GoodStats
Pencarian
Masuk

8 Negara yang Pernah Menjadi Jawara Piala Dunia

Piala Dunia 2022 yang dihelat di Qatar akan segera bergulir. Sepanjang sejarah Piala Dunia, dari 80 negara yang berpartisipasi hanya 8 negara yang menjadi juara.

8 Negara yang Pernah Menjadi Jawara Piala Dunia Logo Piala Dunia 2022│Sky Sports

Piala Dunia 2022 akan segera bergulir tak lama lagi. Hajat terbesar di dunia sepakbola ini pertama kali akan digelar di negara Timur Tengah, tepatnya di Qatar. Bisa dipastikan seluruh perhatian dunia akan tertuju ke Qatar di penghujung tahun 2022 ini.

Piala Dunia tahun ini akan menjadi Piala Dunia edisi ke-22. Sejak pertama kali dihelat pada tahun 1930, 80 negara telah berpartisipasi dalam kejuaraan dunia paling bergengsi di dunia sepakbola ini. Dari jumlah tersebut, sejauh ini hanya 8 negara yang berhasil membawa pulang trofi Piala Dunia.

Berikut ini adalah daftar 8 negara yang berhasil menjuarai Piala Dunia hingga saat ini.

8 Negara yang Pernah Juara Piala Dunia│GoodStats

 

Brazil (5 Kali Juara)

Timnas Brazil│A. Ricardo/Shutterstock

 

Brazil adalah negara pemenang Piala Dunia terbanyak sejauh ini. Sebelum Piala Dunia 2022 berjalan, Brazil telah berhasil menjuarai turnamen ini sebanyak 5 kali, yaitu pada 1952, 1962, 1970, 1994, dan 2002.

Brazil memang dikenal sebagai salah satu negara yang kuat di turnamen sepakbola antar negara. Di setiap edisi Piala Dunia, Brazil selalu menjadi penantang kuat gelar juara berbekal dengan pemain-pemain bintangnya.

Saat ini skuad Brazil dihuni oleh Neymar, Vinicius Junior, hingga Thiago Silva. Dengan pemain-pemain bintangnya, negara yang identik dengan gaya Samba ini kembali menjadi salah satu penantang kuat di Piala Dunia 2022. 

Jerman (4 Kali Juara)

Timnas Jerman│photo-oxser/Shutterstock

 

Jerman telah 4 kali menjadi juara dunia, yaitu pada tahun 1954, 1974, 1990, dan 2014. Torehan tersebut menjadikan Jerman menjadi salah satu negara tersukses dalam kejuaran empat tahunan ini.

Tim yang memiliki julukan Der Panzer ini identik dengan permainan yang sangat mendominasi di setiap pertandingan. Salah satu pertandingan Der Panzer di Piala Dunia yang paling ikonik adalah saat mereka menghancurkan sang tuan rumah di Piala Dunia Brazil tahun 2014.

Kala itu, Jerman bertemu dengan Brazil di semifinal, Brazil lebih diunggulkan karena mereka bermain di hadapan pendukungnya sendiri. Namun, Jerman tanpa ampun mengalahkan Brazil dengan skor 7-1. 

Tahun ini, Jerman kembali berpartisipasi dalam Piala Dunia 2022. Skuad yang diasuh Julian Nagelsmann dihuni banyak pemain muda, dan menjadi salah satu penantang kuat pada Piala Dunia tahun ini.

Italia (4 Kali Juara)

Timnas Italia│Marco Iacobucci Epp/Shutterstock

 

Italia bersama Jerman menjadi negara dengan torehan gelar Piala Dunia terbanyak kedua. Italia menjadi juara di tahun 1934, 1938, 1982, dan 2006. Sayangnya, Italia menjadi satu-satunya negara pemilik gelar juara yang tidak berpartisipasi di Piala Dunia 2022.

Meski pada tahun sebelumnya Italia telah menjadi juara di kejuaraan Euro, Italia gagal dalam kualifikasi Piala Dunia 2022. Kala itu Italia dikalahkan oleh Makedonia Utara pada fase kualifikasi Piala Dunia zona Eropa. Absennya Italia pada gelaran Piala Dunia 2022 bukan yang pertama. Sebelumnya, Italia juga tidak berpartisipasi pada Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia.

Argentina (2 Kali Juara)

Timnas Argentina│A. Ricardo/Shutterstock

 

Argentina telah dua kali menjadi juara dunia, yaitu di tahun 1978, dan di era Diego Maradona pada tahun 1986. Terakhir kali Argentina menembus final Piala Dunia adalah di tahun 2014, tetapi mereka harus kalah dari Jerman berkat gol Mario Gotze di menit-menit terakhir.

Argentina menjadi calon kuat juara di Piala Dunia tahun ini. Pasalnya, skuad Argentina tahun ini diisi oleh banyak pemain yang sangat berkualitas. Selain itu, megabintang Lionel Messi sangat berambisi untuk membawa pulang trofi ke Argentina di Piala Dunia terakhirnya ini.

Perancis (2 Kali Juara)

Timnas Perancis│A. Ricardo/Shutterstock

 

Perancis adalah juara bertahan di Piala Dunia 2022, setelah sebelumnya Les Bleus menjadi juara di Piala Dunia 2018. Selain menjadi juara di tahun 2018, Perancis juga pernah sekali menjadi juara dunia di tahun 1998.

Momen ikonik Perancis di Piala Dunia adalah kala Zinedine Zidane menanduk Marco Materazzi di final Piala Dunia 2006. Kala itu Zidane menanduk Materazzi karena tersulut emosi, yang mengakibatkan Zidane diusir keluar oleh wasit.

Perancis saat ini juga menjadi salah satu penantang kuat di Piala Dunia 2022. Skuad Perancis saat ini dihuni banyak pemain bintang, seperti Kylian Mbappe, Ousmane Dembele, dan peraih Ballon d’Or Karim Benzema.

Uruguay (2 Kali Juara)

Timnas Uruguay│Dziurek/Shutterstock

 

Uruguay adalah salah satu negara kuat di masa lalu. Uruguay menjadi juara Piala Dunia kala menjadi tuan rumah di tahun 1930, dan 1950 di Brazil. Meski dalam beberapa edisi Piala Dunia ke belakang Uruguay tidak menjadi negara yang difavoritkan, Uruguay tetap menjadi kuda hitam yang memberi kejutan di kejuaraan ini.

Spanyol (1 Kali Juara)

Timnas Spanyol│katatonia82/Shutterstock

 

Spanyol pernah satu kali menjadi juara Piala Dunia pada tahun 2010 di Afrika Selatan. Kala itu skuad Spanyol diisi oleh generasi emas seperti Iniesta, Xavi, dan Puyol. Selain menjadi juara Piala Dunia di tahun 2010, skuad ini juga menjadi juara Euro di tahun 2008 dan 2012.

Saat ini, Spanyol telah meregenerasi skuadnya dengan pemain-pemain muda. Spanyol saat ini juga dilatih oleh Luis Enrique, pelatih yang pernah membawa Barcelona menjadi Treble Winner. Dengan skuad yang sekarang, Spanyol juga menjadi salah satu penantang gelar juara Piala Dunia 2022.

Inggris (1 Kali Juara)

Timnas Inggris│Marco Iacobucci Epp/Shutterstock

 

Inggris pernah satu kali menjadi juara kala menjadi tuan rumah Piala Dunia di tahun 1966. Setelah itu, Inggris belum pernah menjadi juara lagi meski telah memiliki sejumlah nama besar seperti Beckham, Lampard, dan Gerrard.

Skuad Inggris saat ini adalah salah satu skuad paling mewah di Piala Dunia 2022, dan di tahun ini negara pemilik liga terbaik di dunia itu berambisi untuk membawa pulang trofi ke Tanah Inggris. Namun, meski memiliki banyak pemain bintang, pelatih Timnas Inggris yang saat ini kerap dikritik karena tidak bisa memaksimalkan potensi skuad Inggris. Menarik untuk melihat sejauh apa perjalanan skuad bertabur bintang ini di Piala Dunia 2022.

Penulis: Rangga Hadi Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Jajaran Hero “Terbaik” di MPL Season 10
Artikel Selanjutnya Jajaran Korporasi Dengan Lahan Sawit hingga Penerima Pelepasan Kawasan Hutan Terbanyak 2022
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook