Pecah Telur! Spanyol Raih Juara Piala Eropa Terbanyak

Spanyol sukses sabet 4 gelar juara Piala Eropa. Sementara itu, Inggris masih nihil gelar.

Pecah Telur! Spanyol Raih Juara Piala Eropa Terbanyak Pemain Spanyol, Dani Carvajal Memeluk Trofi Piala Eropa 2024 di Jerman | AFP

Gelaran sepak bola terbesar di benua Eropa, Piala Eropa, atau populer disebut sebagai Euro 2024 telah terselesaikan pada Senin (15/7) dini hari WIB. Partai final kali ini mempertandingkan Spanyol dan Inggris. Pertandingan diadakan di Stadion Olimpiade Berlin, Jerman.

Pertandingan yang dihadiri oleh 65,6 ribu penonton ini berakhir dengan kemenangan dramatis Spanyol dengan skor 2-1. Gol pertama dicetak oleh Nico Williams pada menit ke-47. Inggris sempat menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat cetakan gol dari Cole Palmer di menit ke-73.

Secara mengesankan, Spanyol kembali unggul 13 menit kemudian melalui gol dari Mikel Oyarzabal di menit ke-86. Gol inilah yang membawa Spanyol menjadi juara di partai final Euro 2024 yang dipimpin oleh wasit Francois Letexier asal Prancis ini.

Pelatih Tim Nasional Spanyol Luis de la Fuente merasa bersyukur atas hasil tersebut, dan merasa bahwa pemainnya telah bermain sangat maksimal.

"Kami selalu bisa berkembang, itulah tujuan kami. Di tim ini kami selalu berpikir kami bisa menjadi lebih baik," kata de la Fuente mengutip CNN Indonesia.

Sementara itu, pelatih Tim Nasional Inggris Gareth Southgate merasa cukup terpukul dengan hasil ini dan merasa bahwa timnya tidak cukup mampu dalam mendominasi ball possession.

"Saya rasa Spanyol adalah tim terbaik di turnamen ini. Kami tidak cukup menguasai bola selama pertandingan, namun kami terus menguasai bola hingga sepuluh menit terakhir. Saya sungguh merasa hancur untuk semua orang," ujar Southgate dalam UEFA.

Dengan hasil tersebut, Southgate merasa bahwa ia belum akan pensiun dalam waktu dekat. Ia masih harus mendiskusikan hal pensiun ke pihak terkait.

”Saya rasa sekarang bukan waktu yang tepat untuk mengambil keputusan seperti itu (pensiun). Saya perlu bicara dengan orang yang tepat, (pensiun) itu bukan untuk saat ini,” ungkapnya dalam Kompas.

Spanyol Juara 4 Kali, Inggris Masih Nihil

Negara peserta Piala Eropa dengan gelar juara terbanyak, 1960-2024 | GoodStats

Hasil kemenangan Spanyol ini membuat La Furia Roja berhasil memperoleh gelar juara Piala Eropa untuk keempat kalinya. Sepanjang sejarah, Spanyol menjuarai Piala Eropa pada 1964 sebagai tuan rumah, 2008, 2012, serta tahun 2024 ini.

Spanyol pun sukses menyalip posisi Jerman sebagai pemegang gelar juara terbanyak. Jerman sendiri menyabet gelar juara pada 1972 sebagai Jerman Barat, kemudian di 1980, serta 1996.

Sementara itu, Inggris sendiri belum pernah menjadi juara Piala Eropa. Meskipun begitu, Inggris pernah menyandang juara kedua pada 2020 serta di 2024 ini.

Ronaldo Masih Jadi Pemain dengan Partisipasi Terbanyak

Pemain asal Portugal Cristiano Ronaldo masih bertengger di posisi teratas partisipasi terbanyak sepanjang Piala Eropa. Pemain legendaris ini tercatat bermain sebanyak enam kali di gelaran tahun 2004, 2008, 2012, 2016, 2020, hingga 2024. Ronaldo juga telah bermain di setidaknya 25 pertandingan, membuatnya menjadi pemain dengan penampilan terbanyak.

Peringkat kedua juga diisi oleh pemain Tim Nasional Portugal. Kali ini, Pepe tercatat di posisi tersebut dengan penampilan sebanyak lima kali, yaitu di 2008, 2012, 2016, 2020, serta 2024. Pepe tercatat bermain di 20 pertandingan Piala Eropa.

Sementara itu, terdapat enam pemain yang masuk pencetak gol terbanyak di Piala Eropa 2024, yakni Harry Kane, Georges Mikautadze, Jamal Musiala, Cody Gakpo, Ivan Schranz, dan Dani Olmo, masing-masing berhasil mencetak tiga gol.

Baca Juga: Daftar Pemain Tercepat dalam Euro 2024

Penulis: Pierre Rainer
Editor: Editor

Konten Terkait

Naik Ranking Pasca Tahan Arab Saudi, Ini Poin FIFA Terkini Indonesia

Indonesia membawa poin pertamanya dalam perjalanan menuju Piala Dunia 2026. Pelatih Shin Tae-yong sebut akan menghadirkan kejutan lainnya.

Cek Top Scorer Sementara Piala AFF U-19, Ada Indonesia?

Indonesia catatkan total 8 gol pada AFF U-19 per 21 Juli 2024, Iqbal Gwijangge masuk daftar atas top scorer.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook