Negara dengan Jaminan Hari Tua Terbaik, Apakah Indonesia Termasuk?

Belanda berada pada urutan pertama dengan skor (85), sebagai Negara dengan jaminan hari tua terbaik versi Global Mercer CFA Institute 2023.

Negara dengan Jaminan Hari Tua Terbaik, Apakah Indonesia Termasuk? Ilustrasi Lansia |unsplash.com/@carolinehdz

Melansir data Indeks pensiun Global Mercer CFA Institute tahun 2023, menobatkan negara Belanda sebagai negara dengan jaminan hari tua terbaik, dan menobatkan Argentina di urutan terbawah dari total 47 negara di dunia dari sistem pensiunnya. Lantas Indonesia ada diurutan berapa?

Indonesia mendapatkan skor rata-rata 51,8 yang berada di peringkat 41 sangat jauh dari skor ideal negara-negara lainnya, adapun rincian nilainya sebagai berikut. 

  1. Adequacy (Benefit jaminan hari tua, bantuan pemerintah, seberapa aset bertumbuh saat jaminan dicairkan) = 41,6
  2. Sustainability (Total aset, utang pemerintah, biaya yang dicover jaminan hari tua) = 50,6
  3. Integrity (Biaya pelaksanaan yang dikeluarkan pemerintah, regulasi jaminan hari tua, pengelolaan jangka panjang) = 69,8

Sistem jaminan hari tua di Indonesia

Jaminan hari tua di Indonesia diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Didalamnya mengatur tentang iuran JHT, benefit JHT, pencairan JHT. Global Mercer memberikan beberapa saran terhadap sistem JHT Indonesia diantaranya:

  • Perlu adanya nilai minimal bantuan hari tua bagi penduduk miskin
  • Meningkatkan jumlah peserta JHT, agar dana dan aset jadi lebih banyak.
  • Memperbaiki sistem JHT di sektor swasta
  • Meningkatkan komunikasi antara peserta dengan kebijakan JHT

Lain cerita bagi negara-negara yang mempunyai indeks jaminan hari tua terbaik. Global Mercer CFA Institute dalam rilisnya menobatkan 7 negara dengan jaminan hari tua terbaik.

7 Negara dengan Sistem Pensiun Terbaik di Dunia tahun 2023 | GoodStats7 Negara dengan Sistem Pensiun Terbaik di Dunia tahun 2023 | GoodStats

1. Belanda

Belanda menempati urutan pertama dengan total nilai indeks 85 di 2023. Belanda mempunyai dana pensiun dasar Rp21,5 juta untuk semua pekerja di berbagai industri. Nilai indeks pensiun di Belanda dapat ditingkatkan dengan: mengurangi tingkat utang rumah tangga, meningkatkan partisipasi angkatan kerja pada usia lanjut seiring dengan meningkatnya harapan hidup.

2. Islandia

Posisi kedua jatuh kepada Islandia dengan total nilai indeks 83,5. Sistem pendapatan pensiun di Islandia terdiri dari skema pensiun swasta, dan pensiun pribadi sukarela. Nilai indeks pensiun di Islandia dapat ditingkatkan dengan: memperkenalkan pengaturan untuk melindungi seluruh kepentingan pensiun kedua belah pihak dalam perceraian.

3. Denmark

Pada urutan ketiga, ada Denmark dengan total nilai indeks 81,3. Dana pensiun dasar Rp15,5 juta per bulan, dan bantuan tambahan bagi pensiunan suami-istri.

4. Israel

Israel mendapatkan total nilai indeks 80,8 dengan jaminan hari tua Rp34,2 per bulan, dan dana pensiun Rp73,4 juta per tahunnya.

5. Australia

Australia berada di posisi kelima dengan total nilai indeks 77,3  dengan sistem pensiun yang dibayar dari pendapatan umum pemerintah, iuran wajib pemberi kerja yang dibayarkan ke  sektor swasta, kontribusi sukarela tambahan dari pemberi kerja, karyawan, atau wiraswasta yang dibayarkan ke dalam program sektor swasta.

6. Finlandia

Finlandia mendapatkan skor indeks 76,6. Nilai indeks dapat ditingkatkan dengan: meningkatkan tingkat tabungan rumah tangga dan mengurangi tingkat hutang rumah tangga, meningkatkan jumlah iuran wajib yang disisihkan untuk masa depan Keuntungan pensiun.

7. Singapura

Terakhir, ada Singapura dengan skor yang tidak jauh berbeda dengan Finlandia yakni sebesar 76,3.

Penulis: Annisa Rahayu
Editor: Editor

Konten Terkait

Target Pembangunan Indonesia Tahun 2025, Kemiskinan Harus Turun 8%

Pemerintah Indonesia telah menetapkan sasaran pembangunan untuk periode 2025 dengan fokus pada penurunan tingkat kemiskinan sebesar 8%.

Ini Harga BBM Pertamina Juni 2024, Apakah Naik?

Pertamina masih berusaha menjaga stabilitas ekonomi dan membantu masyarakat dalam menghadapi tekanan ekonomi global.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X