Indonesia vs Filipina: Indonesia Dominan, Tapi Skor Tetap Seri

Salah satu hal yang dipermasalahkan Coach STY adalah rumput stadion

Indonesia vs Filipina: Indonesia Dominan, Tapi Skor Tetap Seri Timnas Indonesia | Foto: PSSI

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Ronde Kedua Zona Asia telah dilaksanakan sejak beberapa hari yang lalu. Tim Nasional Indonesia sendiri turut bermain dalam kualifikasi kali ini, dan berada di grup F. Pada grup ini, Indonesia bersama dengan Irak, Vietnam, dan Filipina.

Grup F memulai pertandingan penyisihan pada tanggal 16 November 2023, dimana pada saat itu pertandingan pertama yang dilangsungkan adalah Indonesia melawan Irak, serta Filipina melawan Vietnam. Pada saat itu, Indonesia mengalami kekalahan yang cukup jauh yaitu 5-1 melawan Irak.

Padahal Secara Statistik Pertandingan, Indonesia Lebih Unggul

Pertandingan selanjutnya adalah Indonesia melawan Filipina. Pertandingan ini dilaksanakan pada 21 November lalu di Rizal Memorial Stadium Manila, Filipina. Pertandingan ini berakhir dengan skor imbang 1-1. Hal ini membuat Indonesia menambah 1 poin lagi dalam kualifikasi Grup F.

Pada pertandingan ini, pencetak gol Filipina dilakukan oleh Patrick Reichelt pada menit ke-23, sementara pencetak gol Indonesia dilakukan oleh Saddil Ramdani pada menit ke-70.

Hasil ini belum terlalu memuaskan. Pasalnya Indonesia diharapkan bisa memenangkan pertandingan ini. Terlebih jika melihat statistik selama pertandingan, dimana Indonesia unggul secara penguasaan bola, yaitu 60% berbanding 40%.

Dari sisi jumlah passing selama pertandingan, Timnas Indonesia juga unggul atas Filipina. Statistik pertandingan mengatakan bahwa Indonesia telah melepaskan sebanyak 490 kali, dimana dari 490 tersebut, 422 passing dinyatakan sukses.

Sementara itu, Filipina telah melepaskan sebanyak 369 passing, dengan 285 diantaranya dianggap sukses.

Alhasil, akurasi passing Timnas Indonesia berada di angka 86%, sedangkan akirasi passing Filipina berada di angka 77% saja.

Di pertandingan lainnya, Irak unggul atas Vietnam dengan skor 1-0. Pencetak gol pertandingan ini adalah Mohanad Ali Kadhim Al-Shammari, seorang pemain Timnas Irak yang mencetak gol pada masa perpanjangan waktu, tepatnya di menit ke-90+7.

Hasil sementara klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Ronde Kedua Zona Asia menempatkan Indonesia pada posisi juru kunci grup dengan perolehan 1 poin. Posisi pertama diisi oleh Irak dengan perolehan 6 poin, dilanjut Vietnam dengan perolehan 3 poin. Sementara itu, posisi ketiga diisi oleh Filipina yang sama-sama memiliki 1 poin seperti Indonesia, akan tetapi Filipina unggul di perbandingan gol.

Permasalahan Rumput Lapangan Jadi Kendala

Pelatih Tim Nasional Indonesia Shin Tae Yong mengatakan bahwa Indonesia mengalami beberapa kendala yang mengakibatkan Indonesia hanya bisa meraih skor seri pada pertandingan kontra Vietnam. Beberapa kendala yang disebutkan salah satunya adalah permasalahan rumput pada Stadion Rizal Memorial Manila. Menurutnya, rumput sintetis yang digunakan pada pertandingan tersebut cukup mengganggu dan mempengaruhi performa pemain.

"Dalam laga ini, kita mengalami banyak kesulitan, kita melalui perjalanan jauh, perbedaan waktu, kelelahan, dan di sini juga menggunakan lapangan sintetis yang tidak terlalu familiar bagi kami," kata Shin Tae Yong dalam sebuah berita yang termuat di Detik.

"Jadi 1-1 adalah hasil yang adil bagi kami di pertandingan 90 menit ini. Terima kasih untuk para pemain," lanjut Shin Tae Yong.

Pemain Filipina: Laga Ini Penuh Tekanan

Salah satu pemain Tim Nasional Filipina, Christian Rontini mengatakan bahwa pertandingan Indonesia melawan Filipina merupakan pertandingan dengan tekanan yang sangat tinggi. Terlebih, dalam hal ini Filipina adalah tuan rumahnya sehingga terdapat tekanan untuk memenangkan pertandingan.

"Pendekatan mental kami melawan Indonesia adalah, kami harus memulai dengan kuat. Kami harus memulai dengan tepat sejak menit pertama. Kami harus memberi tahu Indonesia bahwa kami adalah tuan rumahnya," kata Christian Rontini dalam keterangan yang dimuat Bola.

Penulis: Pierre Rainer
Editor: Editor

Konten Terkait

Serba Serbi Pembajakan Siaran Olahraga

Popularitas sepak bola masih disertai kebiasaan buruk "penggemarnya", nonton bajakan. Berikut, lima negara dengan peringkat kasus bajakan tertinggi!

Qatar "Back to Back" Juara! Ini Rangkuman Hasil Piala Asia 2023

Qatar berhasil mempertahankan gelar juaranya di Piala Asia 2023. Kali ini, kesuksesan tak hanya mereka catatkan sebagai peserta, tapi juga sebagai tuan rumah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook