Indonesia Jadi Salah Satu Pasar Boneka Mainan Terbesar di Dunia, Kalahkan Jepang

Indonesia menjadi pasar boneka mainan terbesar keempat di dunia pada tahun 2023 menurut data dari Statista Market Insights dengan pendapatan US$2,1 miliar.

Indonesia Jadi Salah Satu Pasar Boneka Mainan Terbesar di Dunia, Kalahkan Jepang Ilustrasi boneka yang dijual di toko | NikomMaelao Production/Shutterstock

Seiring berkembangnya teknologi, kini gim digital dan gadget telah banyak digunakan oleh anak-anak juga orang dewasa sebagai hiburan. Meski begitu, bisnis mainan tradisional, seperti boneka mainan masih tetap eksis dan tumbuh di beberapa pasar.

Pasar boneka mainan global diprediksi akan meraup pendapatan sekitar US$57,7 miliar pada 2023. Data dari Statista Market Insights menunjukkan, China menyumbang sekitar 20% dari pendapatan global yang dihasilkan dari segmen boneka mainan pada tahun 2023. Berhasil menjadi pasar boneka mainan terbesar dunia, penjualan segmen tersebut di China tercatat sebesar US$12,4 miliar.

Pasar boneka mainan terbesar di dunia berdasarkan pendapatan tahunan | Goodstats

Disusul oleh India dan Amerika Serikat dengan perkiraan pendapatan tahunan pada segmen boneka mainan masing-masing mencapai US$7,9 miliar dan US$6 miliar pada tahun 2023. India juga menunjukkan tingkat pertumbuhan tahunan (CAGR) yang tinggi, yakni sekitar 8% hingga tahun 2027.

Adapun, Indonesia menjadi pasar boneka mainan terbesar keempat di dunia dengan pendapatan tahunan mencapai US$2,1 miliar pada 2023, mengalahkan Jepang dengan nilai US$2 miliar. Sementara, tingkat pertumbuhan tahunannya sebesar 6,1%.

Nilai ekspor industri mainan nasional pun mengalami kenaikan pada tahun 2022 lalu. Kementerian Perindustrian mencatat, nilai ekspornya mencapai US$383 sepanjang periode Januari-September 2022. Angka ini naik sekitar 29,83% dibandingkan periode yang sama pada 2021 lalu sebesar US$295 juta.

Jenis produk yang paling banyak diekspor adalah boneka, stuffed toys, dan mainan figur/miniatur. Hingga saat ini, jumlah industri mainan berskala besar dan sedang di Indonesia sudah mencapai 131 perusahaan, Sedangkan, beberapa negara yang menjadi tujuan utama ekspor mainan Indonesia, diantaranya ialah Jerman, China, Amerika Serikat, Singapura, serta Inggris.

“Hingga saat ini, negara utama tujuan ekspor mainan Indonesia antara lain adalah Amerika Serikat, Singapura, Inggris, China dan Jerman,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Reni Yanita dalam keterangan resminya.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Simak Progres 12 Proyek IKN yang Digarap Waskita

2 dari 12 proyek IKN yang digarap oleh PT Waskita Karya Tbk telah rampung, sisanya masih dalam progres.

Sepatu Bata Bangkrut, Rugi Lebih dari Rp100 Miliar

Penjualan bersih Bata memang mengalami kenaikan, namun ruginya terus naik hingga mencapai Rp190 miliar di tahun 2023, membuatnya terpaksa gulung tikar.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X