Inilah 7 Kebudayaan Universal, Ada yang Kamu Tahu?

Kebudayana merupakan hal yang sangat beragam di setiap daerah. Namun, ada kebudayaan universal yang meliputinya.

Inilah 7 Kebudayaan Universal, Ada yang Kamu Tahu? Ilustrasi Kebudayaan. Sumber: Freepik

Budaya atau kebudayaan dapat diartikan sebagai sebuah cara hidup yang diwariskan dan dimilki bersama dari generasi satu ke generasi selanjutnya. Cara hidup tersebut terus berkembang dan merupakan sistem yang cukup kompleks, mencakup keyakinan, kesenian, moral, hukum, hingga kebiasaan-kebiasaan kecil yang terbentuk dari lingkungan masyarakat. Maka dari itu, kebudayaan merupakan salah satu faktor pembeda manusia dengan makhluk hidup lainnya.

Mempelajari setiap budaya manusia tentu bukan merupakan hal yang mudah karena keberagamannya. Para ahli kemudia menetapkan sebuah konsep yang dinamakan kebudayaan universal. Dalam pengertiannya, kebudayaan universal adalah setiap budaya manusia memiliki tujuh unsur kebudayaan yang terlepas dari aspek geografis, latar belakang sejarah, dan faktor lainnya yang menjadi pembeda.

Dikutip dari buku karya Mohammad Adib dan kawan-kawan tahun 2022 yang berjudul “Antropologi”, berikut tujuh unsur kebudayaan universal:

  1. Bahasa

Sarana utama setiap manusia untuk berkomunikasi adalah bahasa. Tentu setiap kelompok budaya di daerah tertntu memiliki bahasa yang berbeda-beda, sehingga bahasa merupakan salah satu kebudayaan universal yang unik. Contoh kebudayaan universal yang dapat ditemui dalam unsur bahasa ini adalah puisi milik masyarakat Gorontalo yang berjudul “Leningo”. Dalam puisi tersebut, terkandung nilai-nilai penting mengenai perilaku yang tentunya menjadi pedoman masyarakat di sana.

  1. Sistem Pengetahuan

Pengetahuan dan pemahaman yang kemudian dikembangkan oleh masyarakat setempat disebut sistem pengathuan. Saat ini, sistem pengetahuan berkembang dalam aspek sejarah, kondisi alam, serta keterampilan hidup. Contoh dari sistem pengetahuan dalam unsur kebudayaan adalah gagasan mengenai arsitektur rumah adat, yang melahirkan budaya terkait pembangunannya yaitu kerja sama atau gotong royong.

  1. Organisasi sosial

Aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh masyarakat merupakan hasil dari cakupan unsur organisasi sosial. Contoh mengenai unsur organisasi sosial adalah sistem kekerabatan, hubungan yang lahir dari sebuah tali pernikahan, dan kelahiran.

  1. Sistem Peralatan dan Teknologi

Unsur peralatan dan teknologi ini berkaitan dengan kemampuan manusia dalam mengembangkannya demi memenuhi kebutuhan kehidupan. Peralatan dan teknologi yang berkembang dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan kegiatan seperti adanya peralatan nelayan yang dibuat oleh masyarakat daerah pesisir untuk mempermudah mencari hasil laut.

  1. Sistem Mata Pencaharian dan Ekonomi

Cara memenuhi kebutuhan masyarakat tentu berkaitan dengan sistem mata pencaharian dan ekonomi. Konsep transaksi merupakan salah satu bukti dari berkembanganya unsur kebudayaan universal ini. Masyarakat Minangkabau dapat menjadi salah satu contohnya, ketika mereka melakukan konsep transaksi tradisional yang bernama “Marosok”. Marosok adalah aktivitas tawar menawar yang biasanya diterapkan dalam jual beli ternak menggunakan gerakan tangan yang dilaksanakan di bawah topi atau sarung.

  1. Sistem Religi

Seluruh kepercayaan maupun praktik dan ritual yang ada dalam masyarakat termasuk ke dalam sistem religi. Adanya upacara keagamaan, benda-benda suci yang dimiliki dan dipercayai memiliki kekuatan, gagasan mengenai Tuhan dan kehidupan setelah tiada, merupakan bukti nyata adanya sistem religi yang berkembang di masyarakat sebagai unsur kebudayaan universal.

  1. Kesenian

Sesuatu yang lahir dari hasil pengekspresian manusia terhadap sesuatu dan dituangkan dalam seni merupakan kesenian. Kesenian sangat berperan penting untuk memperlihatkan nilai-nilai yang ada dalam suatu komunitas atau masyarakat yang menampilkan pula identitas budaya yang dimiliki oleh mereka. Contoh dari kesenian adalah tarian daerah, alat musik khas, hingga kerajinan tangan.

Penulis: Zalfa Ghina Khairunnisa
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Taylor Swift Jadi Penyanyi Paling Banyak Didengar di Spotify

Penyanyi hits lainnya masuk dalam 10 penyanyi yang paling banyak didengar di Spotify, ada idolamu?

Fenomena Brain Drain: Keputusan Migran Berpendidikan Tinggi Tinggalkan Negara Asal

Keputusan migran berpendidikan tinggi untuk meninggalkan negara asal dikenal juga sebagai tren brain drain yang berbahaya bagi pembangunan sumber daya manusia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X