Proporsi Kepemilikan Rumah Sewa di DKI Jakarta yang Tertinggi di Indonesia

Karena mahalnya harga tanah dan rumah di Jakarta, minat masyarakat untuk menyewa rumah lebih tinggi daripada membeli rumah.

Proporsi Kepemilikan Rumah Sewa di DKI Jakarta yang Tertinggi di Indonesia Ilustrasi│Mahmur Marganti/Unsplash

Berdasarkan data dari BPS (Badan Pusat Statistik), provinsi dengan proporsi kepemilikan rumah atau tempat tinggal berstatus sewa tertinggi di Indonesia adalah Provinsi DKI Jakarta. Hal ini berarti, persentase rumah tangga di DKI Jakarta yang tinggal di rumah berstatus sewa atau kontrak adalah yang tertinggi di Indonesia.

Berdasarkan data tersebut, sebesar 34,63 persen rumah tangga di DKI Jakarta tinggal di tempat tinggal berstatus sewa atau kontrak pada tahun 2021. Jumlah tersebut hampir 10 persen lebih banyak jika dibandingkan dengan Kepulauan Riau yang berada di urutan kedua dengan 25,95 persen.

Kemudian persentase rumah tangga di DKI Jakarta yang tinggal di rumah miliknya sendiri berada di angka 48,48 pada tahun 2021. Jumlah tersebut masih cukup jauh dari rata-rata nasional yang berada di angka 81,08, serta menjadikan DKI Jakarta sebagai salah satu dari 10 provinsi dengan proporsi rumah tangga yang memiliki rumah sendiri terendah di tahun 2021.

Provinsi dengan Proporsi Rumah Tangga yang Tinggal di Rumah Sewa Tertinggi di Tahun 2021│GoodStats

 

Ada sejumlah hal yang membuat angka kepemilikan rumah berstatus sewa oleh rumah tangga di DKI Jakarta cukup tinggi, mulai dari masalah lingkungan, kependudukan, hingga ekonomi. Di balik semua faktor tersebut, satu faktor utama banyaknya warga Jakarta yang memilih untuk tinggal di rumah sewaan adalah harga tanah dan harga rumah yang sudah melambung tinggi di kawasan DKI Jakarta. 

Hal ini membuat banyak rumah tangga yang lebih memilih tinggal di tempat tinggal yang berstatus sewa karena lebih terjangkau, khususnya bagi masyarakat kelas menengah ke bawah. Berdasarkan analisa portal properti Lamudi, minat masyarakat Jakarta untuk membeli rumah saat ini menurun, berbanding terbalik dengan naiknya minat masyarakat Jakarta untuk menyewa rumah sewaan.

Di sisi lain, Jawa Tengah, Sulawesi Barat, dan Lampung menjadi 3 provinsi dengan proporsi rumah tangga yang memiliki rumah sendiri tertinggi di tahun 2021. Dalam data ini, ketiga provinsi tersebut memiliki proporsi rumah tangga dengan rumah milik sendiri di atas 89 persen.

Penulis: Rangga Hadi Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Menghitung Jumlah Rumah Sakit Umum di Indonesia: Terbanyak Ada di Jawa Barat
Artikel Selanjutnya Emisi Karbon 2021 Terbesar Sepanjang Sejarah, Ini Negara Penyumbang Terbesarnya
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook