Inilah 5 Pulau Terbesar di Dunia

Pulau merupakan sebuat daratan yang terbentuk dengan dikelilingi oleh air dan memiliki luas yang lebih kecil dari benua. Definisi pulau adalah sebuah daratan ya

Inilah 5 Pulau Terbesar di Dunia Ilustrasi Pulau. Sumber: Adobe Stock

Pulau merupakan sebuat daratan yang terbentuk dengan dikelilingi oleh air dan memiliki luas yang lebih kecil dari benua. Definisi pulau adalah sebuah daratan yang terbentuk secara alami dan bukan hasil dari reklamasi. Pulau juga merupakan daratan yang dapat ditinggali oleh sekelompok manusia dengan luas yang beragam. Indonesia dijuluki sebagai negara kepulauan karena terkenal dengan jumlah pulau yang banyak, yaitu sekitar 17.000 pulau. Ada pula pulau di suatu negara yang dijuluki sebagai pulau terbesar. Berikut daftar pulau-pulau terbesar yang tersebar di seluruh dunia, dilansir dari Ensiklopedia Britannica.

  1. Greenland

Sumber: The New York Times

Urutan pertama diduduki oleh Greenland sebagai pulau terbesar di dunia. Secara geografis, pulau ini adalah bagian dari Amerika Utara. Dengan luasnya yang mencapai 2.166.086 km2, luas Greenland diperkirakan seperti tiga kali ukuran Texas. 80% wilayahnya tertutup es dan hanya daerah pesisir selatan dan barat saja yang dapat ditinggali.

  1. Papua Nugini

Sumber: World Nomads

Terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian timur milik Papua Nugini dan bagian baratnya milik Indonesia, total luas pulau ini mencapai 821.400 km2. Selain menjadi salah satu pulau terbesar di dunia, Papua pun memiliki rangkaian pegunungan yang mencakup Puncak Jaya. Pucak Jaya adalah puncak dan gunung tertimggi di Oseania.

  1. Kalimantan

Sumber: Authentic Indonesia

Pulau terbesar di dunia ketiga adalah Kalimantan, salah satu pulau di Indonesia. Pulau yang dulunya bernama Borneo ini memiliki luas mencapai 748.168 km2. Pulau Kalimantan juga menyimpan banyak keragaman alam seperti hutan hujan lebat yang menjadi hunian bagi banyak flora dan fauna. Selain itu, pulau ini dijuluki sebagai “Pulu Seribu Sungai” karena banyaknya sungai yang mengaliri wilayahnya.

  1. Madagaskar

Sumber: Pommie Travels

Pulau yang terletak 250 mil di lepas pantai Afrika ini menempati urutan keempat sebagai pulau terbesar di dunia. Dengan luasnya yang mencapai 587.295 km2, pulau ini menjadi tempat tinggal untuk fauna-fauna yang unik. Beberapa di antaranya adalah 40 spesies lemur dan 800 spesies kupu-kupu. Selain menjadi pulau terbesar keempat di dunia, Madagaskar juga merupakan negara terbesar ke-46 di dunia.

  1. Baffin

Sumber: Trip Advisor

Pulau ini terletak di wilayah utara Kanada Nunavut. Pulau yang menempati urutan kelima ini memiliki luas sebesar 507.451 km2. Nama pulau ini diambil dari seorang navigator Inggris di abad ke-17, yaitu William Baffin. Pulau ini juga merupakan pulau terbesar yang ada di Kanada.

Penulis: Zalfa Ghina Khairunnisa
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Indonesia Jadi Negara dengan Risiko Bencana Alam Tertinggi Kedua di Dunia

Riset World Risk Report (WRR) di tahun 2023 menempatkan Indonesia sebagai negara dengan risiko bencana alam tertinggi kedua sedunia. Apa saja alasannya?

Kirgizstan dan 9 Negara Ini Miliki Tingkat Kepadatan Penduduk Terendah di Asia

Kirgizstan menempati urutan ke-8 daftar ini dengan kepadatan penduduk 36,37 jiwa/km². Sementara posisi puncak ditempati oleh Mongolia dengan angka 2,18 jiwa/km²

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook