Penampilan Efisien Kontingen Garuda di Pesta Olahraga Asia Tenggara

Meski hanya mengirim 499 atlet, kontingen garuda mampu meraup 241 medali. Di mana secara rasio, angkanya lebih tinggi dibanding 5 edisi sebelumnya.

Penampilan Efisien Kontingen Garuda di Pesta Olahraga Asia Tenggara RKh/Shutterstock

Gelaran SEA Games XXXI/2021 yang helat di Hanoi, Vietnam usai sudah. Walau sempat tersendat di awal-awal, Indonesia akhirnya menutup pesta olahraga terakbar di kawasan Asia Tenggara dengan finis di peringkat tiga klasemen akhir berkat perolehan 69 medali emas, 92 perak, dan 80 perunggu.

Indonesia berada di bawah Vietnam yang begitu perkasa dengan torehan 206 emas, 124 perak, dan 113 perunggu, serta Thailand di posisi kedua dengan 92 emas, 101 perak, 135 perunggu. Kontingen berada di atas Filipina (51-71-104), Singapura (47-46-73), dan Malaysia (39-45-90).

Jika patokannya adalah klasemen akhir, maka ranking ini adalah capaian terbaik yang pernah diraih Indonesia pada empat penyelenggaraan SEA Games terakhir. Dari segi jumlah, atlet yang dikirim Indonesia di SEA Games kali ini menjadi yang terkecil, yakni 499 atlet yang berkompetisi di 32 cabang olahraga (cabor) dari 40 total cabor.

Pemerintah Indonesia memang tidak secara tegas menyebut target medali. Namun beberapa kali mengungkapkan ingin menyamai atau mendekati torehan SEA Games 2019. Kala itu tim Merah Putih meraih 72 emas, 84 perak, dan 111 perunggu.

Secara jumlah medali memang di bawah torehan SEA Games 2019. Tetapi jika melihat jumlah atlet yang dikirim yang hanya 60 persennya saja, maka bisa dibilang SEA Games 2021 jauh lebih baik. Lebih tepatnya jauh lebih efisien. Atlet yang dikirim berkurang banyak, medali yang diraih hanya berbeda sedikit.

Kiprah Indonesia dalam ajang SEA Games 6 edisi terakhir | Hannah/GoodStats

Penulis: Iip M Aditiya
Editor: Editor

Konten Terkait

Indonesia Menjadi Salah Satu Tuan Rumah FIBA World Cup 2023 Bersama Filipina dan Jepang!

Indonesia menjadi tuan rumah bagi pertandingan Grup G dan H yang berlokasi di Indonesia Arena, Jakarta

Inilah Indonesia Arena, Venue Indoor Mewah Terbesar Milik Indonesia

Dibangun selama 18 bulan, Indonesia Arena siap menggelar kegiatan bertaraf internasional

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X