Diekspor ke Banyak Negara, Indomie Masuk Daftar Merek Terpopuler di Dunia 2021

Indomie mencatat 2,2 miliar Consumer Reach Point (CRP) sekaligus menempatkannya di peringkat ke-7 sebagai merek FMCG terpopuler di dunia.

Diekspor ke Banyak Negara, Indomie Masuk Daftar Merek Terpopuler di Dunia 2021 Ilustrasi Mi Instan Indomie © Novi Purwono

Produk mi instan dari Indomie tidak hanya merajai pasar domestik, tetapi juga mampu merangsek pasar global karena rasanya yang lezat. Berdasarkan L.A. Times Instant Ramen Power Rankings yang dibuat oleh media Los Angeles Times, Indomie Mi Goreng Barbeque Chicken dan Indomie Mi Goreng Original berada pada urutan nomor satu dan nomor 10 dari total 31 mi instan terenak.

Dari 17 pabrik utama, sebanyak 15 hingga 20 miliar bungkus Indomie diproduksi setiap tahunnya. Tidak hanya di Indonesia, Indomie pun diekspor ke lebih dari 80 negara di seluruh dunia.

Pangsa pasar ekspor Indomie di tingkat global antara lain Australia, Hong Kong, Yordania, Arab Saudi, Amerika Serikat, Selandia Baru, Taiwan, Afrika dan negara-negara Eropa. Bahkan, di kawasan Afrika—termasuk Nigeria—Indomie menjadi primadona dengan menyabet penghargaan sebagai mi instan yang paling banyak dipilih oleh konsumen.

Tersebarnya produk Indomie di berbagai negara membuat merek asal Indonesia ini masuk jajaran merek paling terpopuler di dunia, sejajar dengan merek-merek terkemuka lain seperti Lays dan Pepsi.

Masuk daftar merek terpopuler di dunia

Kantar Indonesia baru-baru ini merilis Brand Footprint edisi 2021 yang mengukur seberapa luas merek-merek Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) dapat menjangkau konsumen. Produk dari FMCG terdiri dari produk sehari-hari dengan volume penjualan tinggi dan harga relatif rendah seperti roti; minuman ringan; pasta gigi; produk sanitasi; baterai; susu; dan beberapa produk makanan.

Merek fast moving consumer goods terpopuler 2021 | GoodStats

Berdasarkan data yang dirilis Kantar, Indomie menempati posisi pertama sebagai merek yang paling banyak dipilih di Indonesia dan peringkat ke-7 di tingkat global. Dalam daftar tujuh merek paling banyak dipilih secara global, Indomie menjadi satu-satunya produk mi instan yang masuk daftar. Itu artinya, Indomie bisa dibilang sebagai produk mi instan paling populer dan banyak dicari di dunia.

"Bulan lalu kami merilis peringkat global dan yang harus kita banggakan adalah Indomie, yang terpilih menjadi peringkat pertama Most Choices Brand di Indonesia, juga terpilih sebagai peringkat tujuh di ranking global," ungkap General Manager Kantar Indonesia Worldpanel Division, Venu Madhav, Kamis (17/6), seperti dikutip Kontan.id.

Lebih lanjut, Venu menyebut Indomie merupakan satu-satunya perusahaan non-multinasional yang berada di peringkat 10 besar Most Choices Brand Global. Di Indonesia, Indomie konsisten menjadi merek FMCG yang paling banyak dipilih sejak 2019.

Dalam riset ini, tingkat popularitas merek diurutkan berdasarkan Consumer Reach Point (CRP). Indikator CRP merupakan matriks yang mengkalkulasikan jumlah rumah tangga yang membeli merek tertentu serta berapa kali merek tersebut dibeli.

Indomie mencatat 2,2 miliar CRP (2,2 miliar keputusan pembelian) yang sekaligus menempatkannya di peringkat ke-7 sebagai merek FMCG terpopuler di dunia.

Adapun peringkat pertama merek terpopuler di dunia diraih oleh Coca-Cola. Merek minuman berkarbonasi ini memiliki nilai CRP sebesar 6,5 miliar.

Selanjutnya, Colgate menempati posisi kedua sebagai merek terpopuler. Merek pasta gigi ini memiliki nilai CRP 4,3 miliar. Kemudian Lifebuoy, Maggi, Lay’s, dan Pepsi masing-masing memiliki nilai CRP sebesar 3,01 miliar; 3 miliar; 2,7 miliar; dan 2,3 miliar.

Penulis: Iip M Aditiya
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya 5 Kereta Api dengan Rute Terpanjang di Indonesia, Sudah Pernah Mencoba?
Artikel Selanjutnya Berapa Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia Tiap Tahun?