Kota dengan Populasi Terbesar di Setiap Benua

Kota paling padat di dunia memiliki 22 juta penduduk, sedangkan titik terpadat di Benua Antartika hanya memiliki 1200 penduduk.

Kota dengan Populasi Terbesar di Setiap Benua Ilustrasi│Henning Witzel/Unsplash

Asia menjadi benua dengan wilayah terluas, sekaligus benua dengan populasi terpadat di dunia. Selain itu, kota metropolitan dengan populasi terpadat di dunia juga berada di benua ini. Salah satu wilayah metropolitan di Benua Asia memiliki populasi yang hampir menyentuh 22 juta penduduk.

Di sisi lain, Benua Antartika menjadi benua dengan populasi penduduk paling sedikit. Titik terpadat di benua putih itu hanya dihuni oleh kurang lebih 1200 orang. Jumlah yang sangat jomplang apabila dibandingkan dengan kota terpadat di Asia.

Berbeda dengan Benua Antartika, benua lain yang layak huni seperti Afrika, Amerika, dan Eropa memiliki kota-kota dengan populasi yang tidak kalah besarnya. Berikut ini adalah kota dengan populasi terbesar di masing-masing benua.

Kota dengan Populasi Terbesar di Masing-masing Benua│GoodStats

 

Shanghai (Asia)

Kota Shanghai│Freeman Zhou/Unsplash

 

Kota Shanghai adalah kota terbesar di China, sekaligus di Benua Asia. Kota yang menjadi pusat perdagangan dan industri di China ini memiliki populasi sebesar 22 juta penduduk pada tahun 2022.

Meski menjadi pusat bisnis dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi, saat ini Kota Shanghai sedang menghadapi beberapa masalah yang disebabkan oleh over populasi di kota itu. Besarnya populasi di Shanghai menyebabkan kemacetan yang parah, masalah kesehatan, dan masalah-masalah kependudukan yang lain.

Lagos (Afrika)

Kota Lagos│Nupo Deyon Daniel/Unsplash

 

Lagos, Ibukota Nigeria adalah kota terpadat di Benua Afrika dengan total populasi mencapai 15 juta penduduk. Sama seperti Shanghai, kepadatan penduduk yang ada di Lagos menimbulkan sejumlah masalah kependudukan di sana.

Padatnya penduduk di Lagos bahkan membuat Lagos masuk ke dalam kota dengan tingkat stress tertinggi di dunia menurut BBC. Lagos berada di posisi kedua sebagai kota dengan tingkat stress tertinggi setelah Mumbai di India.

Meski memiliki permasalahan sendiri di bidang kependudukan, di sisi Lagos juga menjadi salah satu kota bisnis terbaik di Afrika. Ibukota Nigeria ini menyumbang banyak pemasukan nasional, dimana Nigeria sendiri adalah negara dengan PDB (Produk Domestik Bruto) terbesar di Benua Afrika.

Istanbul (Eropa)

Kota Istanbul│Engin Yapici/Unsplash

 

Istanbul memiliki total populasi lebih dari 15 juta penduduk di tahun 2022, menjadikannya kota terbesar di Turki dan Benua Eropa. Sebagian besar wilayah Turki memang berada di Benua Asia. Namun, secara geografis, Kota Istanbul berada di dua benua, yaitu Asia dan Eropa, yang dipisahkan oleh Selat Bosphorus.

Kota yang menjadi pusat perekonomian dan budaya di Turki in memiliki sejarah yang panjang. Kota ini pernah menjadi kota terpenting di dunia di masa lalu, yaitu di masa Kekaisaran Romawi Timur dan Kesultanan Utsmaniyah.

Istanbul saat ini adalah salah satu kota wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dunia. Selain karena memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, inflasi yang sedang melanda Turki juga membuat Istanbul menjadi salah satu kota dengan biaya terendah untuk dikunjungi.

São Paulo (Amerika Selatan)

Kota Sao Paulo│Renan/Unsplash

 

São Paulo adalah sebuah kota di bagian tenggara Brazil yang memiliki jumlah populasi lebih dari 12 juta penduduk di tahun 2022. Sama seperti kota-kota sebelumnya, São Paulo juga menjadi pusat ekonomi di negaranya.

Selain menjadi pusat ekonomi, kota terbesar di Brazil ini juga menjadi salah satu pusat kebudayaan di Brazil. São Paulo memiliki banyak destinasi wisata budaya, sejarah, dan olahraga. São Paulo juga pernah menjadi tuan rumah untuk Piala Dunia dan Olimpiade di tahun 2014 dan 2016.

Mexico City (Amerika Utara)

Mexico City│Bhargava Marripati/Unsplash

 

Mexico City menjadi kota dengan populasi terbesar di Amerika Utara. Populasi di Ibukota Negara Meksiko ini adalah sebesar 12,2 juta penduduk di tahun 2022. Fakta menarik lainnya, Mexico City juga merupakan kota berbahasa Spanyol terbesar di dunia saat ini.

Meksiko adalah negara dengan ekonomi terbesar kedua di Amerika Latin, dan Mexico City adalah kota yang paling berperan dalam perekonomian nasional. Selain menjadi pusat bisnis, Mexico City juga menjadi destinasi wisata unggulan di negara ini, khususnya wisata sejarah dan budaya. Selain itu, Mexico City adalah salah satu kota dengan jumlah museum terbanyak di dunia.

Sydney (Australia)

Kota Sydney│Dan Freeman/Unsplash

 

Australia adalah satu-satunya negara benua yang ada di dunia, sehingga membuat kota terbesar di negara ini juga menjadi kota terbesar di benua ini. Sydney, merupakan kota terbesar di Australia dan wilayah Oceania dengan 4,6 juta penduduk.

Kota yang sering dikira Ibukota Negara Australia ini merupakan salah satu kota dengan penduduk paling multikultural di dunia. Hal ini dikarenakan Sydney menjadi salah satu tujuan utama para imigran yang pergi ke Australia.

McMurdo Station (Antartika)

Gletser di Benua Antartika│Torsten Dederichs/Unsplash

 

McMurdo Station menjadi titik yang paling banyak dihuni manusia di Benua Antartika. McMurdo Station bukanlah kota, melainkan sebuah situs penelitian milik Amerika Serikat di Antartika.

Setidaknya ada 1200 orang yang tinggal di McMurdo Station. Mereka pun tidak sepenuhnya tinggal di Antartika, mereka hanya melakukan penelitian di sana. Antartika dengan suhunya yang sangat dingin memang tidak menjadi tempat yang ideal bagi manusia untuk hidup, sehingga nyaris tidak ada manusia yang tinggal di Benua Putih ini.

Penulis: Rangga Hadi Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Drama Korea dengan Rating Tertinggi di Awal Tahun 2024

Dengan terus meningkatnya pengaruh K-Hallyu, sejumlah drakor telah mencuri perhatian dengan alur cerita yang menarik dan rating IMDb tinggi di awal tahun 2024.

One Piece Masih Menjadi Manga Terlaris di Dunia

Keberhasilan One Piece disebabkan oleh kemampuannya untuk terus memberikan kejutan di setiap alur ceritanya dan pengembangan karakter yang mendalam.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X