Ragam Statistik Wisatawan Mancanegara 2022

Indonesia dinobatkan sebagai negara paling indah versi Forbes di tahun 2022. Tak heran mengapa tercatat sebanyak 4,5 juta wisatawan berkunjung di tahun 2022.

Ragam Statistik Wisatawan Mancanegara 2022 Ilustrasi Pengunjung Bandar Udara | Unsplash/anete_lusina

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki daya tarik wisatawan yang tinggi. Tak perlu diragukan lagi, banyaknya wisatawan mancanegara yang tertarik dengan Indonesia adalah lantaran keindahan alamnya yang sangat cantik. Statement yang terasa jemawa tersebut bukanlah hisapan jempol belaka, karena Indonesia dinobatkan sebagai negara paling indah se-dunia versi Forbes di tahun 2022.

Menurut data dari BPS (Badan Pusat Statistik), kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia semakin tinggi menjelang akhir tahun. Di bulan Januari ada sekitar 121 ribu wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Sayangnya, angka tersebut turun di bulan selanjutnya, namun kembali naik hingga bulan Oktober 2022 dengan total 678.901 wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia di bulan tersebut. Angka bulanan tersebut sedikit turun pada bulan November dengan total kunjungan di angka 657.269 orang.

Tercatat ada sekitar 4,5 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia sepanjang tahun 2022 yang tercatat hingga bulan November. Dari jumlah tersebut tercatat bahwa 2,7 juta wisatawan mancanegara masuk ke Indonesia menggunakan pintu udara. Sementara itu, kurang lebih 1 juta wisatawan mancanegara masuk ke Indonesia melewati pintu laut dan sisanya sebanyak 765 ribu wisatawan mancanegara masuk melalui pintu darat. 

Seperti yang dijelaskan di atas, moda transportasi udara menjadi yang paling diminati oleh para wisatawan mancanegara saat berkunjung ke Indonesia. Berdasarkan data BPS, diantara seluruh pintu masuk udara di Indonesia, Bandar Udara Ngurah Rai, Soekarno-Hatta dan Kualanamu menjadi bandar udara dengan kedatangan wisatawan mancanegara tertinggi di tahun 2022. 

Posisi pertama sebagai bandar udara dengan kunjungan wisatawan mancanegara tertinggi di tahun 2022 diduduki oleh Bandar Udara Ngurah Rai Bali yang selalu menunjukkan peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara setiap bulannya. Namun angka tersebut sedikit turun di bulan November. Posisi kedua diduduki oleh Bandar Udara Soekarno-Hatta yang menunjukkan kenaikan kunjungan signifikan dari bulan Januari hingga Juli, namun cenderung menurun dan stagnan di bulan-bulan berikutnya.

Sementara itu, posisi tiga diduduki oleh Bandar Udara Kualanamu yang cenderung perlahan mengalami peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara sejak Januari hingga Agustus. Meski sempat turun di bulan September, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di bulan selanjutnya kembali naik.

Untuk pintu laut sendiri, pada dasarnya didominasi oleh pelabuhan Batam dan Tanjung Uban. Dengan masing-masing kunjungan wisatawan mancanegara berada di angka 418.399 dan 106.162 orang sejak Januari hingga November 2022. Sementara itu disusul dengan berbagai pelabuhan lain.

Dari 765 ribu orang yang masuk melalui pintu darat, tercatat 729.640 ribu orang dari jumlah tersebut masuk dari berbagai pintu darat Indonesia. Sementara itu, sekitar 16.000 orang dari jumlah tersebut masuk dari Atambua dan disusul di bawahnya oleh Aruk dengan masuknya sebanyak 9.755 orang pada tahun 2022 melalui pintu tersebut.

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Malam Tahun Baru 2023 di DKI Jakarta Hasilkan 74 Ton Sampah, Menurun dari Sebelum Masa Pandemi
Artikel Selanjutnya Melihat Kiprah Empat Semifinalis Piala AFF 2022 di Babak Grup, Siapa Paling Produktif?
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook