Ini 10 Destinasi Wisata dengan Kunjungan Turis Terpadat di Dunia, Ada Indonesia?

Berdasarkan temuan MoneyTransfers.com, Thailand menduduki posisi tiga besar dalam daftar destinasi wisata dengan jumlah turis terpadat di dunia

Ini 10 Destinasi Wisata dengan Kunjungan Turis Terpadat di Dunia, Ada Indonesia? Ilustrasi wisatawan yang sedang berlibur | Jcomp/Freepik

Setelah jenuh menjalani kebijakan pembatasan mobilitas saat pandemi Covid-19 merebak, kini para pelancong sudah bebas melakukan perjalanan liburan karena kondisi kembali normal. Namun, beberapa destinasi wisata justru mengalami overtourism akibat situasi ini.

Overtourism merupakan kondisi di mana jumlah turis di suatu tempat sudah terlalu padat, bahkan bisa lebih banyak daripada penduduk lokalnya sendiri. Tak dapat dipungkiri, media sosial menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan kondisi ini. Kemudahan internet untuk menelusuri destinasi wisata populer dan menakjubkan telah membuat sejumlah destinasi justru mengalami overtourism.

Sehubungan dengan ini, MoneyTransfers.com telah melakukan penelitian mengenai sederet destinasi wisata dengan kunjungan paling ramai di dunia. Data tersebut didapat melalui perbandingan terhadap kota dan negara yang paling banyak dikunjungi dengan total populasi penduduk lokal.

“Indeks ini menyoroti betapa padatnya sejumlah destinasi di dunia oleh turis internasional. Ini menjadi momok menakutkan, sebab tingkat popularitas dan jumlah wisatawan yang melebihi penduduk lokal dapat menyebabkan kepadatan penduduk dan serangkaian dampak negatif,” papar Pakar Perjalanan MoneyTransfers.com, Jonathan Merry.

10 destinasi wisata dengan jumlah turis terpadat di dunia | Goodstats

Adapun, Thailand mendominasi tiga besar dalam daftar destinasi dengan jumlah turis yang lebih banyak dibandingkan penduduk lokalnya. MoneyTransfers.com mencatat, Phuket berada di urutan teratas dengan estimasi jumlah turis mencapai 118,5 orang per satu penduduk.

“Thailand adalah tujuan wisata populer di dunia. Bukan hanya keindahan alam dan pariwisatanya yang jempolan, namun negara ini populer karena nilai tukar uangnya yang menguntungkan. Ini membuat para turis asing lebih memilih mengunjungi Thailand dibandingkan destinasi populer lainnya,” tulis MoneyTransfers.com dalam laporannya.

Menyusul Phuket, Pattaya menjadi destinasi yang berada di urutan kedua sebagai kota dengan turis terpadat di dunia. Berdasarkan hasil temuan, jumlah turis di Pattaya diperkirakan mencapai 98,7 orang per penduduk. Selanjutnya, Krabi juga jadi kota di Thailand yang memiliki jumlah turis paling banyak, yaitu 72,7 orang per satu penduduk.

Posisi keempat dalam daftar ditempati oleh Kota Mugla di Turki dengan kepadatan turis mencapai 40,2 jiwa per satu penduduk. Diikuti oleh Kota Hurghada di Mesir dan Makau dengan jumlah turis masing-masing sebanyak 28,6 dan 26,9 orang per satu penduduk.

Sementara itu, Kota Rio de Janeiro di Brazil berada di urutan terakhir dalam daftar destinasi yang paling padat turis. Berdasarkan laporan, kepadatan turis di kota itu diperkirakan hanya mencapai 0,2 jiwa per satu penduduk.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Editor

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X