Kategori Aplikasi Apa yang Sering Dicari Warga Dunia di Google?

Google saat ini merupakan mesin pencari di internet yang paling banyak digunakan warga dunia. Kira-kira kategori aplikasi apa saja yang sering dicari di Google?

Kategori Aplikasi Apa yang Sering Dicari Warga Dunia di Google? Ilustrasi mencari informasi di Google | PK Studio/Shutterstock

Rasanya, semua orang di dunia tahu kalau Google adalah mesin pencari di internet nomor wahid saat ini. Namun, pernahkah terbayang dalam benak tentang apa saja yang paling banyak dicari oleh warga dunia di Google?

Mengutip laporan dari Business of Apps, aplikasi kencan online berhasil menduduki peringkat pertama kategori aplikasi yang paling banyak dicari warga dunia di Google dalam kurun waktu Oktober 2021 hingga Maret 2022. Raihan jumlah pencarian yang ditorehkan kategori aplikasi ini pun terbilang cukup fantastis mencapai 450.000 pencarian per bulan.

10 kategori aplikasi paling banyak dicari di Google dalam kurun waktu Oktober 2021 - Maret 2022 | GoodStats

Lebih lanjut, diketahui pula bahwa jumlah pengguna aplikasi kencan online menunjukkan tren peningkatan yang positif dari tahun ke tahun. Adapun pengguna aplikasi kencan online telah mencapai angka 323,9 juta orang pada tahun 2021.

Saham menempati posisi ke-2 kategori aplikasi paling sering dicari di Google saat ini dengan total pencarian sebanyak 246.000 per bulan. Fenomena semakin meleknya generasi milenial dan generasi Z terhadap dunia investasi memberikan kontribusi yang signifikan terhadap jumlah pencarian kategori aplikasi ini di Google.

Tak terkecuali di Indonesia, laporan Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan hingga 21 Januari 2022, generasi milenial dan Z justru mendominasi sekitar 81 persen di bursa saham yang nilainya mencapai Rp7,75 juta, bertambah lebih dari Rp260 ribu sejak akhir 2021.

Berikutnya, kategori aplikasi pengeditan foto berada di posisi ke-3 dengan total pencarian yang sama dengan saham yakni sebesar 246.000 pencarian per bulan. Maraknya tren pembuatan konten berbasis foto dan video di media sosial saat ini menjadi indikator melesatnya jumlah pencarian aplikasi pengeditan foto di Google.

Sementara itu, game menempati posisi ke-4, musik di posisi ke-5, dan fotografi di posisi ke-6 dengan total pencarian yang sama yakni sebesar 135.000 pencarian per bulan. Adapun kategori aplikasi lainnya yang banyak dicari warga dunia di Google antara lain ialah video (110.000), cuaca (110.000), pertaruhan (49.500), hingga desain (49.500).

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Orang Indonesia Paling Sering Habiskan Waktu untuk Main Sosial Media

Orang Indonesia menghabiskan waktu lebih dari 3 jam setiap harinya untuk bermain sosial media dan TikTok jadi sosial media yang paling sering digunakan.

Kominfo Berhasil Tangani Lebih Dari 5 Ribu Konten Berbau Radikalisme

Berdasarkan laporan dari Kominfo, terdapat sebanyak 5.731 konten yang mendukung ekstrimisme, radikalisme, dan terorisme di platform digital.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X