam aktingnya di film King Richard. Smith terlihat emosional dan meneteskan air mata saat memberikan pidatonya. Bukan karena gembira atas kemenangannya, melainkan ia mengingat perjuangan semua orang yang terlibat dalam film garapan sutradara Reinalddo Marcus Green tersebut.

Acara yang digelar di Dolby Theatre, Hollywood, California ini menambahkan beberapa inovasi seperti merekam pengumuman pemenang pada beberapa kategori Oscar yang kurang populer dan menambahkan penghargaan tambahan seperti "favorit penggemar" untuk film yang dipilih oleh pengguna twitter.

Penulis: Nabilah Nur Alifah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Donald Trump Ditembak, Bagaimana Stabilitas Politik Amerika Dibanding Negara Lain?

Insiden penembakan Donald Trump saat kampanye (13/7) menggemparkan dunia. Stabilitas politik berperan besar dalam keamanan tokoh politik di tengah musim pemilu.

Meski Diterpa Ransomware, Indonesia Masuk Negara Paling Siap Hadapi Ancaman Siber

Walau serangan siber PDN ungkap kelemahan keamanan digital Indonesia, Indonesia tergolong salah satu negara paling siap hadapi ancaman Siber di Asia Tenggara.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook