Pimpin Perolehan Piala Oscar 2024, Oppenheimer Koleksi 7 Piala

Oppenheimer berhasil panen Piala Oscar di 96th Academy Awards.

Pimpin Perolehan Piala Oscar 2024, Oppenheimer Koleksi 7 Piala Cillian Murphy memenangkan nominasi Best Actor di Piala Oscar 2024 | Rodin Eckenroth/Getty Images

Gelaran 96th Academy Awards sukses diadakan di Dolby Theatre, Los Angeles, 10 Maret kemarin. Oppenheimer menjadi film yang paling banyak membawa pulang piala dengan memenangkan 7 nominasi. 

Film arahan Christopher Nolan ini masuk ke dalam 13 nominasi, menjadi film dengan perolehan nominasi terbanyak. Ajang penghargaan tertinggi di industri film tersebut memiliki 23 nominasi, salah satunya kategori Best Picture yang dimenangkan Oppenheimer.

Oppenheimer menyabet 7 nominasi Piala Oscar 2024.
Oppenheimer menyabet 7 nominasi Piala Oscar 2024 | Goodstats

Oppenheimer berhasil memenangkan nominasi Best Picture, Best Actor, Best Supporting Actor, Best Director, Best Cinematography, Best Original Score, dan Best Editing.

Menyusul Oppenheimer, film Poor Things yang diperankan Emma Stone juga menyabet beberapa nominasi, yaitu Best Actress, Best Production Design, Best Costume Design, serta Best Makeup and Hairstyling. 

Sementara itu, film yang sempat ramai menarik perhatian, Barbie: What Was I Made For? hanya memenangkan satu nominasi, sebagai Best Original Song. Lagu yang juga berjudul “What Was I Made For” tersebut dinyanyikan oleh Billie Eilish.

Selain para pemenang, terdapat 41 film lainnya yang masuk dalam nominasi Piala Oscar 2024. Di antaranya, Maestro, Killers of The Flower Moon, Elemental, Spider-Man: Across The Spider-Verse, dan Indiana Jones and The Dial of Destiny.

Beberapa film dokumenter juga masuk dalam nominasi Documentary Feature Film, seperti Bobi Wine: The People’s President, The Eternal Memory, Four Daughters, dan To Kill A Tiger

The Last Repair Shop sebagai pemenang nominasi Best Documentary Short Film, bersanding dengan The ABCs of Book Banning, The Barber of Little Rock, Island in Between, dan Nai Nai & Wai Po.

Adapun, Oppenheimer mengambil latar waktu Perang Dunia II. Film ini mengisahkan Julius Robert Oppenheimer, seorang fisikawan yang membantu berakhirnya Perang Dunia II. Oppenheimer dikenal dengan keahliannya dalam pengembangan bom atom.

Hingga saat ini, Oppenheimer telah memenangkan 333 dari 355 nominasi. Tayang pada 2023 lalu, film yang diperankan Cillian Murphy ini telah menghasilkan lebih dari US$12,7 juta atau setara dengan Rp14 Triliun. 

Di Academy Awards tahun lalu, film Everything Everywhere All at Once mendapat penghargaan Best Picture. Pada 2022, Best Picture dimenangkan oleh film Coda, garapan Sian Herder.

Sebagai informasi, Academy Awards pertama kali diadakan pada 1929 dengan film Wings sebagai Best Picture. Pada tahun tersebut, Janet Gaynor masuk dalam nominasi Best Actress melalui 3 film sekaligus, yaitu 7th Heaven, Street Angel, dan Sunrise. Ia kemudian memenangkan nominasi tersebut melalui film 7th Heaven.

Penulis: Ajeng Dwita Ayuningtyas
Editor: Editor

Konten Terkait

Di Belakang Brasil, Indonesia Miliki Ragam Hayati Terbesar Kedua di Dunia

Indonesia menjadi rumah bagi beragam jenis tumbuhan dan hewan, negara mana saja yang miliki anugerah serupa?

Industri di ASEAN yang Paling Butuhkan Tenaga Kerja, Apa Saja?

Dari teknologi hingga finansial, berikut industri yang paling banyak membutuhkan tenaga kerja di Asia Tenggara.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X