Lantik KSAU Baru, Berapa Lama Masa Jabatan Para Pendahulunya?

Presiden Joko Widodo melantik Marsekal Tonny Harjono sebagai KSAU yang baru, siapa dan berapa lama masa jabatan para pendahulunya?

Lantik KSAU Baru, Berapa Lama Masa Jabatan Para Pendahulunya? Pelantikan KSAU Tonny Harjono. Sumber: Kementerian Sekretariat Negara

Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono baru saja dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Udara atau KSAU pada Jumat, 5 April kemarin. Pelantikan ini dilakukan di Istana Negara, Jakarta, oleh Presiden Joko Widodo.

Pelantikan tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 20/TNI/Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Udara. Tonny Harjono menggantikan Fadjar Prasetyo yang memasuki masa pensiun pada 9 April 2024.

Tonny Harjono telah mengemban beberapa jabatan sebelumnya, yaitu sebagai Sekretaris Militer Presiden, Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI Angkatan Udara (Dankodiklatau), Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas), serta Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II. 

Selain itu, perwira lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1933 ini juga pernah menjadi ajudan Presiden Jokowi pada tahun 2014 hingga 2016 lalu. Di samping posisi-posisi yang pernah ditempatinya, Tonny Harjono juga salah seorang pilot pesawat tempur. 

KSAU sebelumnya, Fadjar Prasetyo, menempati posisi tersebut selama hampir empat tahun. Berdasarkan catatan di situs resmi TNI AU, masa jabatan ini tergolong cukup lama jika dibandingkan dengan masa jabatan KSAU lainnya dalam 20 tahun terakhir.

Masa Jabatan KSAU dalam 20 Tahun Terakhir
No Nama Masa Jabatan KSAU
1 Marsekal Fadjar Prasetyo 3 tahun 281 hari
2 Marsekal Imam Sufaat 3 tahun 38 hari
3 Marsekal Chappy Hakim 2 tahun 304 hari
4 Marsekal Yuyu Sutisna 2 tahun 153 hari
5 Marsekal Ida Bagus Putu Dunia 2 tahun 16 hari
6 Marsekal Agus Supriatna 2 tahun 16 hari
7 Marsekal Herman Prayitno 1 tahun 316 hari
8 Marsekal Soebandrio 1 tahun 316 hari
9 Marsekal Hadi Tjahjanto 364 hari
10 Marsekal Djoko Suyanto 357 hari

Sejauh ini, sudah ada 24 perwira yang pernah menjabat sebagai KSAU. Soerjadi Soerjadarma sebagai KSAU pertama Republik Indonesia, telah menjalankan tugasnya selama hampir 16 tahun. Ia mulai menjabat pada 9 April 1946 dan mengakhiri jabatannya pada 19 Januari 1962. Ia menjadi KSAU dengan masa jabatan terlama.

Sementara itu, masa jabatan paling singkat terjadi di bawah kepemimpinan Sri Mulyono Herlambang, yaitu hanya 124 hari. Masa jabatannya dimulai pada 27 November 1965 dan berakhir pada 31 Maret 1966.

Setelah melepas jabatan sebagai KSAU, beberapa diantaranya dilantik menjadi Panglima TNI, yaitu Hadi Tjahjanto, Djoko Suyanto, dan Soerjadi Soerjadarma (dulu masih disebut Kepala Staf Angkatan Bersenjata). 

Hadi Tjahjanto telah mengakhiri masa jabatan sebagai Panglima TNI pada 2021 lalu. Sebelumnya, ia menjabat sebagai KSAU pada 2017-2018.

Tak hanya berkarir di dunia militer, Hadi Tjahjanto terjun ke lembaga pemerintahan sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang pada 2022-2024. Kemudian, ia menggantikan Mahfud MD setelah mundur dari jabatan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan pada Februari 2024 lalu.

Sebelumnya, Djoko Suyanto juga pernah menempati posisi Panglima TNI pada 2006-2007, setelah lepas dari jabatan KSAU pada 2005-2006. Mengakhiri jabatannya di bidang militer, Djoko Suyanto juga terlibat di pemerintahan sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan pada 2009-2014.

Sementara itu, Soerjadi Soerjadarma, selaku KSAU pertama dan mendapat sebutan “Bapak AURI” juga berkesempatan menempati posisi tertinggi militer Indonesia. Sebelum disebut Panglima TNI, posisi tersebut bernama Kepala Staf Angkatan Bersenjata (KASAB). Soerjadi bertugas sebagai KASAB pada 1959-1961. Ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Perhubungan Pos dan Telekomunikasi pada era Presiden Soekarno.

Penulis: Ajeng Dwita Ayuningtyas
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Penduduk Indonesia yang Mengeluh Sakit Terus Menurun dalam 5 Tahun Terakhir

Sebanyak 26,27% penduduk Indonesia mempunyai keluhan kesehatan dalam sebulan terakhir pada 2023. Angka ini telah turun sebesar 6,09% dalam 5 tahun terakhir.

6 PLTU Terbesar di Indonesia: Letak dan Kapasitasnya

Indonesia mengandalkan PLTU untuk sebagian besar kebutuhan listriknya. Temukan 6 PLTU terbesar di Indonesia, lengkap dengan lokasi dan kapasitasnya!

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X