Melihat Kondisi Bauksit Indonesia di Tengah Pra Larangan Ekspor

Bauksit menjadi produk non migas unggulan Indonesia. Mari melihat ragam statistik tentang bauksit Indonesia sebelum larangan ekspor pada Juni mendatang.

Melihat Kondisi Bauksit Indonesia di Tengah Pra Larangan Ekspor Bauksit | Crystal World Exhibition Centre

Bauksit menjadi salah satu produk non migas yang penting dalam memenuhi kebutuhan industri. Mulai dari urusan rumah tangga seperti produksi alat masak, hingga pembuatan atap rumah dan tinta yang juga memerlukan bauksit untuk bahan dasar produksi. 

Menariknya, Indonesia dengan segudang kekayaannya juga menjadi salah satu dari sekian banyak negara dengan cadangan bauksit terbanyak di dunia. Namun, per Juni 2023 yang akan datang Presiden Joko Widodo secara resmi akan melarang ekspor bauksit dan konsentrat tembaga dengan tujuan peningkatan nilai tambah di dalam negeri. 

Produksi Bauksit Indonesia | Goodstats
Produksi Bauksit Indonesia | Goodstats

Di tengah kondisi pelarangan ekspor tersebut. Produksi bauksit Indonesia cukup tinggi setiap tahunnya. Di tahun 2017, produksi bauksit Indonesia berada di angka 1,2 juta ton, angka tersebut naik hingga menjadi 5,6 juta ton di tahun 2018. Produksi bauksit terus naik hingga berada di angka 25 juta ton di tahun 2020 dan 2021. 

Jajaran Negara dengan Cadangan Bauksit Terbanyak di Dunia | Goodstats
Jajaran Negara dengan Cadangan Bauksit Terbanyak di Dunia | Goodstats

Seperti yang dijelaskan di atas, Indonesia mendapatkan peringkat 7 sebagai negara dengan cadangan bauksit terbanyak di dunia. Menurut data dari United States of Geological Survey, cadangan bauksit Indonesia berada di angka 1 miliar ton di tahun 2022. Sementara, Guinea menjadi negara dengan cadangan bauksit terbanyak di dunia pada tahun 2022 dengan cadangan bauksit sebanyak 7,4 miliar ton di tahun 2022. 

Nilai Ekspor Tahunan Bauksit Indonesia | Goodstats
Nilai Ekspor Tahunan Bauksit Indonesia | Goodstats

Meski berada di tengah kondisi tingginya cadangan dan produksi bauksit di Indonesia. Nilai ekspor bauksit justru terus merosot. Dalam statistik tahunan nilai ekspor bauksit Indonesia bisa dikatakan meningkat. Di tahun 2017 nilai ekspor bauksit Indonesia hanya berada di angka 66 ribu ribu USD. Angka tersebut meningkat hingga 265 ribu USD di tahun berikutnya yakni 2018, dan mencapai 624 ribu USD di tahun 2022. 

Nilai Ekspor Bauksit Indonesia | Goodstats
Nilai Ekspor Bauksit Indonesia | Goodstats

Sementara jika dilihat dalam statistik bulanan, Maret menjadi bulan dengan nilai ekspor bauksit tertinggi di tahun 2022 dengan angka 84.597 ribu USD. Jumlah tersebut menurun hingga Mei dengan nilai ekspor di angka 46.192 ribu USD. Meski sempat naik di bulan Juli, terjadi turun naik di bulan-bulan selanjutnya namun tak pernah mendapatkan nilai yang lebih tinggi dari bulan Juli.

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Indonesia Masuk Jajaran Negara Penghasil Timah Terbesar di Dunia 2023

Timah merupakan komoditas pertambangan yang memiliki banyak kegunaan. Lantas, negara mana saja yang menjadi produsen timah terbesar di dunia?

Peningkatan Tren Penggunaan Baterai Lithium Iron Phosphate (LFP) dalam Kendaraan Listrik

Berdasarkan laporan terbaru dari International Energy Agency yang dirilis dalam Global EV Outlook 2023, tren penggunaan baterai LFP telah meningkat signifikan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X