Ini 9 Situs Lowongan Kerja yang Paling Banyak Digunakan Masyarakat Indonesia

Jobstreet menempati posisi teratas sebagai situs lowongan kerja yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia

Ini 9 Situs Lowongan Kerja yang Paling Banyak Digunakan Masyarakat Indonesia Ilustrasi seseorang sedang mencari pekerjaan | Freepik

Perkembangan teknologi yang sangat pesat tentu memberikan banyak kemudahan, khususnya bagi masyarakat di seluruh dunia dalam mengakses internet. Tak terkecuali dengan orang-orang yang tengah sibuk mencari kerja.

Dengan persaingan yang semakin ketat dan standar perusahaan yang semakin tinggi seperti di zaman sekarang ini, sebagian besar masyarakat para pencari kerja memilih untuk mencari pekerjaan dari berbagai jenis situs lowongan kerja yang ada di internet. Selain karena prosesnya yang lebih mudah dan efisien, situs lowongan kerja juga menawarkan lebih banyak pilihan perusahaan dan posisi pekerjaan.

Hasil survei Populix bertajuk Unveiling the Tech Revolution: How Technology Reshapes the Future of Work pada Mei 2023, yang melibatkan 1.014 responden untuk survei secara keseluruhan dan 671 responden untuk kategori survei situs pencari lowongan kerja, 66% responden mengaku mengetahui informasi seputar lowongan kerja melalui situs pencari kerja.

9 situs lowongan kerja yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia | Goodstats

Adapun menurut data di atas, situs lowongan kerja yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia adalah Jobstreet, capaian sebesar 82% pengguna dari total responden.

Disusul oleh LinkedIn yang tak hanya berfungsi sebagai situs atau portal lamaran kerja saja, tapi juga sebagai platform jaringan profesional terbesar di dunia dengan 61% pengguna dari total responden.

Pada urutan ketiga diduduki oleh Jobs.id sebagai situs lowongan kerja yang paling banyak digunakan dengan persentase sebanyak 33%.

Responden umum dari survei ini tersebar di tiga pulau di Indonesia, yaitu pulau Jawa sebanyak 76% responden, Sumatra sebanyak 14% responden, dan 10% responden dari pulau lainnya.

Sementara itu, untuk rentang usia responden didominasi oleh usia 17-25 tahun sebanyak 51%, dan rentang usia 26-35 sebanyak 33%.

Penulis: Anissa Kinaya Maharani
Editor: Editor

Konten Terkait

Studi: Twitter (X) Jadi Platform Medsos yang Paling Banyak Digunakan Orang Berpendidikan Tinggi

Twitter (X) menjadi platform media sosial yang paling banyak digunakan orang berpendidikan tinggi di dunia dengan persentase mencapai 49%

Indonesia Masuk 7 Besar Negara dengan Jumlah Penduduk yang Paling Banyak Tak Terkoneksi Internet

Indonesia menempati posisi ketujuh dalam jajaran negara dengan penduduk terbanyak yang belum terkoneksi internet menurut data We Are Social per Oktober 2023

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook