Kejujuran jadi Karakter yang Paling Dicari di Kepala Daerah

Jujur, berpengalaman, inovatif, dan tegas menjadi karakter utama yang diinginkan masyarakat pada calon kepala daerahnya.

Kejujuran jadi Karakter yang Paling Dicari di Kepala Daerah Ilustrasi Pilkada Serentak 2024 | RRI

Setelah menggelar pemilihan presiden pada Februari lalu, kini saatnya masyarakat Indonesia menetapkan pilihannya untuk pemimpin di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan tanggal pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 November 2024 mendatang.

“Pilkada Serentak tahun 2024 akan diikuti sebanyak 37 provinsi, kemudian 508 kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan Pilkada Serentak 2024. Pelaksanaan pilkada tahun ini rencananya akan digelar nanti pada tanggal 27 November 2024,” jelas ketua KPU Hasyim Asy'ari.

Kini, ruas-ruas jalan telah dipenuhi dengan poster kampanye dari para calon gubernur dan walikota, berlomba untuk memenangkan hati rakyatnya. Menariknya, karakter utama yang paling diinginkan masyarakat dari kepala daerahnya adalah kejujuran.

Jujur jadi karakter utama yang diinginkan masyarakat terhadap calon kepala daerah.
Jujur jadi karakter utama yang diinginkan masyarakat terhadap calon kepala daerah | GoodStats

Menghimpun hasil survei KIC, kejujuran menjadi karakter utama yang paling disukai oleh pemilih. Sebanyak 40% responden mengaku bahwa kejujuran penting untuk dimiliki calon pemimpin, apalagi di tengah hiruk pikuk ketidakjujuran dari pemain-pemain di balik layar pemerintahan. Kasus korupsi yang menyeret pejabat negara hingga rumor terkait nepotisme, Indonesia membutuhkan kepala daerah yang bisa bekerja dengan jujur dan apa adanya.

Selain jujur, faktor pengalaman juga memainkan peran penting bagi masyarakat dalam menentukan pilihan. Jam terbang menjadi karakter yang paling penting setelah kejujuran. Tentu masyarakat menginginkan kepala daerah yang punya pengalaman memajukan daerahnya.

Lebih lanjut, sebanyak 11,8% responden mengaku menginginkan kepala daerah yang inovatif dalam keputusannya, menawarkan program-program yang mampu membangun masyarakat, baik dari aspek ekonomi, sosial, hingga kesejahteraan.

10,5% responden menyebutkan ingin kepala daerah yang tegas, dan 5,8% ingin kepala daerah yang rendah hati. Selain itu, 2,7% mendambakan kepala daerah yang kreatif dan 2,5% ingin kepala daerah yang karismatik.

Tentu hanya karakter-karakter positif yang diharapkan masyarakat Indonesia pada calon kepala daerahnya, siapa pun itu yang nantinya terpilih. Menjalankan amanat rakyat dengan sebaik mungkin dan penuh kejujuran, sejatinya sesederhana itu harapan dari masyarakat. Niscaya, melalui kepala daerah yang jujur, tegas, rendah hati, kreatif, dan karismatik, Indonesia bisa semakin maju di masa mendatang.

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Editor

Konten Terkait

Ada Berapa Kasus “Pegi Perong” di Indonesia?

Salah tangkap maupun salah prosedur, hal ini jadi bukti kelalaian Kepolisian Republik Indonesia.

Deforestasi Indonesia Sentuh Kawasan Konservasi dan Hutan Lindung

Deforestasi di Indonesia kembali mengalami peningkatan, apakah ini sinyal akan terjadinya konflik manusia dan satwa yang lebih masif?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook