Lika-liku Timnas Indonesia dalam 13 Edisi Piala AFF

Tercatat dalam 13 edisi Piala AFF, Indonesia berhasil enam kali menembus babak final. Sayangnya, keenam pertemuan tersebut tidak memihak kepada skuad Garuda.

Lika-liku Timnas Indonesia dalam 13 Edisi Piala AFF Skuad Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2020 | Supakit Wisetanuphong/Shutterstock

Bicara mengenai Piala AFF, performa Timnas Indonesia sejak edisi pertama digulirkan pada tahun 1996 memang bisa dibilang cukup baik. Namun, Indonesia sering disebut sebagai tim yang kurang beruntung karena hingga edisi terakhir lalu belum pernah membawa pulang trofi paling bergengsi di Asia Tenggara tersebut.

Performa Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 | Fauziah Rizqi/Shutterstock

Tercatat dalam 13 edisi Piala AFF, Indonesia berhasil enam kali menembus babak final. Sayangnya, keenam pertemuan tersebut tidak memihak kepada Timnas Indonesia. Hal tersebut terjadi pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, dan 2020. Yang paling anyar, Indonesia harus takluk dengan Thailand dengan agregat 6-2 di final Piala AFF 2020

Timnas Garuda sendiri baru empat kali tak lolos ke babak gugur sejak edisi pertama AFF digulirkan. Hal tersebut terjadi pada tahun 2007, 2012, 2014, dan 2018. Sementara 11 edisi sisanya Tim Merah Putih selalu berhasil lolos dari babak grup.

Langkah Timnas pernah terhenti sebanyak tiga kali di babak semifinal, antara lain menjadi peringkat empat di tahun 1996, peringkat tiga di tahun 1998, dan juara tiga bersama di tahun 2008.

Untuk gelaran tahun ini, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sendiri akan mempersiapkan skuad agar dapat tampil maksimal di Piala AFF 2022. Bahkan, dirinya berharap agar Skuad Garuda dapat meraih juara untuk pertama kalinya di awal tahun mendatang.

"Awalnya saya bingung kenapa Indonesia berada di POT ketiga pada drawing ini, namun setelah dijelaskan bahwa penilaiannya dari dua event AFF sebelumnya jadi baru paham. Saya akan mempersiapkan Timnas Indonesia dengan baik serta maksimal agar meraih juara Piala AFF 2022," kata Shin Tae-yong dilansir situs resmi PSSI (30/8).

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Real Madrid Jadi Klub Paling Tajir di 2024

Kekayaan klub sepak bola dapat menjadi alat ukur bagaimana kesukessan dari kerja sama orang-orang yang mengelola tim tersebut, sehingga ini dia 10 tim terkaya.

Indonesia Tembus Ranking FIFA Tertinggi dalam 1 Dekade Terakhir

Timnas Indonesia tambah 8,65 poin dan naik ke peringkat 142 pada tabel Ranking FIFA terbaru pasca Piala Asia 2023.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X