Melihat Kondisi Bauksit Indonesia di Tengah Pra Larangan Ekspor

Bauksit menjadi produk non migas unggulan Indonesia. Mari melihat ragam statistik tentang bauksit Indonesia sebelum larangan ekspor pada Juni mendatang.

Melihat Kondisi Bauksit Indonesia di Tengah Pra Larangan Ekspor Bauksit | Crystal World Exhibition Centre

Bauksit menjadi salah satu produk non migas yang penting dalam memenuhi kebutuhan industri. Mulai dari urusan rumah tangga seperti produksi alat masak, hingga pembuatan atap rumah dan tinta yang juga memerlukan bauksit untuk bahan dasar produksi. 

Menariknya, Indonesia dengan segudang kekayaannya juga menjadi salah satu dari sekian banyak negara dengan cadangan bauksit terbanyak di dunia. Namun, per Juni 2023 yang akan datang Presiden Joko Widodo secara resmi akan melarang ekspor bauksit dan konsentrat tembaga dengan tujuan peningkatan nilai tambah di dalam negeri. 

Produksi Bauksit Indonesia | Goodstats
Produksi Bauksit Indonesia | Goodstats

Di tengah kondisi pelarangan ekspor tersebut. Produksi bauksit Indonesia cukup tinggi setiap tahunnya. Di tahun 2017, produksi bauksit Indonesia berada di angka 1,2 juta ton, angka tersebut naik hingga menjadi 5,6 juta ton di tahun 2018. Produksi bauksit terus naik hingga berada di angka 25 juta ton di tahun 2020 dan 2021. 

Jajaran Negara dengan Cadangan Bauksit Terbanyak di Dunia | Goodstats
Jajaran Negara dengan Cadangan Bauksit Terbanyak di Dunia | Goodstats

Seperti yang dijelaskan di atas, Indonesia mendapatkan peringkat 7 sebagai negara dengan cadangan bauksit terbanyak di dunia. Menurut data dari United States of Geological Survey, cadangan bauksit Indonesia berada di angka 1 miliar ton di tahun 2022. Sementara, Guinea menjadi negara dengan cadangan bauksit terbanyak di dunia pada tahun 2022 dengan cadangan bauksit sebanyak 7,4 miliar ton di tahun 2022. 

Nilai Ekspor Tahunan Bauksit Indonesia | Goodstats
Nilai Ekspor Tahunan Bauksit Indonesia | Goodstats

Meski berada di tengah kondisi tingginya cadangan dan produksi bauksit di Indonesia. Nilai ekspor bauksit justru terus merosot. Dalam statistik tahunan nilai ekspor bauksit Indonesia bisa dikatakan meningkat. Di tahun 2017 nilai ekspor bauksit Indonesia hanya berada di angka 66 ribu ribu USD. Angka tersebut meningkat hingga 265 ribu USD di tahun berikutnya yakni 2018, dan mencapai 624 ribu USD di tahun 2022. 

Nilai Ekspor Bauksit Indonesia | Goodstats
Nilai Ekspor Bauksit Indonesia | Goodstats

Sementara jika dilihat dalam statistik bulanan, Maret menjadi bulan dengan nilai ekspor bauksit tertinggi di tahun 2022 dengan angka 84.597 ribu USD. Jumlah tersebut menurun hingga Mei dengan nilai ekspor di angka 46.192 ribu USD. Meski sempat naik di bulan Juli, terjadi turun naik di bulan-bulan selanjutnya namun tak pernah mendapatkan nilai yang lebih tinggi dari bulan Juli.

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Asli Indonesia, Pempek Masuk dalam Jajaran Hidangan Seafood Terlezat di Dunia 2023
Artikel Selanjutnya Indonesia Jadi Negara dengan Tingkat Kepuasan Pengguna Bank Tertinggi di Dunia
Konten Terkait

Melihat Potensi Komoditas Karet Indonesia

Karet merupakan salah satu komoditas unggulan Indonesia. Hal ini bisa terjadi karena produksi karet Indonesia cukup tinggi hingga menjadi nomor dua di dunia.

Presiden Jokowi Ajak Pelaku Industri Otomotif Berorientasi ke Ekspor, Seberapa Banyak Angka Penjualan Mobil di Indonesia?

Dalam pembukaan IIMS 2023, presiden mengajak seluruh pelaku industri otomotif untuk berorientasi kepada ekspor dan penggeseran tren otomotif berbasis listrik

Setahun Penuh Transaksi Satwa Ilegal

Sepanjang tahun 2022, CITES Trade Database mencatat banyak sekali ekspor dan impor satwa ilegal di seluruh belahan dunia.

Batu Bara Pimpin Komoditas Ekspor Utama RI 2022, Ini Statistiknya

Berdasarkan laporan BPS, batu bara menjadi komoditas ekspor penopang devisa Indonesia terbesar periode Januari - Agustus 2022.

Daftar Negara Pengimpor Minyak Terbesar di Dunia, AS Teratas

Berdasarkan data dari CIA, Amerika Serikat menjadi negara importir minyak mentah terbesar di dunia dengan perkiraan 7,9 juta barel per hari pada 2017.

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook