Platform Belanja Online yang Paling Disukai Masyarakat saat Ramadan

Fenomena belanja online selama Ramadan tidak hanya menjadi sebuah tren, tetapi juga mencerminkan keberagaman dan keunikan preferensi konsumen di era digital.

Platform Belanja Online yang Paling Disukai Masyarakat saat Ramadan Ilustrasi Kegiatan Belanja Online Selama Ramadan, Foto : Adobe Stock

Ramadan, selain menjadi bulan yang penuh berkah dan spiritualitas bagi umat Muslim, juga menjadi waktu yang istimewa bagi banyak orang dalam hal kegiatan belanja. Tidak hanya sebagai bulan ibadah, Ramadan juga diidentifikasi sebagai masa di mana perilaku belanja masyarakat mengalami lonjakan yang signifikan. Fenomena ini tidaklah asing, mengingat Ramadan bukan hanya tentang puasa dan ibadah, tetapi juga tentang tradisi belanja yang telah tertanam dalam budaya masyarakat.

Dengan berkembangnya teknologi dan internet yang semakin luas, kini telah muncul beragam platform belanja online yang menawarkan kenyamanan dan kemudahan saat berbelanja, terutama selama bulan Ramadan. Saat ini, banyak platform belanja lokal yang semakin populer dengan menyajikan produk-produk khas daerah dan promosi menarik yang disesuaikan dengan nuansa Ramadan.

Menariknya, setiap orang memiliki preferensi platform belanja online yang berbeda-beda selama Ramadan. Ada yang lebih memilih untuk berbelanja di platform internasional karena variasi produk yang lebih luas dan penawaran diskon yang menggiurkan.

Sementara itu, ada juga yang lebih memilih untuk berbelanja di platform lokal karena lebih mendukung ekonomi lokal serta menyajikan produk-produk yang lebih sesuai dengan selera dan tradisi lokal. Tidak jarang pula, beberapa individu memanfaatkan berbagai platform sekaligus, mencari tawaran terbaik dan produk yang paling cocok dengan kebutuhan dan budget mereka.

Platform Belanja Online Paling Banyak Disukai Masyarakat Selama Ramadan

Menurut hasil survei YouGov yang berjudul Indonesia's 2024 Ramadan Shopping Outlook, Shopee menempati peringkat teratas sebagai platform belanja online paling disukai oleh masyarakat Indonesia saat Ramadan tahun 2024. Sebanyak 89% Masyarakat mengungkapkan ketertarikannya dalam belanja online selama Ramadan melalui platform Shopee.

Fenomena ini tidaklah mengherankan mengingat Shopee telah lama menjadi salah satu platform e-commerce terkemuka di Indonesia, dengan berbagai promosi menarik dan kemudahan penggunaan aplikasi yang membuat pengalaman berbelanja semakin menyenangkan.

Selama Ramadan, Shopee menjadi destinasi utama bagi banyak konsumen untuk mendapatkan berbagai kebutuhan mulai dari pakaian tradisional hingga makanan khas Ramadan, dengan penawaran diskon yang menggiurkan serta program-program spesial yang disesuaikan dengan nuansa bulan suci ini.

Di posisi kedua, Tokopedia juga berhasil mencuri perhatian dengan mencatatkan persentase 51%. Keberhasilan Tokopedia dalam menarik minat konsumen selama Ramadan mungkin dapat dijelaskan oleh berbagai faktor, termasuk ragam produk yang lengkap, keamanan transaksi yang terjamin, dan juga program-program promosi yang menggugah minat konsumen.

Tokopedia juga dikenal sebagai platform yang memperhatikan kebutuhan lokal, menyajikan produk-produk khas daerah yang menjadi favorit masyarakat selama bulan Ramadan.

Tak kalah menarik, TikTok Shop berhasil meraih peringkat ketiga dengan persentase 41%. Kehadiran TikTok sebagai platform belanja mungkin menjadi fenomena yang menarik perhatian, terutama bagi generasi muda yang aktif menggunakan aplikasi ini.

Selama Ramadan, TikTok Shop menjadi tempat yang menyenangkan bagi mereka untuk menemukan produk-produk unik dan tren terbaru, seringkali dengan sentuhan kreatif dan promosi yang menghibur.

Lazada, dengan peringkat di posisi keempat, masih memegang posisi yang cukup solid dalam preferensi masyarakat saat Ramadan dengan persentase 34%. Salah satu kemungkinan alasan mengapa masyarakat menyukai belanja di Lazada selama bulan Ramadan adalah karena platform ini menawarkan berbagai macam produk dengan harga yang kompetitif dan diskon menarik.

Selain itu, keberagaman produk yang ditawarkan oleh Lazada juga menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen yang ingin mencari berbagai kebutuhan Ramadan, mulai dari pakaian, perlengkapan ibadah, hingga makanan khas Ramadan.

Meskipun demikian, platform-platform lain seperti Facebook/Instagram Shops, WhatsApp/Line for Business, Bukalapak, dan Blibli juga tetap menjadi pilihan bagi sebagian masyarakat dengan persentase yang cukup signifikan.

Hal ini menunjukkan bahwa preferensi belanja masyarakat selama Ramadan tidaklah monolitik, melainkan dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti ketersediaan produk, keamanan transaksi, serta pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan menghibur.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dalam era digital ini, masyarakat memiliki banyak pilihan platform belanja online yang disukai selama Ramadan, masing-masing dengan keunggulan dan daya tariknya sendiri. Dari Shopee yang menawarkan promosi besar-besaran hingga TikTok Shop yang memberikan pengalaman berbelanja yang unik dan interaktif, setiap platform berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan cara yang berbeda.

Penulis: Brilliant Ayang Iswenda
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Perusahaan Ideal Seperti Apa yang Dicari Gen Z?

Memiliki lingkungan kerja yang nyaman, mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan diri, dan memiliki bos yang baik jadi kriteria perusahaan ideal menurut Gen Z.

Inilah Data Kontribusi Suara Parpol di Pemilu 2024 Kepada Prabowo-Gibran

Gerindra dan PSI dominasi jajaran atas. Menarik, lebih dari 50% pemilih Perindo-Hanura memilih 02. Selain itu, sekitar 50% pemilih PPP-PKB turut memilih 02

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X