Scoopy Jawara Motor Favorit Orang Indonesia di Kelas Matik Entry Level

Pangsa pasar motor matik atau scooter semakin mendominasi di Indonesia, produk Honda jadi primadona.

Scoopy Jawara Motor Favorit Orang Indonesia di Kelas Matik Entry Level Ilustrasi motor matik | Instagram/welovehonda_id

Sebanyak 58% penyumbang jumlah pengguna kendaraan sepeda bermotor berasal dari kawasan Asia Pasifik dan kawasan Asia lainnya seperti Asia Selatan dan Timur.

Indonesia sendiri menjadi negara ketiga dengan pengguna kendaraan sepeda bermotor terbanyak di dunia mencapai 85%, setelah Thailand di posisi pertama (87%) dan Vietnam di posisi kedua (86%).

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan motor untuk pasar domestik sepanjang 2023 mencapai 6,2 juta unit. Angka ini naik 19,44% dibandingkan tahun 2022 yang terjual sebanyak 5.2 juta unit.

Adapun jenis motor yang paling begitu diminati konsumen tanah air adalah motor scooter atau matik. Penjualan motor matik mencapai 89,73%, sedangkan underbone mewakili 5,19% dan sport 5,08%.

Pangsa pasar motor di Indonesia awal 2024 GoodStats

Bahkan, pada awal tahun 2024, pangsa pasar motor matik di Indonesia naik menjadi 90,55%. Perbedaan persentasenya cukup signifikan dengan motor underbone sebanyak 4,87% dan sport 4,58%.

Diproyeksikan pula penjualan kendaraan sepeda motor akan semakin meningkat di tahun 2024 ini. Salah satu faktornya adalah pertumbuhan ekonomi nasional yang dinilai konsisten di level 5%, juga penurunan suku bunga yang diyakini akan mendongkrak kinerja penjualan motor domestik.

Tak hanya karena praktis, salah satu alasan lainnya motor matik mendominasi populasi sepeda motor adalah karena varian motor matik yang sangat beragam.

Varian motor matik favorit masyarakat Indonesia

Menurut hasil survei yang dilakukan GoodStats beberapa waktu lalu terkait penggunaan kendaraan sepeda bermotor, produk motor favorit masyarakat Indonesia kategori kelas matik entry level (110-125 CC) adalah produk dari Honda dengan varian Scoopy menjadi primadona. Kemudian varian Beat menduduki posisi kedua dan disusul oleh Vario.

Lalu disusul varian Lexi, Fazzio, FreeGo, dan X-Ride yang merupakan produk dari Yamaha.

Sebagai informasi tambahan, survei tersebut dilakukan GoodStats dengan metode online menggunakan panel responden terhadap 1.023 responden.

Penulis: Anissa Kinaya Maharani
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Menormalisasi Skincare bagi Kaum Pria

Tidak hanya wanita, skincare dibutuhkan oleh semua kalangan, termasuk laki-laki. Bahkan penggunaan skincare justru lebih dibutuhkan oleh laki-laki.

Makin Banyak Orang Pakai Mobil Listrik Saat Mudik Lebaran, Ini Buktinya!

Berdasarkan laporan PLN, jumlah transaksi mobil listrik di stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) naik lima kali lipat saat mudik Lebaran 2024.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X