Museum-Museum Terpopuler di Indonesia, Mana yang Menarik Perhatianmu?

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Populix tahun 2022 lalu, ada empat museum paling populer di Indonesia. Berikut daftarnya

Museum-Museum Terpopuler di Indonesia, Mana yang Menarik Perhatianmu? Museum Angkut. Sumber: Wonderful Image

Semua orang pasti tidak asing dengan museum. Dikenal sebagai tempat yang difungsikan untuk menjadi tempat penyimpanan, perawatan, hingga pelestarian hasil budaya ini kini banyak digunakan untuk berbagai macam kegiatan. Mulai dari rekreasi hingga kepentingan dalam ranah edukasi dan kegiatan penelitian bisa dilakukan di museum.

Dengan keberadaan museum yang sangat penting, Pemerintah Indonesia memiliki peraturan yang isinya mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan museum. Dilansir dari situs resmi Ditjen Kebudayaan Indonesia, peraturan tersebut adalah Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 1995.

Berdasarkan peraturan tersebut, dijelaskan bahwa pengertian museum adalah lembaga, tempat penyimpanan, perawatan, pengamanan dan pemanfaatan benda-benda bukti materiil hasil budaya manusia serta alam dan lingkungannya guna menunjang upaya perlindungan dan pelestarian kekayaan budaya bangsa.

Berdasarkan koleksinya, museum terbagi menjadi dua jenis, yaitu museum umum dan museum khusus. Museum dengan koleksi berupa kumpulan bukti material manusia atau lingkungannya yang berkaitan dengan berbagai cabang seni, disiplin ilmu, dan teknologi termasuk ke dalam jenis museum umum.

Sebaliknya, museum dengan koleksi berupa kumpulan bukti material manusia atau lingkungannya yang hanya berkaitan dengan satu cabang seni, satu cabang ilmu, atau satu cabang teknologi saja termasuk ke dalam jenis museum khusus.

Dengan eksistensinya yang kini meningkat di kalangan masyarakat, museum menjadi salah satu tempat destinasi wisata, terlebih ketika mengunjungi wilayah yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Populix tahun 2022 lalu, ada empat museum paling populer di Indonesia. Berikut daftarnya.

  1. Museum Fatahillah

Sumber: Jakarta Tourism

Museum Fatahillah ini memiliki nama resmi Museum Sejarah Jakarta. Museum yang menjadi ikon bagi Kawasan Kota Tua ini dibuka secara resmi pada tahun 1974 dan memberikan perjalanan kilas balik ketika masa lalu kolonial kota berada. Koleksi dalam museum ini mayoritas adalah peninggalan-peninggalan masyarakat Belanda yang perna bermukim di Batavia sejak awal abad XVI.

  1. Museum Geologi

Sumber: Pemkot Bandung

Museum yang berada di Bandung ini menawarkan pengalaman melihat koleksi berupa materi-materi geologi, seperti batuan hingga mineral. Bagi masyarakat yang tertarik dengan dinosaurus dan fosil zaman purba, museum ini akan menjadi destinasi yang cocok untuk dikunjungi. Semua koleksi yang ada dalam museum ini merupakan hasil dari pengumpulan selama kerja langan di Indonesia sejak tahun 1850.

  1. Museum Nasional Indonesia

Sumber: Jakarta Tourism

Museum yang sering disebut dengan Museum Gajah ini terletak di Jakarta Pusat. Museum ini banyak mengoleksi benda-benda kuno yang terkumpul dari seluruh penjuru Nusantara. Dengan jumlah koleksi yang telah mencapau kurang lebih 140 ribu buah, hal tersebut membuat museum ini dikenal dengan museum yang terlengkap di Indonesia. Museum Nasiona Indonesia pun dulunya menyimpan naskah-naskah manuskrip kuno yang kini telah disimpan di Perpustakaan Nasional.

  1. Museum Angkut

Sumber: Aneka Tempat Wisata

Museum Angkut adalah museum transportasi dan dikenal sebagai tempat wisata modern yang berada di Jawa Timur. Museum ini memiliki lebih dari 300 koleksi jenis angkutan tradisional hingga modern. Museum ini juga menwarkan banyak fasilitas yang menarik, seperti simulasi menerbangkan pesawat dan simulasi mengemudikan mobil balap. Selain itu, Museum Angkut juga menghadirkan parade mobil dan kostum setiap harinya di jam tertentu bagi para pengunjung. Penampilan dari pengemudi profesional pun dihadrikan untuk menambah keseruan di museum ini sehingga menjadi salah satu museum favorit dan populer di Indonesia.

Penulis: Zalfa Ghina Khairunnisa
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Bukan Kereta Api, Pesawat Jadi Angkutan Umum Terbanyak Digunakan Saat Mudik Lebaran 2024

Pada H-2 Lebaran, pengguna angkutan umum Lebaran 2024 terbanyak adalah pesawat sebanyak 274.967 orang atau 28,93 persen dari total penumpang angkutan umum.

Ada Lebih dari 10 Ribu Puskesmas di Indonesia, Terbanyak di Jawa Barat

Jawa Barat mempunyai puskesmas terbanyak di Indonesia, totalnya melebihi 1.000 unit. Meski begitu, distribusi puskesmas di Indonesia masih belum merata.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X