Ini Sederet Maskapai Paling Tepat Waktu Sedunia, Garuda Indonesia Teratas

Berdasarkan laporan OAG, Garuda Indonesia menduduki peringkat pertama dari Top 20 Global Airlines sebagai maskapai penerbangan paling tepat waktu pada 2023.

Ini Sederet Maskapai Paling Tepat Waktu Sedunia, Garuda Indonesia Teratas Ilustrasi pesawat terbang | Freepik

Tak bisa dipungkiri, pesawat masih menjadi moda transportasi pilihan masyarakat untuk bepergian jauh. Meskipun tarifnya lebih mahal dibandingkan moda transportasi lain, namun faktor kecepatan dan efisiensi membuat masyarakat lebih memilih untuk naik pesawat.

Ketepatan waktu penerbangan sering kali menjadi indikator penting yang menggambarkan baik buruknya kinerja dari suatu maskapai penerbangan. Terkait hal ini, perusahaan analisis penerbangan Official Airline Guide (OAG) telah mengkaji daftar maskapai penerbangan yang paling tepat waktu di dunia.

Hasilnya, Garuda Indonesia menduduki peringkat pertama dari Top 20 Global Airlines sebagai maskapai penerbangan paling tepat waktu di dunia pada tahun 2023 dengan skor On-Time Performance (OTP) sebesar 95,28% untuk total lebih dari 49 ribu penerbangan yang dioperasikan selama tahun 2023.

Adapun, daftar tersebut mencakup berbagai maskapai penerbangan dari berbagai wilayah dan ukuran jaringan. Selain Garuda Indonesia, maskapai penerbangan mana saja yang dinobatkan paling tepat waktu di dunia? Berikut daftarnya.

1. Garuda Indonesia

Potret pesawat Garuda Indonesia | Garuda Indonesia

Garuda Indonesia merupakan maskapai penerbangan nasional Indonesia yang didirikan sejak tahun 1950. Merujuk pada laman situs resminya, Garuda Indonesia kini melayani lebih dari 60 destinasi di seluruh dunia dan berbagai wilayah di Indonesia. 

Penobatan maskapai penerbangan paling tepat waktu melengkapi catatan pencapaian Garuda Indonesia pada tahun-tahun sebelumnya. Di tahun 2019 silam, Garuda Indonesia menerima rekognisi 5 Star On-Time Performance. Selanjutnya, maskapai satu ini juga mendapatkan penghargaan maskapai paling tepat waktu di dunia dalam Punctuality League 2020 dan Punctuality League 2023.

Secara keseluruhan, Garuda Indonesia Group mengoperasikan 210 armada pesawat dengan rata-rata usia armada di bawah lima tahun. Adapun sebagai mainbrand, Garuda Indonesia saat ini mengoperasikan sebanyak 142 pesawat.

2. Oman Air

Foto pesawat Oman Air | Oman Air

Oman Air mengoperasikan lebih dari 40 tujuan di 23 negara di kawasan Timur Tengah, Asia, Afrika, dan Eropa. Adapun, Hub utama maskapai nasional Oman ini terletak di Bandara Internasional Muscat (MCT).

Armada pesawat Oman Air terdiri dari konfigurasi dua kabin (Kelas Bisnis dan Kelas Ekonomi) dan tiga kabin (Kelas Satu, Kelas Bisnis dan Kelas Ekonomi). Adapun, maskapai ini menduduki peringkat kedua dalam daftar dengan skor OTP sebesar 93,56%.

3. Safair

Foto pesawat Safair | FlySafair

Maskapai penerbangan yang berbasis di Afrika Selatan ini pertama kali didirikan di tahun 1965. Pada awalnya, Safair dikenal dengan nama Tropair (Pty) Ltd dan merupakan perusahaan penerbangan umum. Kemudian, nama perusahaan diubah menjadi Safair Freighters (Pty) Ltd di tahun 1970 ketika dibeli oleh Safmarine.

Berdasarkan laporan OAG, Safair menduduki posisi ketiga dalam daftar dengan skor OTP mencapai 92,07% untuk total lebih dari 52 ribu penerbangan yang dioperasikan sepanjang tahun 2023.

4. Eurowings

Foto pesawat Eurowings | Newscloud Eurowings

Menempati peringkat keempat dalam daftar maskapai penerbangan paling tepat waktu sedunia di tahun 2023, Eurowings mendapatkan skor OTP serupa dengan Safair, yakni 92,07%. Merujuk laporan OAG, Eurowings telah mengoperasikan lebih dari 137 ribu penerbangan di tahun 2023.

Eurowings merupakan maskapai penerbangan LCC (low cost carrier) yang berbasis di Jerman dan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Lufthansa Group. Sejak didirikan pada 1996, maskapai penerbangan satu ini telah melayani berbagai jaringan tujuan domestik dan luar negeri.

5. Copa Airlines

Potret pesawat Copa Airlines | Tripadvisor

Copa Airlines adalah maskapai penerbangan terkemuka di Amerika Latin yang mengangkut penumpang dan kargo. Dalam operasional yang terus-menerus selama 70 tahun, maskapai penerbangan tersebut saat ini menyediakan penerbangan langsung ke lebih dari 80 tujuan di dunia.

Adapun, Copa Airlines menduduki peringkat kelima dalam daftar dengan mencatat skor OTP sebesar 89,39% pada tahun 2023. Berdasarkan laporan OAG, maskapai satu ini telah mengoperasikan lebih dari 114 ribu penerbangan.

6. Royal Jordanian

Potret pesawat Royal Jordanian | Airline Ratings

Maskapai penerbangan yang berbasis di Yordania ini pertama kali didirikan pada 9 Desember 1963 dan memulai operasinya pada 15 Desember 1963 setelah keputusan kerajaan oleh mendiang Raja Hussein.

Royal Jordanian mengoperasikan penerbangan internasional di empat benua dari basis utamanya di Bandar Udara Internasional Queen Alia dengan lebih dari 500 penerbangan per minggu dan setidaknya 110 keberangkatan tiap harinya. Merujuk laporan OAG, maskapai penerbangan ini mendapatkan skor OTP sebesar 86,38% untuk total lebih dari 32 ribu penerbangan sepanjang tahun 2023. 

7. Iberia

Potret pesawat Iberia | Iberia.com

Maskapai penerbangan nasional Spanyol ini bermarkas besar di Madrid dan mengoperasikan penerbangan domestik juga internasional ke 102 destinasi di 39 negara di dunia. Dengan mekanisme codesharing, maskapai ini juga menawarkan 90 destinasi lainnya.

Berdasarkan laporan OAG, Iberia menempati posisi ketujuh dalam daftar maskapai penerbangan paling tepat waktu sedunia dengan skor OTP mencapai 84,86% untuk lebih dari 190 ribu penerbangan di tahun 2023.

8. Qatar Airways

Foto pesawat Qatar Airways | Travel + Leisure

Berada di peringkat kedelapan, maskapai penerbangan nasional Qatar ini mendapatkan skor OTP sebesar 84,63% untuk lebih dari 171 ribu penerbangan yang mencakup 92,55% pada tahun 2023.

Diluncurkan pertama kali di tahun 1997, Qatar Airways menyediakan penerbangan ke lebih dari 160 destinasi di seluruh dunia setiap harinya. Maskapai penerbangan satu ini menawarkan tiga kelas penerbangan, yaitu First Class, Business Class, dan Economy Class.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X