Inilah Media Sosial yang Paling Sering Dipakai di Indonesia

75% pengguna internet Indonesia menggunakan media sosial. Mayoritas digunakan untuk terhubung ke keluarga dan teman.

Inilah Media Sosial yang Paling Sering Dipakai di Indonesia Media Sosial | iStock/bigtunaonline

Keberadaan media sosial sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Sebagai negara dengan populasi terbesar nomor 4 dunia, dari 278,7 juta penduduk tanah air, setidaknya ada 185,3 juta penduduk yang telah menggunakan internet.

Lebih lanjut, sebanyak 49,9% masyarakat Indonesia telah memiliki akun media sosial. Itu berarti, terdapat 139 juta user identities di wilayah tanah air menurut data dari We Are Social.

"Secara lebih luas, 75% dari total basis pengguna internet di Indonesia menggunakan setidaknya satu platform media sosial pada bulan Januari 2024. Saat itu, 46,5% pengguna media sosial di Indonesia adalah perempuan, sementara 53,5% adalah laki-laki," tulis We Are Social dalam laporannya.

Dari data tersebut, sebanyak 57,1% responden mengaku menggunakan media sosial untuk tetap terhubung bersama keluarga maupun rekannya masing-masing. Oleh karena itu, setidaknya terdapat 53,1% responden yang mengikuti akun media sosial teman, keluarga, atau kerabat.

Lebih banyak dari itu, sebanyak 58,9% responden menggunakannya untuk mengisi waktu luang. Hal ini juga terlihat dari 42,8% responden yang mengaku mengikuti akun band dan penyanyi, serta 41,4% responden mengikuti akun hiburan, meme, dan akun parodi lainnya.

WhatsApp Jawara Media Sosial Indonesia

Aplikasi penyedia media sosial yang paling banyak dipakai masyarakat Indonesia, Januari 2024 | GoodStats

Data We Are Social bertajuk Data Digital Indonesia 2024 menunjukkan bahwa WhatsApp menjadi media sosial paling banyak digunakan responden Indonesia dengan proporsi sebesar 90,9%. Terdapat media sosial lainnya yang berada di atas 50% yaitu Instagram, Facebook, TikTok, Telegram, serta X.

Pada papan bawah, terdapat aplikasi seperti Facebook Messenger (47,9%), Pinterest (34,2%), Kuaishou atau Kwai - Snack Video (32,4%), serta LinkedIn (25%).

Meski banyak penggunanya, rerata waktu penggunaan WhatsApp bukanlah yang tertinggi di Indonesia. Aplikasi ini memiliki rerata di 26 jam 13 menit dalam satu bulannya. Hal ini membuat WhatsApp berada di peringkat ketiga aplikasi dengan penggunaan bulanan terpanjang di Indonesia.

Posisi pertama dengan rerata penggunaan tertinggi adalah TikTok dengan angka 38 jam 26 menit, dilanjut YouTube dengan rerata 31 jam 28 menit.

Posisi Strategis Indonesia dalam Pasar WhatsApp

Negara dengan pengguna WhatsApp terbesar di dunia, 2024 | GoodStats

Posisi Indonesia dalam kancah pasar WhatsApp dinilai cukup penting. Hal ini terjadi karena Indonesia merupakan negara pengguna WhatsApp terbesar nomor 4 dunia dengan jumlah 86,9 juta pengguna, menurut data dari World Visualized.

WhatsApp sendiri berada di posisi nomor 6 aplikasi dengan jumlah unduhan terbanyak  di Indonesia pada Januari 2024. Dalam daftar tersebut, WhatsApp Business berada di posisi nomor 8.

Wakil Presiden WhatsApp Bidang Urusan Global dan Pasar Strategis Victoria Grand menggarisbawahi Indonesia sebagai mitra strategis WhatsApp di dunia.

“WhatsApp memiliki komitmen yang kuat untuk Indonesia, dan kami sangat termotivasi oleh dampak positif dari kemitraan kami dengan pemerintah, organisasi masyarakat sipil, dan bisnis," kata Victoria dalam Tirto.

Di atas Indonesia, terdapat India di posisi pertama dengan 535,8 juta pengguna, kemudian Brasil dengan 139,3 juta pengguna, serta Amerika Serikat dengan 91,3 juta pengguna.

Di sisi lain, terdapat pula masyarakat dunia yang tidak memiliki akses pada WhatsApp. Negara seperti Republik Rakyat Tiongkok melakukan pemblokiran pada WhatsApp dengan alasan keamanan nasional. Sebaliknya, di Korea Utara, justru pengembang WhatsApp yaitu Meta yang memblokir penggunaan WhatsApp di negara tersebut.

Negara di Asia seperti Mesir, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Yordania terpantau melakukan pembatasan akses WhatsApp terutama pada fitur telepon suara maupun telepon berbasis video.

Baca Juga: Whatsapp Teratas, Ini 7 Media Sosial Paling Banyak Digunakan Warganet Indonesia Sepanjang 2022

Penulis: Pierre Rainer
Editor: Editor

Konten Terkait

Hanya Dua dari Tiga Penduduk Dunia Terkoneksi Internet

Terdapat 5,35 miliar pengguna internet di seluruh dunia, yang berarti masih ada 34% penduduk dunia yang belum terkoneksi internet.

Mencicil Pemerataan Internet untuk Indonesia Maju 2045

Pemerataan internet masih jadi persoalan, Indonesia terus ciptakan upaya untuk capai Indonesia Maju 2045.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook