Negara-Negara Terbersih di Dunia, Ada yang Pernah Kamu Kunjungi?

Berikut daftar negara-negara terbersih di dunia berdasarkan peraihan skor EPI yang tinggi tahun 2022.

Negara-Negara Terbersih di Dunia, Ada yang Pernah Kamu Kunjungi? Ilustrasi Negara Bersih. Sumber: Freepik

Lingkungan tempat tinggal yang bersih kini menjadi harapan bagi semua orang di dunia. Setelah beberapa waktu lalu ramai pemberitaan mengenai kualita udara yang memburuk di beberapa wilayah di Indonesia, banyak orang menyoroti mengenai permasalah polusi serta perubahan iklim yang terjadi.

Tentu hal ini menunjukkan bahwa kualitas udara yang baik, penangangan limbah dan sanitasi yang bagus, dan lingkungan tempat tinggal yang bersih menurpakan dambaan semua orang. Berdasarkan laporan dari Environmental Performance Index (EPI), ada beberapa negara yang mendapatkan julukan sebagai negara terbersih di dunia, karena mencapai skor EPI yang tinggi melalui survey. Berikut daftar negara-negara terbersih di dunia berdasarkan peraihan skor EPI yang tinggi tahun 2022.

  1. Denmark

Sumber: State Department

Denmark menempati posisi pertama sebagai negara terbersih di dunia dengan skor EPI 77,9 dari 100. Tentu dengan skor yang terbilang cukup tinggi tersebut membuat Denmark dinobatkan sebagai negara paaling bersih dan paling ramah lingkungan versi Environmental Performance Index tahun 2022. Negara ini dikatakan unggul dalam beberapa kategori, seperti kawasan perlindungan laut dan pengolahan air limbah.

  1. Inggris

Sumber: EduBridge

Posisi kedua ditempati oleh Inggris yang meraih skor EPI sebesar 77.7 dari 100. Dengan jumlah penduduk yang cukup banyakm yaitu sekitar 67,25 juta jiwa, skor tersebut sangat mengesankan bagi negara ini. Inggris memiliki nilai yang sempurna dalam kualitas air minu, sanitasi, serta kebijakan dalam emisi polusi.

  1. Finlandia

Sumber: Bisnis Style

Negara yang terkenal sebagai Negeri Seribu Danau ini menempati posisi ketiga dengan skor EPI sebesar 76.5. Selain mendapatkan julukan sebagai salah satu negara terbersih di dunia, Finlandia juga menjadi negara paling bahagia dengan kualitas udara yang terbaik di dunia menurut data yang dimiliki oleh WHO.

  1. Malta

Sumber: Malta Holidays 2023

Negara kepulauan kecil yang terletak di Laut Mediterania ini memperoleh skor EPI sebesae 75.2 dari 100. Terkenal dengan pantainya yang indah dan banyaknya situs bersejarah kuno dari abad pertengahan, negara ini  juga unggul dalam sanitasi, air minum, serta pembuangan emisi gas berbahaya.

  1. Swedia

Sumber: EduBridge

Dengan skor EPI sebesar 72.7, Swedia menjadi negara terbersih di dunia posisi kelima. Ibukotanya, Stockholm, merupakan salah satu kota yang paling ramah lingkungan di kawasan Eropa. Dengan peran Komisi Kebijakan Energi Swedia yang memiliki target mengenai energi terbarukan, semua transportasi publik kereta dan bus yang ada di negara tersebut menggunakan bahan bakar terbarukan.

Penulis: Zalfa Ghina Khairunnisa
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Kecepatan Internet Indonesia Terendah Ke-2 di Asia Tenggara

Median kecepatan unduh internet mobile Indonesia terendah kedua di Asia Tenggara hanya sebesar 28,35 Mbps per Juni 2024.

Sektor Bisnis Paling Banyak Diserang Ransomware Global 2024

Sektor layanan bisnis menjadi sektor dengan serangan ransomware terbanyak global di Kuartal II 2024, totalnya mencapai 305 kasus.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook