Maarten Paes Perkuat Timnas, Jadi Kiper Indonesia Termahal Sepanjang Masa

Nilai pasar Maarten Paes adalah Rp26,07 miliar, enam kali nilai pasar Ernando Ari. Ia digadang-gadang mampu berduel dengan tim elit Asia lain.

Maarten Paes Perkuat Timnas, Jadi Kiper Indonesia Termahal Sepanjang Masa Maarten Paes dalam Proses Naturalisasi di Indonesia | PSSI

Kekuatan Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia bertambah lagi. Kali ini, kekuatan tersebut datang dari lini penjaga gawang, melalui naturalisasi Maarten Paes.

Maarten Paes adalah seorang penjaga gawang yang lahir di Nijmegen, Belanda pada 14 Mei 1998. Ia bermain di Liga Amerika Serikat (MLS) untuk klub FC Dallas. Maarten memiliki darah Indonesia karena neneknya lahir di Pare, Kediri, Jawa Timur pada 20 Maret 1940.

Maarten Paes resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah melakukan pengambilan sumpah pada 30 April 2024. Namun, ia belum bisa langsung membela Timnas Indonesia karena FIFA menolak perpindahan asosiasi dari Belanda ke Indonesia sebab Paes pernah membela Timnas Belanda U-21.

PSSI kemudian melakukan banding atas putusan FIFA tersebut dan akhirnya proses banding selesai. Dengan demikian, Maarten Paes diizinkan oleh FIFA untuk membela Timnas Indonesia.

"Saya sangat bangga. Ini adalah momen besar (bersejarah) bagi saya. Momen yang membahagiakan untuk dibagi bersama masyarakat Indonesia, saya sangat bangga dan tidak sabar untuk memulai bermain (bersama Timnas Indonesia),” sambut Paes dalam PSSI.

Nilai Pasarnya Melejit dari Waktu ke Waktu

Harga pasaran penjaga gawang Maarten Paes, 2021-2024 | GoodStats

Maarten Paes memiliki kiprah yang baik sejak masuk di dunia kulit bundar. Dalam data yang dirilis Transfermarkt, Paes memiliki nilai pasaran Rp13,91 miliar pada Mei 2021. Nilainya melejit naik menjadi Rp26,07 miliar pada Juni 2024 ini.

Maarten Paes memulai karier sepak bolanya di akademi VV Union. Pada 2018, Paes bergabung dengan FC Utrecht dan memulai debutnya di liga Belanda level tertinggi. Pada Januari 2022, Paes pindah ke FC Dallas di Liga Amerika Serikat dengan status pinjaman.

Sebelumnya, Paes pernah membela Timnas Belanda di level kelompok umur, termasuk Tim U-19, U-20, dan U-21. Ia telah membela De Oranje muda sebanyak 10 kali dari tahun 2016 hingga 2019.

Nilai pasaran Maarten Paes menjadikannya penjaga gawang termahal Indonesia hingga saat ini. Nilainya bahkan setara 6 kali nilai pasaran Ernando Ari. Per Juli 2024, nilai pasaran Ernando Ari adalah Rp4,35 miliar.

Tidak Sabar Perkuat Gawang Indonesia

Proses naturalisasi Maarten Paes yang berbuah positif disambut baik oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Ia menyebut bahwa keberhasilan ini membawa secerca harapan bagi dunia persepakbolaan tanah air.

"Kami percaya bahwa Maarten Paes akan membawa dampak positif bagi tim dan membantu Indonesia meraih prestasi yang lebih baik. Keputusan ini menunjukkan komitmen PSSI dalam mencari bakat-bakat terbaik untuk membangun masa depan sepak bola Indonesia," kata Erick melansir PSSI.

Di kesempatan lain, pengamat sepak bola Mohamad Kusnaeni merasa bahwa Maarten Paes akan membawa pertahanan sepak bola Indonesia menjadi makin baik. Hal ini menurutnya disebabkan karena jam terbang Paes di liga-liga luar Indonesia. Pengalamannya di liga-liga Eropa membuat Paes dijagokan untuk melawan tim tangguh di Benua Asia.

"Nah, Paes punya pengalaman itu. Jadi kuncinya Paes yang membedakan dengan Ernando, selain postur juga pengalaman. Pengalaman menghadapi lawan yang levelnya cukup tinggi. Biasa menghadapi Lionel Messi juga pemain-pemain jebolan Eropa, pemain Meksiko. Itu sangat membantu Paes saat melawan tim-tim elit Asia nanti," sebut Mohamad Kusnaeni mengutip CNN Indonesia.

Baca Juga: Ini Daftar Lengkap Pemain Timnas Indonesia Untuk Kualifikasi Piala Asia U-17

Penulis: Pierre Rainer
Editor: Editor

Konten Terkait

Simak Perkembangan Jumlah Atlet Indonesia di Paralimpiade

42,8% atlet Indonesia di Paralimpiade Paris 2024 adalah wanita. Jumlah atlet tanah air kali ini menjadi kerahan terbanyak sepanjang sejarah Indonesia.

Thailand Juara SEA V.League 2024 Putra Putaran Pertama, Indonesia Tergeser

Dengan performa terbaiknya, Indonesia menjadi runner-up pada putaran pertama SEA V.League 2024 Putra. Indonesia juga berhasil menyabet dua penghargaan individu.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook