Prosesor Komputer dengan Skor Multi-Core Tertinggi di Tahun 2022 Versi Geekbench

Geekbench, platform pengetesan benchmark prosessor komputer memiliki daftar prosessor terbaik untuk tahun 2022. Berikut ini daftarnya.

Prosesor Komputer dengan Skor Multi-Core Tertinggi di Tahun 2022 Versi Geekbench Ilustrasi│Luis Gonzalez/Unsplash

Aplikasi benchmark prosesor komputer, Geekbench, memiliki daftar lengkap rangking prosesor komputer, mulai dari yang terbaru, hingga yang umurnya sudah lebih dari 10 tahun. Perangkingan ini berdasarkan skor yang didapat dari sejumlah pengetesan kepada prosesor komputer.

Ada dua jenis penilaian yang ada di Geekbench, penilaian berdasarkan Single-Core dan Multi-Core, dan prosesor teratas yang ada di setiap kategori berbeda. Namun, penilaian Multi-Core akan menjadi patokan disini, karena skor Multi-Core dirasa lebih relevan, dimana hampir semua prosesor komputer saat ini bertipe Multi-Core.

Di posisi pertama AMD Ryzen Threadripper PRO 3995WX menjadi prosesor dengan performa terbaik versi Geekbench. AMD Ryzen Threadripper PRO 3995WX memiliki 64 core dan base clock di angka 2,7 GHz. Prosesor ini mendapatkan skor Multi-Core sebesar 26.749 di aplikasi Geekbench.

Prosesor ini bukanlah prosesor keluaran baru, prosesor ini pertama kali diperkenalkan oleh AMD pada tahun 2020. Meski bukan prosesor terbaru, prosesor ini memanglah didesain AMD untuk memberikan performa yang terbaik. Oleh karena itu, meski sudah berumur 2 tahun, prosesor ini masih menjadi prosesor dengan performa terbaik yang ada saat ini.

Prosesor terbaik versi Geekbench│GoodStats

 

Geekbench masih menempatkan AMD varian Ryzen Threadripper PRO di posisi kedua dan ketiga. AMD Ryzen Threadripper 3990X menduduki peringkat kedua dengan skor multi-core sebesar 25.500, dan AMD Ryzen Threadripper PRO 5975WX di peringkat ketiga dengan skor 25.369.

Di urutan keempat, Intel menyusul kompetitornya dengan prosesor varian Intel Core i9-13900K dengan skor 24.285. Prosesor ini adalah prosesor yang baru diperkenalkan oleh Intel di tahun 2022, dan menjadi satu-satunya prosesor buatan Intel yang ada di 5 besar prosesor terbaik versi Geekbench di tahun 2022.

Ya, Intel hanya memiliki satu prosesor yang menembus 5 besar, karena posisi kelima dalam daftar ini kembali dihuni oleh prosesor milik AMD dengan prosesor AMD Ryzen Threadripper PRO 5995WX dengan skor 24.067.

Harga AMD Ryzen Threadripper PRO 3995WX cukup tinggi jika dibandingkan dengan prosesor lain yang ada di bawahnya. Hal itu yang membuat Meski AMD Ryzen Threadripper PRO  kurang laris di pasaran, meski prosesor ini memiliki skor yang sangat tinggi. 

Penulis: Rangga Hadi Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya 5 Program KPR Pilihan Masyarakat Indonesia 2022
Artikel Selanjutnya 10 Jurusan Paling Tidak Disesali Lulusan Perguruan Tinggi 2022
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook