Kalahkan Gunung Fuji, Bromo Duduki Posisi Ketiga Dalam Daftar Taman Nasional Terindah 2023!

Berdasarkan data Bounce, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru berhasil masuk ke dalam daftar taman nasional terindah dengan skor 7,89 poin

Kalahkan Gunung Fuji, Bromo Duduki Posisi Ketiga Dalam Daftar Taman Nasional Terindah 2023! Pemandangan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru | Flickr

Terdapat banyak pilihan obyek wisata menyenangkan yang dapat dikunjungi. Namun, perjalanan ke destinasi wisata alam yang asri dengan mata air jernih, angin segar, serta ragam flora maupun fauna terdengar sangat menarik.

Jika kamu berniat melakukan rekreasi wisata alam untuk mendapatkan pengalaman baru, taman nasional bisa menjadi tujuan destinasi wisata kamu. Adapun, taman nasional adalah kawasan pelestarian alam yang bertujuan untuk menjaga ekosistem asli sekaligus dapat dimanfaatkan sebagai tujuan pariwisata dan penelitian.

Baru-baru ini, sebuah perusahaan penyedia jasa travelling, Bounce, merilis sebuah daftar taman nasional terindah di dunia. Penilaiannya didasarkan pada akumulasi jumlah postingan Instagram, penayangan TikTok, ulasan daring, serta pencarian kata kunci di Google sepanjang 2023.

Lebih lanjut, tim Bounce melakukan penilaian berdasarkan postingan dengan tagar taman nasional di platform Instagram dan TikTok. Sementara untuk jumlah pencarian di Google diakumulasikan dari periode Oktober 2022 hingga September 2023 berdasarkan data dari Google Ads.

Daftar taman nasional terindah 2023  Goodstats

Hasilnya, Bromo Tengger Semeru masuk ke dalam daftar taman nasional terindah versi Bounce pada tahun ini. Untuk detail dan daftar selengkapnya, yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Kruger, Afrika Selatan

Safari di Taman Nasional Kruger | Discover Africa Safaris

Taman Nasional Kruger yang terletak di Afrika Selatan adalah sabana liar dengan luar kurang lebih 2 juta hectare, membentang hingga perbatasan Mozambik. Diresmikan menjadi taman nasional pada tahun 1898, Kruger merupakan taman nasional tertua di Afrika Selatan yang menjadi surga bagi satwa liar. Tercatat, Kruger telah menjadi rumah bagi 147 spesies mamalia, 507 spesies burung, dan 335 jenis pepohonan.

Taman nasional satu ini dinobatkan sebagai taman nasional terindah di dunia pada 2023, dengan lebih dari 900 ribu unggahan di Instagram dan 387 juta tayangan di TikTok. Kruger juga memiliki total pencarian di Google yang tinggi, yakni sebanyak 1,8 juta kali dengan ulasan 4,7 dari 5 bintang.

2. Lençóis Maranhenses, Brasil

Keindahan Taman Nasional Lençóis Maranhenses | Civitatis

Selanjutnya, Taman Nasional Lençóis Maranhenses yang terletak di negara bagian Maranhão di Brazil bagian timur laut menduduki peringkat kedua dalam daftar taman nasional terindah. Berdasarkan perhitungan Bounce, Lençóis Maranhenses memiliki sebanyak 505.603 unggahan Instagram dan 292,1 juta tayangan di TikTok. Lalu, taman nasional ini juga mendapatkan 4,9 dari 5 bintang untuk ulasan di Google dengan lebih dari 70 ribu kali pencarian.

Resmi dilindungi pada 2 Juni 1981, Taman Nasional Lençóis Maranhenses memiliki luas 155 ribu hektare  meliputi 70 km garis pantai dan interior yang terdiri dari gundukan bukit-bukit pasir. Taman ini telah menjadi destinasi populer bagi para turis wisata dan merupakan rumah bagi berbagai spesies, termasuk 4 spesies yang masuk ke dalam kategori terancam punah.

3. Bromo Tengger Semeru, Indonesia

Pemandangan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Menduduki peringkat ketiga, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) telah berhasil mengumpulkan sebanyak satu miliar penayangan di TikTok dan lebih dari 930 ribu postingan di Instagram. Tak sampai di situ, taman nasional ini juga memiliki ulasan yang cukup baik, yakni 4,8 bintang, meski jumlah pencariannya terbilang rendah dengan hanya 63.500 kali pencarian.

Taman nasional ini secara administratif membentang dari Pasuruan, Malang, Lumajang, hingga Probolinggo di Provinsi Jawa Timur yang memiliki wilayah seluas 800 km persegi. TNBTS menjadi satu-satunya kawasan konservasi di Indonesia yang memiliki lautan pasir seluas 10 km, yang dikenal dengan Tengger. Wilayah ini menjadi tempat 4 anak gunung berapi baru berada, yakni Gunung Batok (2.470 m), Gunung Kursi (2.581 m), Gunung Watangan (2.661 m), dan Gunung Widodaren (2.650 m).

4. Serengeti, Tanzania

Pesona alam Taman Nasional Serengeti | Eskymaks/Adobe Stock

Menjadi taman nasional pada tahun 1951, Taman Nasional Serengeti merupakan salah satu tujuan wisata populer yang paling banyak dikunjungi di Tanzania. Melansir UNESCO, Serengeti menawarkan tontonan alam mengesankan, yakni migrasi tahunan dua juta wildebeest serta ratusan ribu zebra. Taman ini memiliki wilayah seluas 1,5 juta hektar yang sebagian besar meliputi padang rumput serta sabana hutan akasia.

Berdasarkan penilaian Bounce, Serengeti berhasil mengumpulkan sebanyak lebih dari 253 ribu unggahan Instagram dan 11,4 juta kali penayangan di TikTok. Selain itu, ulasan mengenai taman nasional satu ini terbilang cukup tinggi, yakni 4,8 dari 5 bintang dengan jumlah pencarian mencapai 508.800 kali. Maka, tak heran jika Bounce menobatkannya sebagai taman nasional terindah nomor empat di dunia.

5. Plitvice Lakes, Kroasia

Potret Taman Nasional Danau Plitvice | Plitvice Lakes Tours

Posisi selanjutnya ditempati oleh Taman Nasional Danau Plitvice dengan skor sebesar 7,24 poin. Terletak di antara Kota Zagreb, Kroasia, taman nasional ini merupakan Situs Warisan Dunia yang ditetapkan oleh UNESCO.

Danau Plitvice memiliki luas wilayah hampir 297 km persegi dan menjadi taman nasional terbesar di Kroasia. Taman nasional ini memiliki 16 danau dan yang disertai dengan air terjun. Salah satu air terjun yang paling terkenal adalah Veliki Slap dengan tinggi mencapai 78 meter.

Adapun, taman nasional ini mengumpulkan lebih dari 407 ribu postingan Instagram dan 29 juta penayangan di TikTok. Kemudian, Danau Plitvice juga mendapat penilaian 4,7 dari 5 bintang ulasan di Google dengan lebih dari dua juta kali pencarian.

6. Zhangjiajie, China

Pesona Taman Nasional Zhangjiajie | The Atlantic

Taman Hutan Nasional Zhangjiajie terkenal dengan jajaran karst yang memukau dan memiliki tinggi bervariasi mencapai 400 meter. Keunikannya tersebut membuat UNESCO menetapkannya sebagai salah satu Global Ecopark.

Taman nasional satu ini terletak di Kota Zhangjiajie, Provinsi Hunan, China. Menjadi inspirasi hutan Pandora di film Avatar, Zhangjiajie menempati posisi keenam dengan nilai keseluruhan sebesar 6,05 poin.

Berdasarkan data yang dikumpulkan Bounce, terdapat lebih dari 185 ribu unggahan di Instagram dan 65 juta penayangan di TikTok mengenai Taman Hutan Nasional Zhangjiajie. Kemudian, jumlah pencariannya di Google mencapai lebih dari 331 ribu kali dengan ulasan 4,7 bintang.

7. Fuji Hakone Izu, Jepang

Keindahan Taman Nasional Fuji Hakone Izu | Travel Japan

Diresmikan sebagai taman nasional pada 1936, Taman Nasional Fuji Hakone Izu terbentang dari Prefektur Yamanashi, Shizuoka, Kanagawa, dan barat Tokyo di Jepang. Mencakup berbagai bentang alam termasuk mata air panas alami, daerah pegunungan, hingga lebih dari 1.000 pulau vulkanik, taman ini menjadi salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan di Jepang.

Taman Nasional Hakone Izu mendapatkan skor 5,66 poin dengan mengumpulkan sebanyak 643.136 postingan Instagram dan 116 juta penayangan di TikTok. Jumlah pencariannya di Google mencapai 75.700 kali dengan ulasan 4,3 bintang.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

10 Negara dengan Konsumsi Susu Sapi Terbesar di Dunia, Ada Indonesia?

India kembali terpilih menjadi negara dengan konsumsi susu sapi terbesar di dunia, total konsumsinya mencapai 87,05 juta metrik ton di tahun 2023.

5 Orang dengan Followers Terbanyak di Dunia

Ada 5 orang yang memiliki followers terbanyak di dunia saat ini, bahkan ada yang mencapai hingga 600 juta pengikut di akun Instagramnya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook