Mengapa Orang Indonesia Memilih Transportasi Online?

Melansir survei GoodStats 2023, alasan utama orang Indonesia memilih transportasi online dibandingkan transportasi lain ada pada faktor kemudahan untuk memesan

Mengapa Orang Indonesia Memilih Transportasi Online? Ilustrasi pengemudi transportasi online | NIKCOA/Shutterstock

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa transportasi online telah mengukuhkan keberadaannya di tengah-tengah masyarakat Indonesia, membuatnya menjadi salah satu kebutuhan yang tak lagi terelakan. Mau pergi ke kantor tapi tidak ada transportasi umum maupun kendaraan pribadi yang tersedia? Mudah, tinggal buka aplikasi transportasi online di ponsel dan masalah pun selesai. Mayoritas masyarakat Indonesia kini bergantung pada transportasi online untuk menjalankan aktivitas sehari-harinya.

Layanan transportasi online mulai terkenal di Indonesia sejak tahun 2015, yang diprakarsai oleh Gojek. Kemunculan layanan transportasi online ini sempat membuat heboh masyarakat Indonesia, bahkan menjadi isu nasional setelah para supir ojek konvensional merasa terancam posisinya. Seiring berjalannya waktu, banyak layanan transportasi online yang terus muncul. Hingga tahun 2023 ini, jumlah pengguna transportasi online di Indonesia telah lebih dari 21 juta.

Layanan transportasi online masih terus digemari hingga saat ini. Meski sempat terjadi kenaikan harga, nyatanya peminat layanan transportasi online tetap tidak berkurang. Terdapat beberapa alasan yang mendorong orang Indonesia menggunakan layanan transportasi online.

Alasan memilih transportasi online | Goodstats 2023

Alasan utama orang Indonesia memilih transportasi online dibandingkan transportasi lain ada pada faktor kemudahan. Berdasarkan hasil survei “Pola Perilaku Masyarakat Indonesia Saat Menggunakan Transportasi Online 2023” dari GoodStats yang melibatkan sebanyak 400 responden dari seluruh Indonesia pada bulan Juni lalu, pemakaian aplikasi untuk memesan transportasi online dinilai sangat mudah dan sederhana, membuat pengguna jarang mengalami kesulitan. Sebanyak 56,8% responden setuju dengan pernyataan tersebut.

Tidak hanya mudah digunakan, transportasi online juga dinilai dapat mengantarkan pengguna tiba ke tujuan dalam waktu singkat. Kecepatan dalam mencapai tujuan menjadi alasan berikutnya mengapa orang Indonesia lebih menggemari transportasi online dibandingkan mode transportasi lainnya.

Selain kedua alasan utama di atas, sebanyak 6,1% responden mengungkapkan bahwa harga layanan transportasi online yang terjangkau merupakan alasan ojol lebih digemari. Jasa transportasi online memang selalu menawarkan promo-promo menarik yang menggiurkan pengguna. Metode pembayaran yang beraneka ragam juga mendorong masyarakat untuk lebih sering menggunakan transportasi online.

Sebanyak 5,6% responden merasa lebih nyaman menggunakan transportasi online. Sejalan dengan itu, 2,3% responden juga mengungkapkan dirinya merasa lebih aman bepergian dengan transportasi online ketimbang mode transportasi lainnya. Fitur keamanan yang tersedia di aplikasi transportasi online membuat pengguna merasa lebih tenang. Dalam keadaan darurat, pengguna bahkan bisa otomatis terhubung dengan emergency hotline.

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Survei GoodStats: GoSend Merajai Pasar Logistik Indonesia

GoSend dari Gojek masih menjadi pilihan pengiriman online masyarakat Indonesia pada tahun 2023 berdasarkan survei yang diusung GoodStats

Indonesia Masuk Jajaran Negara dengan Startup Terbanyak, Capai 2500-an Pada 2023

Menjamurnya jumlah startup di Indonesia menandakan bahwa bisnis ini sangat menjanjikan. Perkembangan startup bahkan dapat mendongkrak ekonomi digital nasional.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook