Piala Presiden 2022 Siap Digelar, Miliaran Rupiah Hadiah dan Match Fee Disiapkan

Terkait hadiah, PSSI telah menyiapkan nominal sebesar 3 miliar rupiah untuk jawara Piala Presiden 2022.

Piala Presiden 2022 Siap Digelar, Miliaran Rupiah Hadiah dan Match Fee Disiapkan Penyerahan trofi pada jawara Piala Presiden 2018, Persija Jakarta | Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO

Turnamen pramusim jelang bergulirnya Liga 1 Indonesia musim 22/23 akan segera digelar. Setelah pada pramusim lalu diselenggarakan Piala Menpora, kini Piala Presiden kembali diandalkan sebagai turnamen pramusim setelah dua tahun absen karena pandemi Covid-19.

Dalam launching dan konferensi pers yang digelar Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Jakarta Senin (6/6) lalu, Piala Presiden dipastikan akan berlangsung selama 11 Juni-17 Juli 2022. Adapun sebanyak 18 tim Liga 1 akan diikutsertakan dalam turnamen ini dan terbagi ke dalam empat grup. Solo, Samarinda, Bandung, dan Malang ditunjuk sebagai tuan rumah tiap grup.

Grup A terdiri atas Persis, PSIS, Dewa United, Persita, dan PS Sleman, sedangkan Grup B terdiri atas Barito Putera, Persija, Rans Nusantara FC, Madura United, dan Borneo FC Samarinda.

Sementara itu, Grup C terdiri atas Persib, Bhayangkara FC, Bali United, dan Persebaya. Lalu, Grup D terdiri atas Arema FC, Persikabo 1973, PSM, dan Persik. Dua tim terbaik di tiap grupnya akan melaju ke babak perempat final yang akan digelar 2 Juli mendatang.

"Insyaallah Piala Presiden 2022 dimulai 11 Juni nanti di Stadion Manahan, Solo. Terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang sudah memberikan dukungan penuh PSSI untuk turnamen ini. Persiapan jelang turnamen ini sudah kami lakukan dengan baik, kami berharap Piala Presiden 2022 berjalan lancar, sukses, dan sesuai yang kami harapkan," ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dilansir situs resmi PSSI (6/6).

Nominal hadiah Piala Presiden 2022 untuk empat tim terbaik | GoodStats

Terkait hadiah, PSSI telah menyiapkan nominal sebesar 3 miliar rupiah untuk jawara Piala Presiden 2022. Untuk peringkat kedua akan mendapat 1,5 miliar rupiah dan dua semifinalis akan mendapat 500 juta rupiah. Angka hadiah untuk tim juara pada tahun ini sama dengan gelaran pada 2017 dan 2015, tetapi mengalami penurunan sebesar 300 juta dari gelaran 2019 dan 2018 lalu yang jawaranya mendapatkan hadiah sebesar 3,3 miliar rupiah.

Nantinya setiap klub juga akan mendapatkan biaya pertandingan di tiap laganya dari babak penyisihan hingga semifinal. Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru, Sujarno menyebut bahwa match fee di tiap pertandingan akan sebesar 200 juta rupiah. Rinciannya, tim pemenang akan mendapatkan 125 juta rupiah dan yang kalah akan menerima 75 juta rupiah. Apabila laga berakhir imbang, tiap tim mendapatkan hak masing-masing 100 juta rupiah.

Selain itu, setiap tim juga akan mendapatkan subsidi transportasi dan subsidi khusus untuk tuan rumah. Subsidi tersebut bernilai 100 juta rupiah untuk setiap tim dan untuk keempat tuan rumah akan mendapatkan 800 juta rupiah. Babak semifinal dan final Piala Presiden 2022 akan berlangsung selama dua leg. Semifinal akan berlangsung pada 6 dan 10 Juli, sedangkan babak final akan berlangsung pada 14 dan 17 Juli 2022.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Survei CSIS: Ridwan Kamil Jadi Tokoh Paling Strategis untuk Pimpin Jakarta
Artikel Selanjutnya 10 Klub Sepak Bola dengan Valuasi Tertinggi di 2022 Menurut Forbes
Konten Terkait