Melihat Kiprah Empat Semifinalis Piala AFF 2022 di Babak Grup, Siapa Paling Produktif?

Timnas Thailand masih jadi tim yang mencetak gol paling banyak di babak grup Piala AFF 2022, yakni 13 gol.

Melihat Kiprah Empat Semifinalis Piala AFF 2022 di Babak Grup, Siapa Paling Produktif? Timnas Indonesia kala berselebrasi atas gol yang dilesatkan Marselino Ferdinan ke gawang Filipina (2/1) | PSSI

Turnamen sepak bola terbesar di Asia Tenggara, Piala AFF 2022 telah memasuki babak gugur atau semifinal. Keempat semifinalis, yakni juara dan runner-up grup telah terpilih dari masing-masing grup, yakni Thailand (juara grup) dan Indonesia dari Grup A serta Vietnam (juara grup) dan Malaysia dari Grup B.

Di Grup A, Thailand dan Indonesia berhasil lolos ke babak semifinal setelah masing-masing tim mengumpulkan total 10 poin. Posisi kedua tim sama kuat, yakni sama-sama berhasil mengandaskan tiga lawan lainnya, yakni Kamboja, Filipina, dan Brunei. Satu poin sisanya didapat kala tim Garuda bersua tim Gajah Putih di Stadion Utama Gelora Bung Karno (29/12).

Sementara itu, pada Grup B Vietnam berhasil mengumpulkan total 10 poin, sementara Malaysia 9 poin dari total empat pertandingannya. Yang menjadi pembeda, Vietnam berhasil meraup tiga poin dari Malaysia, Myanmar, dan Laos serta mengambil satu poin kala bertemu Singapura dengan skor 0-0 (30/12). Malaysia sendiri berhasil mengalahkan Singapura, Myanmar, dan Laos, tetapi kalah kala bertemu pemuncak klasemen Vietnam dengan skor telak 3-0 (27/12).

Timnas Indonesia sendiri melalui pelatih kepalanya, Shin Tae-yong senang dan mengucapkan selamat kepada para pemain yang telah membawa Timnas Indonesia masuk ke semifinal. Namun, dirinya menyebut belum puas dengan permainan tim Garuda, khususnya pada laga terakhir kala bersua Filipina (2/1).

"Pertama-tama, saya ucapkan selamat untuk para pemain setelah masuk ke semifinal, tetapi untuk pertandingan hari ini saya sangat tidak puas dan tidak senang. Hari ini ada beberapa peluang yang bagus, tapi itu tidak bisa kita manfaatkan dengan baik," ujar Coach Shin usai pertandingan (2/1) dilansir situs resmi PSSI.

Timnas Indonesia sendiri akan menjamu jawara Grup B Vietnam di semifinal secara dua leg, yakni leg 1 Jumat (6/1) di Jakarta dan Senin (9/1) di Hanoi, Vietnam. Sementara itu, Malaysia akan bertemu dengan Thailand pada Sabtu (7/1) di Kuala Lumpur, Malaysia dan Selasa (10/1) di Pathum Thani, Thailand.

Thailand masih jadi yang tersubur dalam mencetak gol

Thailand menjadi tim dengan jumlah gol terbanyak di babak grup Piala AFF 2022 | GoodStats

Sepanjang empat pertandingan di babak grup Piala AFF 2022, kompetitor segrup Timnas Indonesia yakni Timnas Thailand masih jadi tim yang mencetak gol paling banyak, yakni 13 gol. Hal itu pula yang membawa Timnas Gajah Putih ini lolos ke semifinal sebagai jawara grup, karena secara poin jumlahnya sama dengan Timnas Garuda.

Keseluruhan gol Thailand tersebut dicetak di tiap pertandingan, antara lain lima gol kala bertemu Brunei (20/12), empat gol kala bertemu Filipina (26/12), satu gol kala bertemu Indonesia (29/12), dan tiga gol sisanya diceploskan ke gawang Kamboja (2/1). Timnas Indonesia sendiri telah mencetak 12 gol pada gawang Kamboja (2), Brunei (7), Thailand (1), dan Filipina (2).

Pada Grup B, Vietnam sebagai jawara grup memiliki total gol yang dicetak sama dengan Indonesia, yakni 12 gol. Seluruh gol tersebut dicetak kala bertemu Laos (6), Malaysia (3), dan Myanmar (3).

Malaysia sendiri telah mencetak total 10 gol atau sama dengan Kamboja di Grup A yang dilesatkan ke gawang Myanmar (1), Laos (5), dan Singapura (4). Brunei dan Laos menjadi dua tim dengan gol paling sedikit pada gelaran kali ini, yakni masing-masing tim hanya berhasil mencetak dua gol saja.

Vietnam cleansheet di babak grup

Vietnam masih belum pernah kemasukan gol sepanjang babak grup Piala AFF 2022 | GoodStats

Berbicara mengenai kekuatan pertahanan, jawara Grup B Vietnam memiliki catatan yang gemilang semasa babak grup berlangsung. Tim asuhan Park Hang Seo ini belum pernah sama sekali kebobolan dari total empat pertandingannya di babak grup.

Thailand menjadi tim kedua yang paling sedikit kebobolan, yakni dua gol yang dilesatkan oleh Indonesia (29/1) dan Kamboja (2/1). Sementara itu, Timnas Indonesia berada di posisi tiga dengan kebobolan tiga gol yang dicetak oleh Kamboja (23/12), Thailand (29/1), dan Filipina (2/1).

Semifinalis terakhir, Malaysia telah kebobolan sebanyak empat gol yang tiga di antaranya dicetak oleh Vietnam (27/12) dan satu sisanya oleh Singapura (3/1). Brunei menjadi tim sarang gol pada gelaran AFF kali ini, yakni total 12 gol.

Melihat catatan produktivitas gol dan pertahanan pada babak grup, keempat semifinalis Piala AFF 2022 ini memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Menarik untuk ditunggu, siapakah dua terbaik tim yang akan lolos ke babak final dan membawa pulang trofi pada tahun ini?

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Ragam Statistik Wisatawan Mancanegara 2022
Artikel Selanjutnya Survei Capres-Cawapres RI Indikator Politik Desember 2022, Ganjar dan RK Masih di Puncak
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook