Mengukur Performa 5G di Indonesia

Jaringan sinyal 5G adalah teknologi yang tergolong baru di Indonesia. Sinyal 5G dikatakan memiliki koneksi yang jauh lebih baik dari 4G.

Mengukur Performa 5G di Indonesia Ilustrasi Koneksi Internet | Unsplash/franckinjapan

Jaringan sinyal 5G adalah teknologi yang tergolong baru di Indonesia. Sinyal 5G dikatakan memiliki koneksi yang jauh lebih baik dari 4G yang merupakan generasi jaringan sinyal sebelumnya. Pernyataan tersebut seakan menjawab, mengapa gawai cerdas terbaru yang kini dijual banyak yang menawarkan teknologi jaringan sinyal 5G. 

Namun, tentu saja hal tersebut hanya akan menjadi klaim sepihak jika belum dibuktikan secara nyata oleh para penggunannya. Untuk itu, setelah usai melakukan riset perihal kinerja 5G di Indonesia, 1 Desember lalu Opensignal merilis data perihal kinerja 5G dan perbandingannya dengan sinyal WiFi dan 4G dalam berbagai aspek.

Kecepatan download dan upload 5G, 3x lebih cepat dari 4G

Berdasarkan data Opensignal, jaringan sinyal 5G tercatat lebih cepat 3,3 kali dari sinyal 4G. Hal tersebut ditunjukkan dengan rata-rata kecepatan download 5G yang berada di angka 56,4 Mbps, sementara kecepatan download 4G hanya berada di angka 17 Mbps. Rata-rata kecepatan download jaringan sinyal WiFi juga tercatat berada jauh di bawah 5G dengan rata-rata kecepatan di angka 14,6 Mbps.

Internet bukan hanya perihal download, kecepatan upload yang tinggi juga diperlukan. Opensignal mencatat bahwa rata-rata kecepatan upload jaringan sinyal 5G jauh lebih cepat 3,1x dari kecepatan upload 4G. Rata-rata kecepatan upload 5G berada di angka 19,6 Mbps sementara 4G hanya berada di angka 7,7 Mbps. Sementara itu rata-rata kecepatan upload 4G lebih cepat 22,2 Mbps dibanding rata-rata kecepatan upload WiFi yang hanya 6,3 Mbps.

Mengukur kecepatan 5G dari bermain game real-time

Berdasarkan skor dari OpenSignal, 5G menjadi jaringan terbaik untuk bermain game dengan skor 67,4 yang masuk dalam kategori Very Good. Sementara itu, skor untuk bermain game secara real-time dengan sinyal 4G berada di angka 44,9 lebih baik dari performa yang ditawarkan oleh WiFi untuk bermain game yang memiliki skor di angka 42,6.

Mengukur Performa 5G dengan Performa Streaming Video

Selain bermain game, streaming video juga menjadi cara tepat untuk menilik performa 5G.  Berdasarkan skor dari Opensignal, performa 5G untuk streaming video berada di angka 67,4  dengan predikat very good. Sementara itu, 4G dan WiFi mendapat skor masing-masing di angka 44,9 dan 42,6.

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Lebih dari 70 Persen Populasi Qatar Adalah Laki-laki
Artikel Selanjutnya Inilah 5 Pemain Sepak Bola Tertua di Piala Dunia Qatar 2022
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook