Merek Cokelat Favorit Masyarakat Indonesia 2021, Cocok untuk Hadiah Valentine

Memberikan cokelat kepada orang tersayang sudah menjadi hal yang identik dan lumrah dilakukan saat Valentine's Day termasuk di Indonesia.

Merek Cokelat Favorit Masyarakat Indonesia 2021, Cocok untuk Hadiah Valentine Ilustrasi cokelat | Ivan Kislitsin/Shutterstock

Peringatan Hari Kasih Sayang atau Valentine’s Day yang jatuh setiap tanggal 14 Februari identik dengan cokelat. Kegiatan memberikan cokelat kepada orang-orang tersayang menjadi kebiasaan yang kini lazim setiap tahunnya.

Mengutip dari Kompas.com, cokelat merupakan simbol kasih sayang, kenyamanan, dan sensualitas. Asal muasal cokelat melekat dengan Valentine’s Day sudah dimulai sejak zaman suku Maya. Umumnya, bangsa Maya menggunakan cokelat dalam upacara keagamaan seperti upacara pernikahan.

Cokelat kemudian menyebar ke Eropa pada abad ke-16. Kemudian, sekitar tahun 1840 Valentine’s Day diusulkan sebagai hari libur di sebagian besar wilayah di Eropa. Kehadiran cokelat sebagai hadiah bagi pasangan di Valentine’s Day tidak terlepas dari kontribusi pengusaha coklat di Eropa di antaranya Richard Cadbury dan perusahaan JS Fry & Sons.

Tercetuslah beragam inovasi produk-produk coklat batang dengan variasi seperti cokelat dalam kotak berbentuk hati dengan hiasan mawar dan cupid yang cocok dijadikan sebagai hadiah untuk diberikan kepada orang yang dikasihi pada Valentine’s Day. Cokelat pun kian populer dan menjadi pilihan utama hadiah pada hari kasih sayang termasuk di Indonesia.

Survei Top Brand Award yang dilakukan oleh Frontier Group telah merilis daftar merek cokelat favorit masyarakat Indonesia pada fase 2 tahun 2021. Survei ini melibatkan responden sebanyak 12.000 orang berusia 15 – 65 tahun yang terdiri dari 8.000 sampel random, 1.800 sampel random retail, dan 2.200 sampel booster.

Hasil survei ini digunakan untuk menentukan performa serta penetrasi merek di pasar Indonesia. Berikut merupakan daftar merek cokelat favorit masyarakat Indonesia pada tahun 2021.

Merek cokelat favorit masyarakat Indonesia tahun 2021 | Angelia/GoodStats
Kenalkan Cokelat Krakakoa, Produk Lokal dengan Cita Rasa Internasional

1. Silverqueen

Silverqueen menempati urutan pertama merek cokelat favorit masyarakat Indonesia pada tahun 2021 dengan top brand index (TBI) sebesar 52,8 persen.

Meskipun turun 8,9 persen dibandingkan tahun 2020, merek cokelat asli Indonesia ini tetap konsisten mempertahankan posisi pertama klasemen cokelat batang favorit di Indonesia. Persentase penjualan cokelat merek ini masih jauh melampaui merek cokelat lainnya yang beredar di Indonesia.

Silverqueen awalnya diproduksi di Garut, Jawa Barat di bawah PT Petra Food. Oleh karena meningkatnya jumlah pemesanan cokelat saat Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955, pabrik cokelat yang berubah nama menjadi Delfi Limited ini pindah markas ke Bandung, Jawa Barat.

Produk Silverqueen dapat dengan mudah ditemukan di seluruh penjuru daerah Indonesia, mulai dari toko kelontong kecil hingga supermarket. Beberapa varian cokelat Silverqueen di antaranya cashew, almond, fruit & nuts, dark chocolate, very berry yoghurt, dan green tea matcha.

2. Cadbury

Cadbury menempati posisi ke-2 dengan persentase TBI sebesar 18,4 persen. Persentase ini meningkat 5,4 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Cadbury merupakan perusahaan cokelat multinasional asal Inggris. Perusahaan ini menjadi salah satu pelopor penjualan cokelat sebagai hadiah untuk pasangan dan terkenal dengan produk dairy milk chocolate yang memiliki tekstur lembut.

Cokelat merek Cadbury yang beredar di Indonesia memiliki beberapa varian di antaranya plain, cashew nut, fruit & nut, oreo, dan black forest.

Cerita Asal Mula SilverQueen, Cokelat Batangan Populer Asal Garut

3. Delfi

Posisi ke-3 diraih oleh produk cokelat Delfi dengan persentase TBI sebesar 7,7 persen. Capaian ini sedikit menurun dibandingkan tahun 2020 yang memiliki persentase sebesar 7,9 persen.

Cokelat yang masih satu pabrik dengan Silverqueen ini memiliki beberapa varian di antaranya almond, cashew, dairy milk, serta fruit & nut.

4. Toblerone

Toblerone menduduki posisi ke-4 yang memiliki persentase TBI sebesar 2,8 persen. Persentase ini naik dibandingkan tahun sebelumnya yang memiliki TBI sebesar 1,9 persen.

Perusahaan cokelat asal Swiss ini dikenal dengan produk cokelat berbentuk segitiga yang melambangkan Gunung Matterhorn dari Pegunungan Alpen.

Ciri khas dari cokelat ini ialah kandungan nougat di dalam produknya beserta dengan kacang dan madu. Adapun varian cokelat Toblerone di antaranya ialah dark chocolate dan white chocolate.

Terlepas dari daftar di atas, masih banyak lagi merek cokelat yang beredar di Indonesia. Variasinya pun kian beragam, tidak hanya perusahaan besar namun usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pun turut berkecimpung dalam usaha cokelat di Indonesia. Jadi, apa cokelat favorit kalian?

Ragam Merek Cokelat Lokal yang Tak Kalah dari Produk Impor, Cocok untuk Hadiah Valentine

Penulis: Diva Angelia
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya Formula E Hadir di Jakarta, Apa Bedanya dengan Formula 1
Artikel Selanjutnya Menilik Ambisi Indonesia dalam Industri Kendaraan Listrik
Konten Terkait