10 Negara yang Berpotensi Menjadi Negara Paling Kuat di Dunia

Berikut 10 negara yang dinilai berpotensi menjadi negara terkuat di dunia.

10 Negara yang Berpotensi Menjadi Negara Paling Kuat di Dunia Ilustrasi bangunan kota | Pixabay

Negara-negara yang dianggap sebagai negara terkuat di dunia biasanya ditentukan oleh kombinasi beberapa indikator, seperti kekuatan militer, dampak budaya, stabilitas politik, pengaruh sosial dan budaya hingga pengaruh ekonomi.

Dengan tingginya kombinasi indikator-indikator tersebut, suatu negara dapat ​​memiliki kemampuan yang kuat untuk mempengaruhi dunia.

Mengambil data dari World Bank dan Maps of World, terdapat 10 negara yang dinilai berpotensi menjadi negara terkuat dengan pengaruhnya terhadap negara-negara lain di berbagai belahan dunia, antara lain:

1. Amerika Serikat

Bendera Amerika Serikat | Goodstats

Amerika Serikat umumnya diketahui sebagai negara paling kuat di dunia dengan populasi lebih dari 300 juta orang. Perekonomian Amerika Serikat merupakan peringkat teratas dengan Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai lebih dari $25 triliun. Negara ini juga memiliki kekuatan militer paling kuat di dunia, dengan lebih dari 1,3 juta personel aktif dan anggaran pertahanan lebih dari $700 miliar. Amerika bahkan dikenal memiliki pengaruh budaya yang signifikan, dengan industri hiburan, perusahaan teknologi, dan sistem politiknya yang ditiru oleh berbagai negara lain.

2. Cina

Bendera Cina | Goodstats

Cina merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, dengan populasi lebih dari 1,4 miliar orang. Perekonomiannya adalah yang terbesar kedua setelah Amerika Serikat di dunia, dengan PDB lebih dari $17 triliun dan diperkirakan akan melampaui Amerika Serikat di tahun-tahun mendatang. Cina juga memiliki kekuatan militer yang besar dan tengah mengalami modernisasi yang pesat, dengan lebih dari 2 juta personel aktif. Negara ini tengah meningkatkan pengaruh globalnya melalui inisiatif seperti proyek infrastruktur Belt and Road.

3. Rusia

Bendera Rusia | Goodstats

Rusia adalah negara terluas di dunia berdasarkan luas daratan yang tersebar di dua benua dengan populasi lebih dari 100 juta orang. PDB Rusia mencapai $2 triliun dengan perekonomian yang sangat bergantung pada sumber daya alam, khususnya minyak dan gas. Rusia mempunyai kekuatan militer yang sangat kuat dan signifikan dengan lebih dari 1 juta personel aktif. Rusia juga telah memperluas pengaruhnya melalui keterlibatannya dalam beberapa konflik internasional.

4. Jerman

Bendera Jerman | Goodstats

Jerman adalah negara dengan perekonomian terbesar di Eropa, dengan PDB lebih dari $4 triliun. Walau populasi di Jerman terbilang sedikit dengan setidaknya terdapat 83 juta orang, negara ini merupakan pemain kunci di Uni Eropa dan telah menjadi negara pemimpin dalam upaya memerangi perubahan iklim. Jerman juga terkenal dengan sektor manufaktur dan teknologinya yang maju serta inovatif.

5. Inggris

Bendera Inggris | Goodstats

Inggris mempunyai sejarah panjang sebagai kekuatan global atas pengaruh budaya yang signifikan dan perekonomian yang sangat maju dengan PDB lebih dari $3 triliun serta populasi lebih dari 67 juta orang. Inggris merupakan negara dengan pengeluaran anggaran militer terbesar keenam di dunia dan terbesar kedua di NATO.

6. Jepang

Bendera Jepang | Goodstats

Dengan populasi sebanyak lebih dari 100 juta orang, Jepang merupakan negara dengan perekonomian terbesar ketiga di dunia, dengan PDB lebih dari $4 triliun. Dikenal dengan inovasi teknologi dan sektor manufakturnya yang maju, khususnya di industri otomotif dan elektronik. Jepang menghabiskan anggaran militer dan pertahanan terbesar kelima di dunia, juga memiliki militer yang terlatih dan merupakan sekutu dekat AS di kawasan Asia-Pasifik.

7. Perancis

Bendera Perancis | Goodstats

Perancis memiliki andil penting di UE dan NATO. Perancis juga memiliki pengaruh budaya yang signifikan, khususnya di bidang mode, masakan, dan seni. Negara ini mempunyai perekonomian terbesar keenam di dunia dengan PDB lebih dari $2 triliun dan populasi sebanyak 64 juta orang. Meskipun peringkat Perancis cukup rendah dalam hal keamanan energi, pengakuan Perancis sebagai anggota tetap Dewan Keamanan PBB memperkuat posisinya dalam diplomasi global.

8. India

Bendera India | Goodstats

India adalah negara terpadat kedua di dunia, dengan populasi lebih dari 1,4 miliar orang. Perekonomiannya merupakan yang terbesar kelima di dunia dengan PDB $3,38 triliun dan terus berkembang pesat. India memiliki militer yang besar dan terlatih serta telah meningkatkan pengaruh globalnya melalui inisiatif seperti Quad, sebuah aliansi strategis dengan Amerika Serikat, Jepang, dan Australia.

9. Korea Selatan

Bendera Korea Selatan | Goodstats

Korea Selatan memiliki perekonomian terbesar ke-12 di dunia dengan PDB lebih dari $1,6 triliun dan merupakan pemimpin dalam industri teknologi, khususnya di bidang telepon pintar (smart phone) dan semikonduktor. Dengan populasi lebih dari 51 juta orang, negara ini juga mempunyai militer yang sangat terlatih dan merupakan sekutu utama AS di kawasan Asia-Pasifik, khususnya dalam menghadapi ancaman dari Korea Utara.

10. Arab Saudi

Bendera Arab Saudi | Goodstats

Arab Saudi adalah eksportir minyak terbesar di dunia dan memiliki pengaruh signifikan terhadap pasar energi global. Mereka memiliki dana militer yang besar dan terlibat dalam berbagai konflik di Timur Tengah. Dengan PDB mencapai lebih dari $1 triliun dan populasi sebanyak 36 juta orang, Arab Saudi tengah menjalani reformasi sosial dan ekonomi yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir di bawah kepemimpinan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Penulis: Anissa Kinaya Maharani
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

10 Negara dengan Konsumsi Susu Sapi Terbesar di Dunia, Ada Indonesia?

India kembali terpilih menjadi negara dengan konsumsi susu sapi terbesar di dunia, total konsumsinya mencapai 87,05 juta metrik ton di tahun 2023.

5 Orang dengan Followers Terbanyak di Dunia

Ada 5 orang yang memiliki followers terbanyak di dunia saat ini, bahkan ada yang mencapai hingga 600 juta pengikut di akun Instagramnya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook