Raih Total $119.6 Miliar, iPhone Masih Jadi Produk Andalan Apple di Pasar Tekno

Tahun ini Apple berhasil bangkit dari penurunan penjualan selama 4 kuartal berturut-turut. Bagaimana pendapatan mereka tahun ini mampu melonjak naik?

Raih Total $119.6 Miliar, iPhone Masih Jadi Produk Andalan Apple di Pasar Tekno iPhone masih jadi sumber pundi pundi Apple di kuartal akhir 2023 (Brandon Romanchuk/Unsplash)

Apple kembali menorehkan prestasi gemilang di kuartal keempat tahun 2023. Perusahaan teknologi multinasional ini berhasil meraih total pendapatan senilai $119.6 miliar di akhir tahun 2023, menunjukkan pertumbuhan 2% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Data perusahaan mencatat bahwa iPhone masih menjadi produk terlaris Apple dengan total pendapatan mencapai $69.7 miliar atau meningkat 6% secara year-on-year (YoY).

Apple berhasil bangkit dari penurunan penjualan selama 4 kuartal berturut-turut berkat lonjakan penjualan seri terbaru iPhone 15 dan rekor pendapatan sektor bisnis Apple Services di akhir tahun 2023

Grafik penjualan produk Apple 2 tahun terakhir (Apple Sales Report 2023/GoodStats)

Menurut laporan Statista, total pendapatan Apple naik 2% menjadi $119,6 miliar untuk kuartal yang berakhir 30 Desember. Rekor ini menjadi kuartal dengan penjualan terbaik kedua sepanjang sejarah Apple.

Meskipun demikian, pertumbuhan penjualan iPhone ini diikuti oleh penurunan penjualan produk sektor lain seperti iPad sebesar yang anjlok sebesar 25.3%.

Selain itu, Apple juga berhasil mengekspansi jejaring bisnisnya ke bidang servis, seperti monetisasi biaya langganan platform streaming musik iTunes, Apple Music, Apple TV+, Apple Arcade, Apple News Plus, iCloud, Apple Fitness+, AppleCare, dan Licensing. Di kuartal akhir 2023, pendapatan sektor ini meningkat 11.3% ke rekor baru sebesar $23,1 miliar.

CEO Tim Cook mengatakan bahwa pertumbuhan 11% ini sebenarnya lebih cepat dari kuartal September, mengingat kuartal liburan tahun ini lebih pendek satu minggu dibandingkan tahun lalu.

"Kami mencapai rekor pendapatan sepanjang masa di bidang periklanan, layanan cloud, layanan pembayaran, dan video, serta rekor kuartal Desember di App Store dan AppleCare," kata Cook, dikutip Statista.

Mengingat Apple kini memiliki basis pengguna aktif lebih dari 2,2 miliar perangkat, sektor Apple Services kini turut bertransformasi sebagai aplikasi pihak ketiga yang secara tidak langsung turut menjadi sumber pundi-pundi bagi perusahaan.

iPhone 15 Menjadi Penggerak Utama

Angka penjualan iPhone tercatat melonjak signifikan pada kuartal Desember. Kuartal ini memang menjadi periode penjualan iPhone terkuat karena adanya peluncuran seri terbaru iPhone 15 pada tanggal 12 September 2023 yang sempat banyak dibicarakan.

Seri iPhone 15 menawarkan berbagai fitur inovatif, seperti kamera yang lebih canggih, chip A16 Bionic yang lebih powerful, dan desain yang lebih menarik. Hal ini menarik minat banyak konsumen untuk melakukan upgrade perangkat mereka.

Apple mendesain seri iPhone 15 ditenagai oleh chipset A17 Bionic terbaru yang diklaim sebagai prosesor smartphone terbaik di pasaran.

Chip ini menawarkan performa CPU dan GPU yang jauh lebih tinggi dibandingkan pendahulunya, memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi dan game yang demanding dengan lancar tanpa lag.

Selain itu bagi mereka yang berprofesi sebagai content creator, iPhone 15 memiliki kamera yang jauh lebih canggih dibandingkan iPhone 14.

Kamera seri ini telah dilengkapi dengan sensor yang lebih besar, lensa yang lebih berkualitas, dan berbagai fitur fotografi dan videografi yang inovatif.

Hasilnya, pengguna dapat menghasilkan foto dan video yang lebih detail, tajam, dan jernih dalam sekali potret.

Penulis: Christian Noven Harjadi
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Daftar 5 Negara Pemenang Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik Terbaik Menurut PBB

Daftar lembaga negara di dunia yang mendapat penghargaan pelayanan publik terbaik dari PBB.

Jumlah Warisan Dunia Indonesia di UNESCO Terbanyak se-Asia Tenggara, Ini Daftarnya

Indonesia menjadi negara dengan warisan dunia UNESCO terbanyak di Asia Tenggara. Jumlah warisan mencapai 9 situs

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X