Mengintip Anggaran Militer Negara di Asia Tenggara 2022

Sebagai negara dengan militer terkuat di Asia Tenggara, Indonesia justru bukanlah negara dengan anggaran militer tertinggi di Asia Tenggara pada tahun 2022.

Mengintip Anggaran Militer Negara di Asia Tenggara 2022 Ilustrasi pasukan militer | PRESSLAB/Shutterstock

Meskipun Indonesia didapuk sebagai negara dengan militer terkuat di Asia Tenggara pada 2022, namun pada nyatanya anggaran militer yang dicanangkan oleh Indonesia bukanlah yang tertinggi di Asia Tenggara.

Anggaran militer dialokasikan oleh pemerintah masing-masing negara dalam rangka memenuhi berbagai kebutuhan angkatan bersenjata baik untuk pengadaan, pemeliharaan, dan pendanaan personel.

Global Fire Power (GFP) menglasifikasikan peringkat negara-negara dengan anggaran militer di dunia pada tahun 2022. Singapura menjadi negara dengan anggaran militer tertinggi di kawasan Asia Tenggara sekaligus meraih peringkat ke-22 secara global. Adapun total anggaran militer Singapura mencapai 11,56 miliar dolar AS pada tahun 2022.

Anggaran militer negara di Asia Tenggara tahun 2022 | Angelia/GoodStats

Indonesia menyusul di posisi ke-2 dengan total anggaran militer sebesar 9,3 miliar dolar AS. Secara global, Indonesia menempati posisi ke-25 Posisi ke-3 diraih oleh Vietnam dengan total anggaran militer sebesar 6,24 miliar dolar AS.

Berikutnya, Filipina menempati posisi ke-4 dengan total anggaran sebesar 4,39 miliar dolar AS dan Malaysia di posisi ke-5 dengan total anggaran sebesar 3,79 miliar dolar AS. Thailand menyusul di posisi ke-6 dengan total anggaran militer sebesar 2,93 miliar dolar AS.

Posisi ke-7 hingga 9 secara berurutan diraih oleh Myanmar di posisi ke-7 dengan total anggaran sebesar 2,29 miliar dolar AS, Kamboja di posisi ke-8 dengan total anggaran 0,63 miliar dolar AS, dan Laos di posisi ke-9 dengan total anggaran sebesar 0,03 miliar dolar AS.

Untuk terus meningkatkan kekuatan, pemerintah Indonesia mengalokasikan anggaran militer senilai Rp133,9 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2022. Nilai tersebut meningkat sebesar 13 persen dibandingkan outlook 2021 yang sebesar Rp118,2 triliun.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X