All England 2022: Indonesia Boyong 22 Pemain, India Kirim Wakil Terbanyak

Tahun ini, All England akan diselenggarakan di Utilita Arena Birmingham, Inggris pada 16-20 Maret.

All England 2022: Indonesia Boyong 22 Pemain, India Kirim Wakil Terbanyak Jonatan Christie menjadi salah satu atlet yang akan bertanding pada All England 2022 | Farrel Arissa/Shutterstock

Gelaran Kejuaraan Bulu Tangkis Inggris Terbuka atau yang akrab disebut sebagai All England merupakan salah satu kejuaraan bulu tangkis tertua di dunia yang telah dilaksanakan sejak 1899. Pada tahun ini, All England akan diselenggarakan di Utilita Arena Birmingham, Inggris pada 16-20 Maret.

Sekitar 424 perwakilan dari 41 negara dan 5 nomor lomba akan memperebutkan total hadiah 1 juta dolar AS. All England juga termasuk bagian dari BWF World Tour Super 1000, sehingga podium turnamen ini layak dianggap prestisius oleh para atlet badminton dunia. Lalu, siapa 10 negara yang mengirim wakil terbanyak pada gelaran ini?

10 negara dengan wakil terbanyak pada All England 2022 | GoodStats

1. India

India menjadi negara dengan wakil terbanyak pada gelaran kali ini. Tak tanggung-tanggung, negara ini mengirim total 49 atletnya dengan rincian 9 tunggal putra, 14 tunggal putri, 10 ganda campuran, dan masing-masing 8 wakil pada ganda putra dan putri.

Ada dua wakil India yang diunggulkan pada All England kali ini, yakni pasangan Shetty/Rankireddy (unggulan ke-5) pada nomor ganda putra dan Pusarla V. Sindhu (6) pada nomor tunggal putri.

2. Denmark

Denmark menjadi negara eropa dengan wakil terbanyak pada gelaran All England kali ini. Tercatat, negara ini mengirim 32 wakilnya dengan rincian 9 tunggal putra, 5 tunggal putri, 6 ganda putra, 5 ganda putri, dan 7 ganda campuran.

Sektor tunggal dan ganda putra dianggap menjadi fokus dari Denmark untuk merebut podium mengingat ada nama Viktor Axelsen (1) dan Anders Antonsen (3) pada tunggal putra dan pasangan Astrup/Rasmussen (7) pada sektor ganda putra.

3. Inggris

Sang tuan rumah menjadi negara ketiga yang mengirim wakil terbanyak pada turnamen ini, yakni total 25 wakil dengan rincian 4 tunggal putra, 5 tunggal putri, 6 ganda putra, 3 ganda putri, dan 7 ganda campuran. Pasangan Marcus Ellis/Lauren Smith (6) menjadi satu-satunya wakil Inggris yang masuk dalam kategori pemain unggulan pada sektor ganda campuran.

4. Jerman

Sang kuda hitam, Jerman mengirim total 24 wakilnya pada gelaran All England kali ini. 24 wakil tersebut antara lain 7 tunggal putra, 5 ganda putra, 6 ganda campuran, dan masing-masing 3 wakil pada tunggal dan ganda putri.

Meskipun tidak ada atlet Jerman yang berstatus pemain unggulan pada turnamen kali ini, tetapi nama-nama seperti Yvonne Li pada sektor tunggal putri dan pasangan Mark Lamsfuss/Isabel Lohau pada ganda campuran patut menjadi perhatian.

5. China

Kampiun All England 2019 pada tiga nomor, China mengirim 22 wakil pada gelaran kali ini, antara lain masing-masing 5 wakil pada sektor tunggal putra dan putri, serta masing-masing 4 wakil pada sektor ganda putra, putri, dan campuran.

Pemain China yang masuk ke dalam kategori unggulan tersebar di tiga sektor, antara lain Chen Yu Fei (3) dan He Bing Jiao (8) pada tunggal putri, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (1) pada ganda putri, serta Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (2) dan Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping (3) pada ganda campuran.

6. Indonesia

Serupa dengan China, Indonesia juga mengirim 22 wakilnya pada gelaran kali ini dengan rincian 4 tunggal putra, 2 tunggal putri, 6 ganda putra, 4 ganda putri, dan 6 ganda campuran.

Nama-nama kondang seperti Anthony Ginting (5), Jonatan Christie (7), Kevin/Gideon (1), Hendra/Ahsan (2), dan Fajar Alfian/Rian Ardianto (6), Greysia Polii/Apriyani Rahayu (6), Jordan/Melati (5) menjadi unggulan Indonesia pada sektornya masing-masing.

Tim Indonesia juga diharapkan dapat membalaskan "dendam" para pencinta bulu tangkis nasional dengan membawa pulang gelar pada All England kali ini, setelah tahun lalu seluruh wakil Indonesia dipaksa mundur dari gelaran bergengsi ini oleh BWF karena tim Indonesia dianggap satu pesawat dengan penumpang yang terinfeksi Covid-19.

7. China Taipei

Negara unggulan lain, China Taipei mengirim 20 wakilnya pada All England kali ini dengan rincian 6 tunggal putra, 5 tunggal putri, 5 ganda putra, 3 ganda putri, dan 1 ganda campuran.

Ada dua wakil China Taipei yang dianggap berbahaya dan masuk ke dalam kategori pemain unggulan, antara lain Chou Tien Chen (4) pada tunggal putra dan Tai Tzu Ying (1) pada tunggal putri.

Sayangnya, peraih emas nomor ganda putra pada Olimpiade Tokyo 2020 asal China Taipei, Lee Yang/Wang Chi-lin harus absen pada All England kali ini karena menyatakan mundur pada (18/2) lalu.

8. Prancis

Negara eropa lainnya, Prancis membawa 20 wakilnya pada All England 2022 dengan rincian 7 tunggal putra, 1 ganda putri, dan masing-masing 4 pada sektor tunggal putri, ganda putra, dan ganda campuran. Pasangan Thom Gicquel/Delphine Delrue (8) dari sektor ganda campuran menjadi satu-satunya wakil Prancis yang masuk ke dalam ketegori unggulan pada turnamen ini.

9. Malaysia

Malaysia menjadi negara Asia Tenggara kedua yang mengirim wakil terbanyak pada gelaran All England 2022, yakni 20 wakil dengan rincian 5 tunggal putra, 7 ganda putra, 2 ganda putri, dan 6 ganda campuran. Sementara itu, Malaysia tidak mengirim wakil tunggal putrinya pada turnamen kali ini.

Nama-nama tersohor seperti kampiun tunggal putra All England tahun lalu, Lee Zii Jia (6), pasangan Chia/Soh (4) dan Teo/Ong (8) dari ganda putra, dan pasangan Tan Kian Mei/Lai Pei Jing (7) dari ganda campuran akan menjadi unggulan Malaysia pada turnamen ini.

10. Jepang

Juara bertahan 4 sektor sekaligus pada All England 2021, Jepang menjadi negara kesepuluh dengan wakil terbanyak pada turnamen ini, yakni 19 wakil dengan rincian 4 tunggal putra, 4 tunggal putri, 3 ganda putra, 5 ganda putri, dan 3 ganda campuran.

Pada sektor tunggal putra, Kento Momota (2) masih menjadi unggulan bagi Jepang, sedangkan pada tunggal putri, Jepang membawa unggulan kedua dan kelima, Akane Yamaguchi (2) dan Nozomi Okuhara (5) sang kampiun All England 2021.

Hoki/Kobayashi (3) menjadi unggulan Jepang dalam ganda putra, sedangkan tiga ganda putri Jepang menjadi unggulan pada turnamen ini, antara lain Fukushima/Hirota (4), Nagahara/Matsumoto (5), dan Shida/Matsuyama (7).Sementara itu, kampiun All England 2021 sektor ganda campuran, Yuta Watanabe/Arisa Higashino menjadi unggulan keempat pada turnamen ini.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya Mengintip Koleksi Tank Negara ASEAN Tahun 2022
Artikel Selanjutnya Indonesia peringkat 2 Pemilik Rekening Bank Digital Terbanyak di Dunia 2021
Konten Terkait