Perolehan Suara Pilpres 2024, Mayoritas Pemilih Berpendidikan Menengah dan Dasar Pilih Paslon Ini

Paslon nomor urut 02 unggul dalam perolehan suara Pilpres 2024 berdasarkan quick count yang dilakukan Litbang Kompas.

Perolehan Suara Pilpres 2024, Mayoritas Pemilih Berpendidikan Menengah dan Dasar Pilih Paslon Ini Dokumentasi debat Pilpres 2024 | Ricardo/JPPN

Euforia pesta demokrasi Pemilu 2024 masih hangat dirasakan. Setelah melalui hari pelaksanaan pemungutan suara pada 14 Februari kemarin, kini masyarakat Indonesia tengah antusias menunggu hasil real count KPU yang dijadwalkan dilakukan pada 15 Februari hingga 20 Maret 2024 mendatang.

Di samping itu, sejumlah lembaga survei telah mengeluarkan hasil penghitungan cepat atau quick count untuk mengetahui perolehan suara sementara Pemilu 2024.

Litbang Kompas baru-baru ini telah merilis hasil survei pasca-pencoblosan terkait perolehan suara paslon berdasarkan aspek demografis yang dilakukan terhadap 7.863 responden di 38 provinsi pada 14 Februari 2024 kemarin.

Pemilih Pilpres 2024 berdasarkan latar belakang pendidikan | Goodstats

Berdasarkan data hasil survei tersebut, mayoritas pemilih dengan status pendidikan menengah dan dasar memilih paslon nomor 02 Prabowo-Gibran.

Sementara itu, perolehan suara terbanyak paslon 01 Anies-Muhaimin berasal dari pemilih berlatar belakang pendidikan tinggi. Namun, persentasenya tidak lebih tinggi dari Prabowo-Gibran.

Kemudian, paslon nomor urut 03 Ganjar-Mahfud mendapat dukungan terbanyak dari pemilih berstatus pendidikan rendah sebanyak 17,4%.

Pemilih Pilpres 2024 berdasarkan status sosial ekomoni | Goodstats

Lebih lanjut, jika ditilik perolehan suara berdasarkan status sosial ekonominya, mayoritas pemilih dengan status menengah atas, menengah bawah, dan bawah menunjukan dukungan terhadap pasangan Prabowo-Gibran yang cukup signifikan dengan masing-masing perolehan suara lebih dari 50%.

Berbeda dengan Prabowo-Gibran, Anies-Muhaimin justru lebih tinggi mendapatkan dukungan dari pemilih berstatus sosial ekonomi atas dengan hasil 30,4%.

Sementara itu, pemilih pasangan Ganjar-Mahfud paling banyak berlatar belakang status sosial ekonomi bawah dengan perolehan 16,0%.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil quick count yang dilakukan Litbang Kompas ini menunjukkan perolehan suara pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka telah mencapai 58,73%, saat jumlah sampel masuk sebesar 88,45 persen.

Angka perolehan suara Prabowo-Gibran terpaut cukup jauh dengan kedua pasangan lainnya, yaitu Anies-Muhaimin yang mendapatkan 25,10% dan pasangan Ganjar -Mahfud 16,17%.

Penulis: Anissa Kinaya Maharani
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

7 Gempa Terbesar yang Pernah Terjadi di Indonesia

Indonesia sangat rentan terhadap gempa bumi karena letak geografisnya yang berada di Zona Gempa Pasifik.

6 PLTU Terbesar di Indonesia: Letak dan Kapasitasnya

Indonesia mengandalkan PLTU untuk sebagian besar kebutuhan listriknya. Temukan 6 PLTU terbesar di Indonesia, lengkap dengan lokasi dan kapasitasnya!

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X